Perbaikan Manajemen Usaha dan Peningkatan Kualitas Porduk Pada Pengrajin Gerabah di Kabupaten Banyuasin
Abstract
Abstract: The partner in this activity is Dedy Gerabah who is in the Sukomoro village, Talang Kelapa District, Kab. Banyuasin. Business Management Improvement and Product Quality Improvement for Pottery Craftsmen in Banyuasin Regency. The purpose of Community Service (PKM) activities is to empower target partners to become independent communities. After the training and mentoring activities are carried out, it is expected to increase the knowledge and skills of partners in producing neater pottery products. The success indicator is increasing the quality of partner products so that they have competitiveness. Improvements in partner business management, indicators of the success of PKM activities in the form of changes in partner business patterns with better business management by 85%. By showing the products produced according to the standards that have been set based on the wishes of consumers, an effective and efficient production system, as well as increasing the quality of human resources in partners. Improvements in the field of marketing are shown through the continuous use of e-commerce and digital marketing in product promotion and marketing of at least 85%.
Abstrak: Mitra pada Kegiatan ini yaitu Dedy Gerabah yang di kelurahan Sukomoro Kecamatan Talang Kelapa Kab. Banyuasin. Perbaikan Manajemen Usaha dan Peningkatan Kualtas Porduk Pada Pengrajin Gerabah di Kabupaten Banyuasin. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk memperdayakan Mitra sasaran agar menjadi masyarakat mandiri. Setelah dilakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan diharapkan dapat menigkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam menghasilkan produk gerabah lebih rapi. Indikator keberhasilnya yaitu menigkatnya kualitas produk mitra sehingga memiliki daya saing. Perbaikan manajemen usaha mitra, indikator keberhasilan kegiatan PKM berupa perubahan pola usaha mitra dengan manajemen usaha yang lebih baik sebesar 85%. Dengan ditunjukan produk yang dihasilkan sesuai standar yang telah ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, sistem produksi yang efektif dan efisien, serta meningkatnya kualias SDM pada mitra. Perbaikan di bidang pemasaran di tunjukan melalui penggunaan e-commerce dan digital marketing secara kontinu dalam promosi dan pemasaran produk minimal sebesar 85%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, H., Ponimin, P., & Sidyawati, L. (2022). Seni Keramik Gerabah Sentra Bumijaya Serang: Studi Proses Produksi dan Desain Ragam Hias Gerabah Berciri Khas Banten. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(4), 561–581.
Boechari. (2012). Melacak Sejarah Kuna Indonesia Lewat Prasasti. Kepustakaan Populer Gramedia.
Furqon, M. N. A., & Oktavia, C. A. (2022). Sistem Informasi Umkm Kampung Gerabah Desa Pagelaran Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 16(2), 373–383.
Gita Purwasih, J. H., Wijaya, M., & Kartono, D. T. (2019). Strategi Bertahan Hidup Perajin Gerabah Tradisional. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 21(2), 159. https://doi.org/10.25077/jantro.v21.n2.p159-167.2019
Hadiwijaya, H., Febrianty, & Darmawi. (2019). Pendampingan Komunitas UMKM Batu Bata Melalui Penggunaan Aplikasi Stock Berbasis E-Comerce di Desa Pasir Putih Ujung Kec. Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Engagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 262–270. https://doi.org/10.29062/engagement.v3i2.72
Hadiwijaya, H., Febrianty, F., & Darmawi. (2020). Pendampingan Manajemen Usaha dan Permodalan pada UKM Batu Bata. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 353–359.
Hasyimy, M. (2020). Pembelajaran luar kelas seni budaya di SD, SMP, SMA pada sentra industri gerabah Pagelaran Kabupaten Malang. Universitas Negeri Malang.
Oentoro, K. (2019). Pengembangan desain teko set gerabah kontemporer berbasis budaya lokal di Kabupaten Bojonegoro. Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan Dan Perancangan Produk), 3(6), 189–196.
Otoo, F. N. K., Otoo, E. A., Abledu, G. K., & Bhardwaj, A. (2019). Impact of human resource development (HRD) practices on pharmaceutical industry’s performance. European Journal of Training and Development, 43(1/2), 188–210. https://doi.org/10.1108/EJTD-09-2018-0096
Pamungkas, H. A., & Hidayatulloh, A. (2019). Faktor penentu perkembangan umkm gerabah kasongan bantul yogyakarta. Inovasi, 15(1), 65–71.
Pertiwi, I. J., & Budiarto, M. T. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada gerabah mlaten. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 438–453.
Prastawa, W., Yulika, F., & Akbar, T. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desain Produk Kerajinan Gerabah Galogandang Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Abdidas, 1–5(385–393).
Pratiwi, R. (2019). Sentra Kerajinan Gerabah di Malang. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 7(1), 60–71.
Purnawanti, E. (2021). Pemasaran Gerabah Guci di Bayat Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sudianto, A., & Sadali, M. (2018). Penerapan Sistem Informasi Geografis (GIS) dalam Pemetaan Kerajinan Kain Tenun dan Gerabah untuk Meningkatkan Potensi Kerajinan di Kabupaten Lombok Timur. Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 1(2), 71–78.
Suwarsi, A. A., Satyarini, J. N. E., Hayati, S. R., Sharfina, A. G., & Anggraeni, A. (2021). Inovasi Produk Pengrajin Gerabah Di Dusun Jetis, Panjangrejo, Pundong Bantul Yogyakarta. Pengabdianmu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 197–205.
Tugiso, I., Haryono, A. T., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh Relationship Marketing, Keamanan, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Dan Loyalitas Konsumen Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Pada Onlineshop “Numira” Semarang. Journal of Management, 2(2), 1–18. https://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/558/543
Ulfah, M. (2020). Identifikasi dan pengelolaan risiko rantai pasok sentra produksi kerajinan gerabah Desa Bumijaya dengan metode house of risk. Journal Industrial Servicess, 5(2), 188–193.
DOI: https://doi.org/10.31764/am.v2i1.10187
Refbacks
- There are currently no refbacks.