PENGUATAN NUMERASI ANAK TAHAP AWAL SEKOLAH DI DUSUN UGAN HILIR DESA NYIIN

Rizki Nurhana Friantini, Rahmat Winata, Victor Meiman Lase, Lisa Levia Miranda, Kristina Kristina, Rosa Rosa

Abstract


Abstrak: Dunia pendidikan di Indonesia sedang mengalami perubahan yang cukup signifikan dengan adanya pandemi Corona Virus Disease-19 (C0VID-19) membuat pembelajaran tidak efektif karena keterbatasan waktu, kendala jaringan, dan keterbatasan penyampaian materi sehingga pembelajaran khususnya berkaitan dengan angka atau numerasi siswa berkurang. Bimbingan belajar menjadi salah satu alternatif  solusi untuk menguatkan numerasi anak. Penguatan ini bertujuan untuk meningkatkan numerasi anak tahap awal sekolah di dusun Ugan Hilir Desa Nyiin. Tahapan kegiatan seperti berikut: 1) tahap persiapan mencakup observasi tentang kondisi pembelajaran, pendataan jumlah anak tahap awal sekolah, ketersediaan fasilitas, dan perizinan, 2) tahap perencanaan yaitu merencanakan teknis pelaksanaan kegiatan, 3) tahap pelaksanaan mencakup pemberian tes awal, analisis hasil tes awal, dan pelaksanaan bimbingan, 4) tahap evaluasi mencakup pemberian tes evaluasi dan analisis hasil tes evaluasi. Hasil kegiatan ini adalah terdapat peningkatan numerasi anak tahap awal sekolah di Dusun Ugan Hilir Desa Nyiin Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata tes awal 57,1 yang kemudian mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 70,4.


Abstract:  The world of education in Indonesia is undergoing significant changes with the COVID-19 pandemic making learning ineffective due to time constraints, network constraints, and limited material delivery, so learning, especially relating to numbers or student numeration, is reduced. Tutoring is an alternative solution to strengthen children's numeracy. This strengthening aims to improve the numeracy of early-stage school children in the hamlet of Ugan Hilir, Nyiin Village. The activity stages are as follows: 1) the preparation stage includes observations on learning conditions, data collection on the number of children in the early stages of school, the availability of facilities and permits, 2) the planning stage, namely planning the technical implementation of activities, 3) the implementation stage includes the provision of initial tests, analysis of test results initial, and implementation of guidance, 4) the evaluation phase includes the provision of evaluation tests and analysis of evaluation test results. The result of this activity is an increase in the numeracy of early school children in Ugan Hilir Hamlet, Nyiin Village, Jelimpo District, Landak Regency. This can be seen in the initial test average of 57.1 which increased the average value to 70.4.


Keywords


Strengthening; Numeration; Early Stage of School Child; Community Service

Full Text:

PDF

References


Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan. 2(1), 1–10.

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(02), 237–247. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/2299

Belawati, T. (2019). Pembelajaran on-line (kesatu) (Issue January).

Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi numerasi untuk sekolah dasar. Universitas Muhammadiyah Malang.

Friantini, R. N., Winata, R., Annurwanda, P., Suprihatiningsih, S., Annur, M. F., Ritawati, B., & Iren, I. (2020). Penguatan Konsep Matematika Dasar Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 276–285. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i2.55

Izzaty, R. E., Ayriza, Y., Setiawati, F. A., & Amalia, R. N. (2017). Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153. https://doi.org/10.22146/jpsi.27454

Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61–66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408

Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Nur, A., Rosyidah, K., Oktaviyanti, I., Erfan, M., & Hamdani, I. (2021). Profil wawasan guru sekolah dasar dalam pembelajaran numerasi berbasis level. 4(3), 619–630. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.619-630

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Pranoto, Y. H., Inharjanto, A., Ratnaningsih, P. W., Katolik, U., & Charitas, M. (2021). Pendampingan Pembelajaran Jarak Jauh Dan Pelatihan siswa dalam proses PJJ. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(3), 3–5.

Rachmadtullah, R., & Aguswara, W. W. (2018). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Sosial Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar. 000. https://doi.org/10.31227/osf.io/s2x5u

Rahmi, H., Saputra, J., Desriati, W., & Fatmawati, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Sempoa Aritmatika Di Sekolah Dasar. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 2(2), 50–56. https://doi.org/10.35970/madani.v2i2.148

Sari, D. P., Rahayu, A., Mukti, A. W., & Suwarso, L. M. I. (2021). Sosialisasi Kepatuhan Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid-19. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(3), 828–835.

Suciati, & Subagyo, H. B. (2017). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal- Soal Model Pisa Konten Numerik Level 1 Sampai 3. Proseding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajaran 2017, 6(1), 746–754.

Turmuzi, M., Arjudin, A., & Suryadi, R. (2021). Pemanfaatan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Guru Sekolah Dasar Di. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(3), 949–963.

Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2021). Kemandirian belajar dan kedisipilinan belajar terhadap prestasi mahasiswa pada perkuliahan daring. Jurnal E-DuMath, 7(1), 18–26.

Wulandari, S., & Prasetyaningrum, S. (2018). Media Stamp Game untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Slow Learner di Sekolah Dasar. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 131–148. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.2977

Yudha, F., Aziz, A., & Tohir, M. (2021). Pendampingan Siswa Terdampak Covid-19 Melalui Media Animasi Sebagai Inovasi Pembelajaran Online. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(3), 964–978. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i3.4555




DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v5i5.5249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rizki Nurhana Friantini, Rahmat Winata, Victor Meiman Lase, Lisa Levia Miranda, Kristina Kristina, Rosa Rosa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) p-ISSN 2598-8158 & e-ISSN 2614-5758
Email: [email protected]

________________________________________________________________

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) already indexing:

      

         

 

________________________________________________________________ 

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) OFFICE: