PEMANFAATAN OLAHAN SINGKONG MENJADI KUE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MASYARAKAT DI DESA ALAI SELATAN

Dika Apriyani, Septiandra Loviriani, Putri Fadillah Amanda, Andini Utari Putri, Shafiera Lazuarni

Abstract


ABSTRAK

Sumber  daya  alam  yang  ada  di  Desa Alai Selatan  salah satunya yaitu singkong  dan  beberapa  dari  warga mengolah  singkong hanya menjadi opak. Karena kurangnya inovasi dalam pengolahan singkong maka tim pegabdi memiliki Tujuan untuk memberikan ide pada masyarakat sekitar agar lebih bisa berinovasi dalam pemanfaatan pengolahan sumber daya alam, salah satu nya yang terdapat pada Desa Alai Selatan yakni tanaman singkong, tim pengabdi berupaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bahwa dengan mengolah singkong dengan berbagai macam olahan dapat meningkatkan penghasilan dan mengurangi pengangguran bagi Ibu-Ibu dan masyarakat pada desa tersebut. Metode pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dimana dilakukan observasi dalam pengumpulan data dan informasi. Berdasarkan hasil pengabdian yang telah dilakukan, produk Kue Singkong Caramel ini cukup diterima oleh Ibu-Ibu PKK dan masyarakat yang dilihat dari hasil dan layak untuk dijadikan usaha berdasarkan hasil analisis perhitungan ekonomis.

 

Kata Kunci: cake singkong; pemanfaatan singkong; pengembangan

 

ABSTRACT

Sumber daya alam yang ada di Desa Alai Selatan salah satunya yaitu singkong dan beberapa dari warga mengolah singkong hanya menjadi opak. Karena kurangnya inovasi dalam pengolahan singkong maka tim pegabdi memiliki tujuan untuk memberikan ide pada masyarakat sekitar agar lebih bisa dimanfaatkan dalam pemanfaatan sumber daya alam, salah satu yang terdapat di Desa Alai Selatan yaitu tanaman singkong, tim pengabdi berupaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bahwa dengan mengolah singkong dengan berbagai macam olahan dapat meningkatkan penghasilan dan mengurangi efek bagi Ibu-Ibu dan masyarakat pada desa tersebut. Metode pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan dimana dilakukan observasi dalam pengumpulan data dan informasi. Berdasarkan hasil pengabdian yang telah dilakukan, produk Kue Singkong Caramel ini cukup diterima oleh Ibu-Ibu PKK dan masyarakat yang dilihat dari hasil dan layak untuk dijadikan usaha berdasarkan hasil analisis ekonomis.

 

Keywords: cassava cake; utilization of cassava; development


Keywords


cassava cake; utilization of cassava; development

Full Text:

PDF

References


inur P. Napitupulu, S. D. A. (2020). Variasi Kue Tradisional Dengan Bahan Dasar Singkong Di Dapur Pastry Hotel Él Royale Bandung. Jurnal Akomodasi Agung, 7(1).

Guspri Devi Artanti, M. (2022). Pelatihan Inovasi Pembuatan Kue Tradisional Berbahan Dasar Singkong Bagi Ibu Rumah Tangga Sebagai Upaya Meningkatkan Penghasilan Keluarga.

Mustafidah, A. (2017). Pelatihan Pengolahan Makanan Tradisional Untuk Meningkatkan Potensi Kreasi Olahan Basah Singkong di Desa Gayamharjo Prambanan Sleman. Jurnal Bakti Saintek: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2).

Rahmawati, F. (2009). Pengembangan Industri Kreatif Melalui Pemanfaatan Pangan Lokal Singkong.

Sandia, S. A. (2019). Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pelatihan Pengolahan Singkong dalam Pembuatan Kue di Dusun Kayoman Serut Gedangsari Gunung kidul. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat, 1, 109–112.

Sumiratin, E. (2022). Pemberdayaan Industri Kreatif Ibu Rumah Tangga Dalam Pembuatan Kue Singkong Pelangi Di Wawonggole Kabupaten Konawe. JURNAL JPIKES, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: