PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA JURU PELIHARA SITUS SEJARAH MADIUN MELALUI METODE BERCERITA BERPASANGAN

Muhammad Hanif, Nur Samsiyah, Endang Sri Maruti

Abstract


ABSTRAK

Situs sejarah banyak mengandung cerita dan peninggalan sejarah, untuk itu situs dan peninggalan sejarah perlu dipelihara dan dilestarikan. Pemeliharaan dan pelestarian situs dan peninggalan sejarah perlu partisipasi banyak pihak, salah satunya yaitu dengan melibatkan para juru pelihara atau juru kunci. Pada umumnya juru pelihara maupun juru kunci memiliki dedikasi yang luar biasa dalam menjaga, merawat, dan memilihara situsnya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan para juru pelihara situs dalam bercerita tentang situs sejarah yang dipeliharanya melalui metode bercerita berpasangan. Kegiatan pelatihan diikuti oleh 11 juru kunci dari 11 situs sejarah di Madiun. Kegiatan pelatihan bercerita sejarah bagi para juru pelihara, meliputi (1) sosialisasi program, (2) pengayaan situs peninggalan sejarah Madiun, (3) pendalaman teknik bercerita secara ilmiah dan menarik, (4) pembagian kelompok selanjutnya pengkajian situs sejarah, (5) pertukaran informasi dengan saling berpasangan, (6) penceritaan kembali informasi yang diperoleh dari pasangannya di depan seluruh juru pelihara situs. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan berkomunikasi terutama dalam hal kemampuan bercerita sejarah para juru pelihara situs, cerita sejarah menjadi tidak membosankan, dan cerita menarik untuk disimak. Peningkatan keterampilan itu juga berdampak pada peningkatan jumlah pengunjung situs.

 

Kata kunci: situs sejarah; juru pelihara; keterampilan bercerita sejarah; metode cerita berpasangan.

 

ABSTRACT

Historical sites contain a lot of stories and historical relics, for that sites and historical relics need to be preserved and preserved. The maintenance and preservation of sites and historical relics requires the participation of many parties, one of which is by involving caretakers or caretakers. In general, caretakers and caretakers have extraordinary dedication in maintaining, maintaining and maintaining the site. The purpose of this activity is to improve the skills of site maintainers in telling stories about historical sites that they maintain through the pair storytelling method. The training activity was attended by 11 caretakers from 11 historical sites in Madiun. Historical storytelling training activities for carers, including (1) socialization of the program, (2) enrichment of Madiun's historical heritage sites, (3) deepening of scientific and interesting storytelling techniques, (4) group division and further study of historical sites, (5) exchange information in pairs, (6) retelling of information obtained from their partners in front of all site maintainers. The results of the training show that there is an increase in communication skills, especially in the ability to tell the history of the site maintainers, historical stories are not boring, and interesting stories to listen to. Increasing those skills also has an impact on increasing the number of site visitors.

 

Keywords: historical sites; caretakers; historical storytelling skills; the pair story method.


Keywords


historical sites; caretakers; historical storytelling skills; the pair story method.

Full Text:

PDF

References


Alderson, W.T., & Low, S. P. (1996). Interpretation of Historic Sites. Altamira Press.

Hanif, M., D. (2010). Pemetaan Peninggalan Sejarah Kabupaten Madiun Guna Meningkatkan Industri Pariwisata Budaya.

Haviland, W. A. (1985). Antropologi (R.G. Soekadijo (ed.); 4th ed.). Airlangga.

Suroto, H. (2020). Apa Situs Arkeologi.

Widja, I. G. (1988). Pengantar Ilmu Sejarah, Sejarah Dalam Perspektif Pendidikan. Satya Wacana.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: