Pengembangan Modul Berbasis Srategi Invertigasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Mahsup Mahsup, Abdillah Abdillah, Eka Fitriani, Vera Mandailina

Abstract


Abstract: This study aims to produce teaching materials in the form of modules based on investigative strategies based on valid, practical, and effective categories. The research method used is Research and Development. This research uses the ADDIE research development model with stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation and evaluation. the instrument in the study is questionnaires. The results of the study were modules based on the investigative approach developed were declared valid with a score of 89.5, practical with a score of 70.7 and effective with a score of 75.4% so that the modules developed could improve student learning outcomes.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul berbasis stategi investigasi berdasarkan kategori valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Penelitian ini menggunakan model pengembangan penelitian ADDIE dengan tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan evaluasi. instrument dalam penelitian yaitu angket. Hasil penelitian yaitu Modul berbasis pendekatan investigasi yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor 89,5, praktis dengan skor 70,7 dan efektif dengan skor 75,4% sehingga modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.


Keywords


Investigation Strategies, Modules, Learning Outcomes.

Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Batubara, I. H., & Harahap, T. H. (2021). … Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Investigasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. … Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 7(2), 200–206. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/7062

Al Hakim, R. R., Setyowisnu, G. E., & Pangestu, A. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Persamaan Diferensial. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(2), 82–91. https://doi.org/dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.2.82-91

Faturahmah, F., Mandailina, V., Mahsup, M., & ... (2021). Pengembangan Media Komik Berbasis Edutaiment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional ….

Fitriani, E., & Mahsup, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3541

Indra, M. R. I., & Saleh, R. (2021). Pengembangan E-Module Praktik Batu Beton Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan UNJ. Jurnal PenSil, 10(1), 41–46. https://doi.org/10.21009/jpensil.v10i1.17781

Juniartina, P. P., Luh, N., & Latria, P. (2017). Studi Pendahuluan Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu dengan Model Group Investigation. Seminar Nasional Riset Inovatif, 721–725.

M. Ardiansyah. (2020). Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 145–155. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1136

Mahsup, M. (2018). Analisis Kesulitan Dalam Memahami Kemampuan Verbal Dalam Membuat Model Matematika Program Linear. Jurnal Ulul Albab, 22(2). https://doi.org/10.31764/jua.v22i2.594

Mahsup, M., & Anwar, Y. S. (2018). Pengaruh Metode Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Jurnal Ulul Albab, 22(2). https://doi.org/10.31764/jua.v22i1.584

Mandailina, V., & Mahsup. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika (JTAM), 2(2), 144–147.

Mubasiroh, S. L., Priyatni, E. T., & Susanto, G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Resensi Cerpen Berbasis Literasi Kritis Bagi Siswa SMA Kelas XI. Foundasia, 10(2). https://doi.org/10.21831/foundasia.v10i2.28926

Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612

Mukminah, Eka Fitriani, Mahsup, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3533

Nugroho, G. N. (2018). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon 2018 Cirebon, 21 April 2018 PENANAMAN, April, 193–201.

Pamungkas, A. S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Pada Materi Bilangan Bagi Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 228. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2142

Rahmatin, N., Pramita, D., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 27. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.760

Sefina Samosir, R., Ziveria, M., Candrasari, S., & Salman. (2021). Mendesain Bahan Ajar Berbasis Multimedia Bagi Dosen Dan Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Djuanda Bogor. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.53008/abdimas.v2i2.182

Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Manik –Manik Dan Sedotan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. VICRATINA : Jurnal Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 22–23.

Susilawati, F., Gunarhadi, & Hartono. (2020). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 62–68.




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.12955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: