PENYULUHAN DAN SOSIALISASI MENGENAI BAHAYA NARKOTIKA BAGI REMAJA DI DESA TAMBE KECAMATAN BOLO

M. Taufik Rachman

Sari


Generasi muda adalah generasi penerus bangsa Indonesia. Bangsa akan maju jika para pemuda memiliki karakter nasionalisme. Nasionalisme merupakan bagian penting bagi kehidupan bangsa dan negara. Secara detail, penyebab merosotnya sikap nasionalisme pada diri anak karena berkembangnya zaman globalisasi, yaitu rasa nasionalisme dikalangan generasi muda semakin memudar. Hal ini dapat dibuktikan banyak generasi muda yang lebih memilih kebudayaan negara lain, dibandingkan dengan kebudayaan Indonesia. Mereka lebih senang mengaplikasikan budaya barat dalam kesehariannya, yang secara tidak sadar membuka lebar pintu masuk Narkoba. Karena tren Narkoba dibawa oleh budaya barat bukan budaya Indonesia.

Pelaksanaan  Sosialisasi Bahaya Narkoba Bagi Remaja pada Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA di Kecamatan Bolo, dalam hal ini Narasumber menyampaikan antara lain definisi Narkoba dan Dampak Buruk Penyalahgunaan Narkoba.

Kegitan dikuti sebanyak 345 Pelajar, Alhamdulillah para siswa dalam mengikuti sosialisasi bahaya Narkoba sangat antusias, sehingga upaya yang kita lakukan ini diharapkan bisa membangun kemampuan dan ketahanan diri dari pengaruh narkoba.

Narkoba ini memiliki dampak yang negatif, salah satunya dapat menurunkan kesadaran, yang berujung pada hilang ingatan dan dapat menimbulkan ketergantungan. Oleh karena itu mari kita sama-sama selamatkan generasi muda agar tidak terjerat oleh barang-barang haram seperti narkoba.

Salah satu penyebab meningkatnya penyalahgunaan narkoba di lingkungan pelajar antara lain kurangnya komunikasi, informasi dan edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya. BNNP berkomitmen untuk selalu memberikan informasi terkait dengan bahaya narkoba, bagaimana cara menghindari dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi Sofyan, Narkoba Mengincar Anak Anda Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Dan Badan Narkotika Dalam Penanggulangan Bahaya Narkoba Di Kalangan Remaja. (Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2007)

Humas. “Pengertian Narkoba Dan Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan.” BNN. https://bnn.go.id/pengertian-narkoba-dan-bahaya-narkoba-bagi-kesehatan/.

Kartono, Kartini. Patologi Sosial II Kenakalan Remaja. Jakarta: Rajawali, 1992.

Migunani, Mellisa Fitri and Sumringah. “Sosialisasi Dan Penyuluhan Narkoba,” Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan 3” no. 2, no. 72–76 (2014).

Nurmaya, Alya. “Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling PENYALAHGUNAAN NAPZA DIKALANGAN REMAJA,”PENYALAHGUNAAN NAPZA DI KALANGAN REMAJA” (Studi Kasus Pada 2 Siswa Di MAN 2 Kota Bima) 2” no. 1, no. 26–32 (2016).

Rizaldi, Fahmi. 2013. Bahaya Narkoba Bagi Remaja. Karya Tulis Ilmiah Bahasa Indonesia. Bandung

Sefidonayanti. 2013. Efektifitas penyuluhan narkoba di kalangan siswa. Universitas Indonesia. Jakarta




CALL FOR PAPER 2022   

Yth. kepada Penulis, peneliti, praktisi, etc.

Kami mengundang Bpk/Ibu untuk mempublikasikan hasil Pengabdian Kepada Masyarakat bidang ilmu Hukum di Jurnal Pengabdian Ruang Hukum (JPRH) pada:

Volume 1 No. 1, Januari 2022.

Volume 1 No. 2, Juli 2022.

 

Setiap Manuscript Artikel, sebelum submit mohon disesuaikan dengan template.

Silahkan kirim full paper (. * doc) via the Register/Login form.

    

Terimakasih

Hormat Kami,

 

Editor In chief


This publication is indexed by: