EDUKASI PENURUNAN DIARE BALITA DENGAN PENINGKATAN PEMAHAMAN KEBERSIHAN PADA ORANG TUA BALITA

Wayan Aryawati, Ida Maya Meika Sari, Aulyya Rahmah, Yolandha Adinda Pratiwi

Abstract


ABSTRAK

Kasus diare balita di Puskesmas Labuhan Ratu tahun 2021 masih terjadi kesenjangan yang tinggi dengan persentasi 49% dari target utamanya 100%. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman orang tua dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga dalam hal ini dapat berupaya dalam penurunan angka kesakitan diare balita di Puskesmas Labuhan Ratu tahun 2022. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode edukasi dengan menggunakan media leafleat kepada sembilan ibu-ibu yang memiliki balita dan yang berkunjung ke Puskesmas Labuhan Ratu. Berdasarkan dari hasil wawancara yang dilakukan dengan pemegang program diare diungkapkan bahwa “di Puskesmas Labuhan Ratu tidak ada desain leafleat terkait diare balita, media promosi kesehatan yang kurang menarik dan poster yang ada di Puskesmas Labuhan Ratu tidak ada yang berkaitan dengan diare balita”. Sehingga dalam hal ini penulis menentukan satu prioritas masalah terpilih dalam upaya peningkatan pemahaman masyarakat khususnya ibu-bu dalam membantu menekan angka kesakitan diare di Puskesmas Labuhan Ratu yaitu dengan mendesain leafleat terkait diare balita dan menyebarkannya ke 9 ibu-ibu yang berkunjung ke Puskesmas Labuhan Ratu. Diharapkan pemegang program diare balita dapat terus berupaya dalam memberikan edukas secara berkalai terkait diare balita dan membuat media promosi kesehatan yang lebih menarik dan mudah dipahami masyarakat.

 

Kata Kunci : diare balita; leaflet; media promkes

 

ABSTRACT

The case of diarrhea under five at the Labuhan Ratu Health Center in 2021 still has a high gap with a percentage of 49% of the main target of 100%. The purpose of this service is to increase the understanding of parents in implementing clean and healthy living behavior so that in this case they can try to reduce the morbidity of diarrhea in toddlers at the Labuhan Ratu Health Center in 2022. This service activity uses an educational method by using leaflet media to nine mothers-to-be. mothers who have toddlers and who visit the Labuhan Ratu Health Center. Based on the results of interviews conducted with diarrhea program holders, it was revealed that "at the Labuhan Ratu Health Center there is no leafleat design related to toddler diarrhea, health promotion media are less attractive and the posters at the Labuhan Ratu Health Center are not related to toddler diarrhea". So that in this case the author determines one priority problem selected in an effort to increase public understanding, especially mothers in helping to reduce diarrhea morbidity at the Labuhan Ratu Health Center, namely by designing leaflets related to toddler diarrhea and distributing it to 9 mothers who visit the Labuhan Ratu Health Center. It is hoped that the holders of the toddler diarrhea program can continue to strive to provide regular education regarding toddler diarrhea and make health promotion media more attractive and easily understood by the public.

 

Keywords: toddler diarrhea; leaflet; health promotion media


Keywords


toddler diarrhea; leaflet; health promotion media

Full Text:

PDF

References


Arifin, S. et al. (2013) ‘Buku Dasar-dasar Manajemen Kesehatan’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.

Attamimy, H. B. and Qomaruddin, M. B. (2018) ‘Aplikasi Health Belief Model Pada Perilaku Pencegahan Demam Berdarah Dengue’, Jurnal PROMKES, 5(2), p. 245. doi: 10.20473/jpk.v5.i2.2017.245-255.

Darni, J. (2020) ‘Pengaruh Pemberian Edukasi Komik Isi Piringku Terhadap Pengetahuan Dan Asupan Lemak Pada Anak Gizi Lebih’, 4(1), pp. 7–15.

‘DATA DIARE 19,20,21’ (no date).

Hasibuan, Y. P. and Ginting, R. (2019) ‘ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM DIARE DI PUSKESMAS SERING TAHUN 2019’, 2(1), pp. 56–62.

Ilmiah, J. and Sandi, K. (2021) ‘Pendahuluan’, 10, pp. 534–542. doi: 10.35816/jiskh.v10i2.643.

Mamboro, K. et al. (2019) ‘Jurnal Keperawatan Muhammadiyah’, 4(1).

Setiyaningsih, R., Tamtomo, D. and Suryani, N. (2016) ‘Health Belief Model: Determinantsof Hypertension Prevention BehaviorinAdults at Community Health Center, Sukoharjo, Central Java’, Journal of Health Promotion and Behavior, 01(03), pp. 160–170. doi: 10.26911/thejhpb.2016.01.03.03.

Arifin, S. et al. (2013) ‘Buku Dasar-dasar Manajemen Kesehatan’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.

Attamimy, H. B. and Qomaruddin, M. B. (2018) ‘Aplikasi Health Belief Model Pada Perilaku Pencegahan Demam Berdarah Dengue’, Jurnal PROMKES, 5(2), p. 245. doi: 10.20473/jpk.v5.i2.2017.245-255.

Darni, J. (2020) ‘Pengaruh Pemberian Edukasi Komik Isi Piringku Terhadap Pengetahuan Dan Asupan Lemak Pada Anak Gizi Lebih’, 4(1), pp. 7–15.

‘DATA DIARE 19,20,21’ (no date).

Hasibuan, Y. P. and Ginting, R. (2019) ‘ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM DIARE DI PUSKESMAS SERING TAHUN 2019’, 2(1), pp. 56–62.

Ilmiah, J. and Sandi, K. (2021) ‘Pendahuluan’, 10, pp. 534–542. doi: 10.35816/jiskh.v10i2.643.

Mamboro, K. et al. (2019) ‘Jurnal Keperawatan Muhammadiyah’, 4(1).

Yunita, K. et al. (2021) ‘Indonesian Journal of Public Health and Nutrition’, 1(3), pp. 776–782.

Setiyaningsih, R., Tamtomo, D. and Suryani, N. (2016) ‘Health Belief Model: Determinantsof Hypertension Prevention BehaviorinAdults at Community Health Center, Sukoharjo, Central Java’, Journal of Health Promotion and Behavior, 01(03), pp. 160–170. doi: 10.26911/thejhpb.2016.01.03.03.

Kementerian Kesehatan RI (2011) ‘Situasi diare di Indonesia’, Jurnal Buletin Jendela Data & Informasi Kesehatan, 2, pp. 1–44.

Prabhakara, G. (2010) Health Statistics (Health Information System), Short Textbook of Preventive and Social Medicine. doi: 10.5005/jp/books/11257_5.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: