PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KAMPUS DALAM BIDANG ENTERPRENEURSHIP MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS TEKNOLOGI

Mamat Mamat, Irna Trisnawati, Yuli Farida, Ari Antini

Abstract


ABSTRAK

Dewasa ini dunia kampus dituntut untuk menghasilkan lulusan yang ungul dalam dunia akademis dan juga diharapkan memiliki jiwa enterprener yang baik sehingga mereka bisa mengembangkan diri dalam meningkatkan kesejahteraannya. Tujuan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK menghasilkan wirausahawan muda yang mandiri  berbasis teknologi melalui program yang terintegrasi dengan melibatkan dosen, narasumber, mahasiswa dan alumni.  Metode yang digunakan dalam PPK ini adalah pemberdayaan dan partsisipasi peserta dengan prinsip berkelanjutan dan transformasi kegiatan menuju pada perubahan ke arah jiwa enterpreneurship. Hasil kegiatan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan terhadap 16 peserta (mahasiswa aktif sebanyak 12 dan alumni 4 orang) menunjukkan ada peningkatan pengetahuan bidang kewirausahaan rata rata sebelum pelatihan sebesar 41,3 % dan setelah pelatihan rata rata 67,18 %,  dengan rata rata selisih 29,18 %, disamping itu menghasilkan sebanyak 6 peserta telah memiliki usaha dan sudah berjalan, sementara 6 peserta masih merintis dan  4 orang lain lagi masih dalam proses pengambilan keputusan. Kesimpulan kegiatan PPK di Kampus meningkatkan pemahman kewirausahaan dan menghasilkan wirausahawan baru dan mengembangkan wirausaha pada mahasiwa dan alumni. Saran kegiatan perlu pelibatan berbagai sector.

 

kata kunci: pemberdayaan; kewirausahaan; kampus; teknologi

 

ABSTRACT

Nowadays the campus world is required to produce excellent graduates in academia and are also expected to have a good entrepreneurial spirit of improving their health. The Entrepreneurship Development Program (PPK) aims at the Karawang Midwifery Study Program to produce young, technology-based independent entrepreneurs through an integrated program involving lecturers, resource persons, students and alums. The method used in this PPK is the empowerment and participation of participants with sustainable principles and the transformation of activities towards a change in the spirit of entrepreneurship. The results of entrepreneurship training and mentoring activities for 16 participants (12 active students and four alumni) show an average increase in knowledge in the field of entrepreneurship before training by 41.3%. After training, an average of 67.18%, with an average difference of 29. 18%; besides that, 6 participants already have a business and are running, while 6 participants are still pioneering, and four others are still in the decision-making process. Conclusion PPK activities in the Karawang Midwifery Study Program increase entrepreneur knowledge, produce new entrepreneurs and develop entrepreneurship for students and alums. Recommendations need to involve a variety of sectors.

 

Keywords: empowerment; entrepreneurship; campus; technology


Keywords


empowerment; entrepreneurship; campus; technology

Full Text:

PDF

References


Adri, M., Hanesman, H., … T. S.-J. T., & 2019, U. (2019). Digital Marketing sebagai Metoda Alternatif Wirausaha Bagi Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Tip.Ppj.Unp.Ac.Id, 12(2), 68–76. http://tip.ppj.unp.ac.id/index.php/tip/article/view/241

Agora, S. S.-. (2014). Entrepreneurial motivation dan persepsi terhadap hambatan pertumbuhan usaha mikro dan kecil pada sektor formal di Jawa Timur. Publication.Petra.Ac.Id, 2(1). http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/1408

Buletin, A. H.-, & 2009, U. (2014). Kewirausahaan di perguruan tinggi dalam perspektif psikologi. Journal.Ugm.Ac.Id, 41(1). https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/viewFile/11483/8547

dan, H. E.-P. P. J. I. S., & 2018, undefined. (2018). Spirit Pengembangan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi. Journal.Unpas.Ac.Id, 1(2). https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/paradigmapolistaat/article/view/1304

Dewi, H. P., Wahyuni, D., Putri, A. P., & Battuta, U. (2022). Pentingnya Perubahan Mindset Dan Penerapan Teknologi Digital Marketing Dalam Berwirausaha Pada Siswa/I SMA Darul Ilmi Murni. Abdimasjumas.Cattleyadf.Org, 01(02), 6–9. https://abdimasjumas.cattleyadf.org/index.php/Jumas/article/view/28

Ikramullah, M., Ikramullah, M., … A. A.-J. K., & 2020, undefined. (2014). Faktor Determinan Minat Berwirausaha Mahasiswa (Evaluasi Pembelajaran Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi Perikanan Dan Kelautan). Eprints.Unm.Ac.Id, 41(1). http://eprints.unm.ac.id/23393/

Informatika, S. M.-J. I. E. P. dan, & 2017, U. (2017). Kewirausahaan berbasis teknologi (technopreneurship) dalam perspektif ilmu pendidikan. Journal.Trunojoyo.Ac.Id, 3(2), 75–82. https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/2927

Kebudayaan, S. W.-J. P. dan, & 2012, undefined. (2014). Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan di pendidikan tinggi. Jurnaldikbud.Kemdikbud.Go.Id, 41(1). http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/101

Lyas, M., Anas, A., Yusrini Islamiah, R., & Artikel, H. (2018). Program Pengembangan Kewirausahaaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Caradde, 1(1), 65–67. https://doi.org/10.31960/CARADDE.V1I1.13

Pancasasti, R., Ekonomika, E. K.-T., & 2017, U. (2017). Mengelola Perilaku Kewirausahaan Mompreneur Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi di Kota Tangerang Selatan. Jurnal.Untirta.Ac.Id, 12(2), 113–122. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTE/article/view/4440

Prastyaningtyas, E., ICECRS, Z. A.-P. of the, & 2019, U. (2019). Pentingnya pendidikan kewirausahaan pada mahasiswa dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai upaya menghadapi revolusi 4.0. Icecrs.Umsida.Ac.Id, 2(1), 281–285. https://icecrs.umsida.ac.id/index.php/icecrs/article/view/1399

Sosial, M. S.-F. I., & 2014, undefined. (2014). Model pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi dalam menumbuhkan entrepreneur muda kreatif dan inovatif di Kota Semarang. Journal.Unnes.Ac.Id, 41(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/FIS/article/view/5377

Tanjung, A., Pendidikan, G. G.-J.-P. (Jurnal A. S., & 2020, U. (2020). Perkembangan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Universitas Lancang Kuning Pekanbaru Berbasis Teknologi. Journal.Fdi.or.Id, 4(1), 1–8. https://www.journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/281

Winarsih, E., & Y. F.-P. S. N., & 2018, undefined. (2021). Literasi Teknologi Dan Literasi Digital Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berwirausaha Bagi Kelompok Pemuda Di Kota Madiun. Jurnal.Unimus.Ac.Id, 2(1), 2774–6755. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/4181




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.11693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: