Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Transaksi Jual Beli pada Pedagang Ikan di Pasar Tradisional Pagesangan
Abstract
Abstract: This study aims to analyze the application of Islamic business ethics in fish buying and selling transactions in the traditional market of Pagesangan, Mataram. The traditional market of Pagesangan, as the center of the local fish trade, has transaction dynamics that are influenced by various social and economic factors, including the application of Islamic business ethics principles such as honesty, fairness, and transparency. The research method used is a qualitative approach with data collection techniques in the form of in-depth interviews, participatory observations, and documentation. The results of the study show that although some traders have tried to apply Islamic business ethics principles, such as providing honest information about the quality of fish and setting reasonable prices. Fish traders face challenges in maintaining quality and prices in accordance with Islamic standards due to economic pressures and fierce competition. In addition, traders' understanding of the principles of Islamic business ethics is still limited, which indicates the need for further education.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli ikan di pasar tradisional Pagesangan, Mataram. Pasar tradisional Pagesangan, sebagai pusat perdagangan ikan lokal, memiliki dinamika transaksi yang dipengaruhi oleh berbagai faktor sosial dan ekonomi, termasuk penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam seperti kejujuran, keadilan, dan transparansi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sebagian pedagang telah berusaha menerapkan prinsip etika bisnis Islam, seperti memberikan informasi yang jujur tentang kualitas ikan dan menetapkan harga yang wajar. Pedagang ikan menghadapi tantangan dalam menjaga kualitas dan harga yang sesuai dengan standar Islam akibat tekanan ekonomi dan persaingan yang ketat. Selain itu, pemahaman pedagang tentang prinsip-prinsip etika bisnis Islam masih terbatas, yang mengindikasikan perlunya edukasi lebih lanjut.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Al Hafizh Firza, Muhamad Aji Purwanto 2 1, 2. (2023). Etika Tawar-Menawar Dalam Hukum Ekonomi Syariah. 1(4), 41–46.
Aldrian, M.E, D. (2023). Peran antar Stakeholders dalam Sistem Pengelolaan Sampah di Pasar Ciputat Kota Tangerang Selatan Tahun 2023. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Eri Nur Azizah, Suryati, S., & Darmawan, C. (2023). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus di Pasar Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin). Social Science and Contemporary Issues Journal, 1(1), 58–68.
Faradisa, D., & Dkk. (2023). Etika Berbisnis Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Sahmiyya, 2(2), 326.
Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). Peranan Etika Bisnis Dalam Perusahaan Bisnis. 3(2), 91–102.
ihna nilava, ahmad fauzi. (2020). Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Tradisional Ngronggo Kota Kediri. At-Tamwil, 2(2), 218–236.
Jamaluddin, J. (2017). Konsep Dasar Muamalah & Etika Jual Beli (al-Ba’i) Perspektif Islam. Jurnal Pemikiran Keislaman, 28(2), 289–316.
Kaharudin, R. (2022). Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pasar Tradisional Prabumulih. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Prabumulih, 6(1), 73–85.
Kaisupy, S., Hasan, H., & Gani, E. S. (2023). Penerapan Etika Bisnis Berdasarkan Hukum Islam pada Transaksi Jual Beli di Pasar Tradisional. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 3(1), 63–76.
Panggabean, A. P. (2017). Kualitas Interaksi Sosial antara Penjual dan Pembeli di Taman Pintar Book Store Yogyakarta. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2).
Ramadhany, N. P., Aravik, H., & Choirunnisak, C. (2023). Analisis Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Rozza Bakery Palembang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 3(1), 13–26.
Salim, M. (2017). Jual Beli Secara Online Menurut Pandangan Hukum Islam. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 6(2), 371–386.
Setiadi, A. B. (2024). Konsep Etika Jual Beli Perpektif Hadis Dan Implementasinya Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Ujung Berung. Khazanah Multidisiplin, 5(2), 125–158.
Siswadi. (2013). Jual Beli Dalam Perspektif Islam. Ummul Quro, 3(Jurnal Ummul Qura Vol III, No. 2, Agustus 2013), 59–65.
susiawati, w. (2017). jual beli dan dalam konteks kekinian. Optometry and Vision Science, 79(3), 171–184.
Tohawi, A., Iswanto, J., FitrtotusSàDiyah, D., Agama Islam Pangeran Diponegoro Nganjuk Indonesia, I., Nganjuk, K., Nganjuk, K., & Timur, J. (2023). Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Perdagangan Bawang Merah di Pasar Sukomoro Nganjuk. Journal on Education, 05(04), 17814–17822.
Ummah, M. S. (2019). Penetapan Harga dalam Islam: Perpektif Fikih dan Ekonomi. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.
Yunitasari, A. (2019). Dampak Relokasi Pasar MuntilanTerhadap Kondisi Sosial Ekonomi Pedagang di Pasar Muntilan Kabupaten Magelang. Social Studies, 8(1), 57
DOI: https://doi.org/10.31764/jseit.v4i1.28079
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sahman Z, Misyatun Misyatun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Sharia Economy and Islamic Tourism
http://journal.ummat.ac.id/index.php/jseit
Email: [email protected] || WA: +62 819-0691-8915
Universitas Muhammadiyah Mataram
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83115, Indonesia.