PENGUATAN EKONOMI DIGITAL MELALUI PENGEMBANGAN “DIGITAL ENTREPRENEURSHIP” BAGI PELAKU UMKM DI DESA KERINJING OGAN ILIR SUMATERA SELATAN

Hera Febria Mavilinda, Akhmad Nazaruddin, Nofiawaty Nofiawaty, Islahuddin Daud, Lina Dameria S.

Abstract


ABSTRAK

Kebijakan pemerintah Indonesia untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi digital menuntut para pelaku UMKM untuk dapat bertransformasi ke arah digitalisasi melalui pengembangan Kewirausahaan Digital (Digital Entrepreneurship). Namun demikian, pengembangan Digital Entrepreneurship di Indonesia dinilai masih rendah. Keterbatasan kemampuan UMKM dalam menggunakan teknologi serta kurangnya edukasi dan pemahaman literasi digital disinyalir menjadi hambatan dalam pengembangan Digital Entrepreneurship. Permasalahan ini juga dirasakan oleh para pelaku UMKM di Desa Kerinjing Ogan Ilir Sumatera Selatan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk pengembangan dan penguatan literasi Digital Entrepreneurship serta memotivasi para pelaku UMKM agar dapat bertransformasi ke arah digitalisasi dalam menjalankan bisnisnya. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah para pelaku UMKM di Desa Kerinjing yang berjumlah ± 30 orang dengan jenis usaha bergerak dibidang pengolahan makanan, minuman, konveksi dan pertanian. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam bentuk penyuluhan (ceramah), tutorial dan diskusi interaktif. Melalui pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan “Digital Entrepreneurship” bagi pelaku UMKM di Desa Kerinjing diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman literasi digital serta menumbuhkan motivasi bagi UMKM agar dapat bertransformasi ke arah digitalisasi. Pelatihan dan pendampingan ini juga diharapkan dapat menciptakan dan mengembangkan strategi bisnis yang lebih inovatif serta berdaya saing global yang dapat membantu penciptaan lapangan kerja dan meningkatan perekonomian desa.

 

Kata kunci: digital entrepreneurship; ekonomi digital; UMKM.

 

ABSTRACT

Indonesian government's policy for accelerating rapidly the digital economic growth requires MSME to transform towards digitalization through the development of Digital Entrepreneurship. However, the development of Digital Entrepreneurship in Indonesia is still considered low. The limited ability of MSMEs in using technology and the lack of education and understanding of digital literacy are alleged to be obstacles in the development of Digital Entrepreneurship. This problem is also felt by MSME in Kerinjing Ogan Ilir, South Sumatra. The purpose of this activity is to develop and strengthen Digital Entrepreneurship literacy and motivate MSME to be able to transform towards digitalization in doing their business. The target audience in this community service activity are MSME in Kerinjing Ogan Ilir, South Sumatera, totaling 30 people with the type of business engaged in food processing, beverages, convection and agriculture. The method of implementing this activity is using socialization through presentations, tutorials and interactive discussions. Through training and mentoring in the development of "Digital Entrepreneurship" for MSME in Kerinjing Ogan Ilir, South Sumatera, it is expected to increase knowledge and understanding of digital literacy and bulid a motivation for MSMEs to be able to transform towards digitalization. This training and mentoring are also expected to create and develop more innovative and globally competitive business strategies that can help create jobs and improve the  economy in Kerinjing, Ogan Ilir ,South Sumatera.

 

Keywords: digital entrepreneurship; digital economic; MSMEs.

 

Keywords


digital entrepreneurship; digital economic; MSMEs.

Full Text:

PDF

References


Arianto, Bambang. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.6, No.2. Doi: https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512.

Avriyanti, Shinta. (2021). Strategi Bertahan Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, Vol.5, No.1. DOI 10.35722/pubbis.v5i1.380.

Deloitte. (2021). Mewujudkan Potensi Ekonomi Digital Indonesia. Deloitte Indonesia Perspectives. Edisi kedua. https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/id/Documents/about-deloitte/id-about-dip-edition-2-chapter-4-id-feb2021.pdf , diakses 07 Juni 2021.

Giones, F., & Brem, A. (2017). Digital technology entrepreneurship: A definition and research agenda. Technology Innovation Management Review, 7(5).

Ismansyah, Azandy., & Kranggan, Buana. (2020). Technopreneurship Workshop Menggunakan E-Commerce. Jurnal Abdi Masyarakat, Vol. 6, No.1, 2020.

Kasidi. (2020). Tantangan Kewirausahaan di Era Ekonomi Digital. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, Vol. 1, No.1, 2020, hlm. 17-23. Doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v1i1.1223.

Katadata. (2021). Riset: 63,4% Pelaku UMKM Pesimistis Bisnis Tumbuh Tahun Ini. Katada.co.id. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/6008265a6a385/riset-63-4-pelaku-umkm-pesimistis-bisnis-tumbuh-tahun-ini , diakses 8 Juni 2021.

Katadata. (2020). Digitalisasi, Strategi UMKM Selamat dari Krisis. Katadata.co.id. https://katadata.co.id/katadatainsightscenter/analisisdata/5f03cf11e0198/digitalisasi-strategi-umkm-selamat-dari-krisis , diakses 8 juni 2021.

Kompas. (2020). Transformasi Digital, Kunci Vital Agar Bisnis Bisa Bertahan di Tengah Pandemi. Kompas.com. https://biz.kompas.com/read/2020/09/18/113428328/transformasi-digital-kunci-vital-agar-bisnis-bertahan-di-tengah-pandemi , diakses 8 Juni 2021.

Kominfo. (2019). Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia. Jakarta : Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi.

Le Dinh, T., Vu, M.C. and Ayayi, A. (2018). “Towards a living lab for promoting the digital entrepreneurship process”. International Journal of Entrepreneurship, Vol. 22 No. 1, pp. 1-17.

Mavilinda, H.F., Nazaruddin, A., Nofiawaty., Siregar, L.D., Andriana, I., & Thamrin, K.M.H. (2021). “Menjadi UMKM Unggul” Melalui Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital Dalam Menghadapi Tantangan Bisnis di Era New Normal. Journal of Sriwijaya Community Service, 2 (1): 17-28. Doi: https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.29 .

Merdeka.com. (2019). Mengenal Platform Pemasaran Digital Untuk Pebisnis Pemula. https://www.merdeka.com/teknologi/mengenal-platform-pemasaran-digital-untuk-pebisnis-pemula.html, diakses 09 Juni 2021.

Prastyaningtyas, E. W. (2019). Dampak Ekonomi Digital Bagi Perekonomian Indonesia. Seminar Nasional Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, (Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri), 103–108.

Sumarni, T., & Melinda, L. D. (2020). Media Sosial dan E-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 163-171. Doi: https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.489.

Sumsel.idntimes.com. (2020). Baru 8% UMKM di Sumsel Yang Manfaatkan Paltform Digital. https://sumsel.idntimes.com/business/economy/feny-agustin/baru-8-persen-umkm-di-sumsel-yang-manfaatkan-iplatform-idigital/3, diakses 9 Juni 2021.

Watts, Stephen. (2020). Digital Paltform: A Brief Introduction. https://www.bmc.com/blogs/digital-platforms/, diakses 09 juni 2021.




DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

Jurnal Selaparang

p-ISSN 2614-5251 || e-ISSN 2614-526X

 

EDITORIAL OFFICE: