Penerapan Model Problem Based Learning Pada Wujud Zat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Sitisaini Sitisaini, Taufikhidayat Taufikhidayat, Zainuddin Zainuddin, Mursalim Mursalim, Sitinurmala Sitinurmala, Mahsup Mahsup, Muhibbin Muhibbin, Lailly Fidyarini, Nuren Zairina, Supiani Supiani, Parhan Parhan, Nurul Pala

Abstract


Abstract:  The purpose of this study is to understand the application of problem-based learning models that can improve the learning outcomes of SDN Inpres Sai students. The research method uses quantitative and qualitative approaches (mixed method). This type of research is Classroom Action Research (PTK) with PTK stages consisting of planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this study were Phase B students of SD Negeri Inpres Sai which amounted to 19 students. The research instruments used are observation sheets and tests. Analyze the data using descriptive statistics. The results showed that there was an increase in learning outcomes with classical completeness from Cycle I to Cycle II, which was 50% to 100%. From this study, it can be concluded that the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model can improve the science learning outcomes of Phase B students of SD Negeri Inpres Sa about the material of the form of substances and their changes.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami penerapan model problem based learning  yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa SDN Inpres Sai. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed method). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan PTK terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa Fase B SD Negeri Inpres Sai  yang berjumlah 19 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar hasil belajar degan ketuntasan secara klasikal dari Siklus I ke Siklus II yaitu 50% menjadi 100%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa Fase B  SD Negeri Inpres Sa tentang materi wujud zat dan perubahannya.    


Keywords


Problem Based Learning; Hasil Belajar; Wujud Zat

Full Text:

PDF

References


Aspini, N. N. A. (2020). Implementasi Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 72. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27087

Dani, D. K., Paksi, H. P., & Sutaji, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Topik Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku Kelas IV SDN Sukowati Kapas Bojonegoro. Journal on Education, 6(1), 1174–1187. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3063

Eko Setiyono Riau, B., Junaedi, I., & Artikel, I. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas vii berdasarkan gaya belajar pada pembelajaran pbl. Unnes Journal of Mathematics Education Research , 5(2), 167.

Fatah, P. R., Kisai, A. A., Nurkholis, N., & Labudasari, E. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Peningkatan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Sekolah Dasar. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (E-Journal), 9(1), 106. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46168

Mulyadi, E. (2023). Penerapan PBL dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Proyek IPAS di Sekolah Menengah Kejuruan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 653–660. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.684

Nasukha, I., Istianah, F., & Al Isa, R. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Kearifan Lokal Peserta Didik Kelas IV SDN Panggreh 2 Jabon Sidoarjo. Journal on Education, 6(1), 976–984. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3031

Nolaputra, A. P., Wardono, & Supriyono. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 18–32.

Putri, N. M., & Hamimah, H. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 95–99. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.99

Rohmah, N., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Meta Analisis: Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 945–963. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1254

Rosidah, V. K., Ekowati, D. W., & Astutik, P. P. Aspini, N. N. A. (2020). Implementasi Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 72. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27087

Dani, D. K., Paksi, H. P., & Sutaji, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Topik Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku Kelas IV SDN Sukowati Kapas Bojonegoro. Journal on Education, 6(1), 1174–1187. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3063

Eko Setiyono Riau, B., Junaedi, I., & Artikel, I. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas vii berdasarkan gaya belajar pada pembelajaran pbl. Unnes Journal of Mathematics Education Research , 5(2), 167.

Fatah, P. R., Kisai, A. A., Nurkholis, N., & Labudasari, E. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Peningkatan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Sekolah Dasar. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1), 106. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46168

Mahsup, & Anwar, Y. S. (2020). Development of structured modules to improve the mathematical understanding of the circle concept in class VIII Mataram 17 junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012074

Mulyadi, E. (2023). Penerapan PBL dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Proyek IPAS di Sekolah Menengah Kejuruan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 653–660. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.684

Nadila, D., Mandailina, V., Mahsup, M., Mehmood, S., Abdillah, A., & Syaharuddin, S. (2023). Improved Problem-Solving Skills Using Mathematics Module. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.2247

Nasukha, I., Istianah, F., & Al Isa, R. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Kearifan Lokal Peserta Didik Kelas IV SDN Panggreh 2 Jabon Sidoarjo. Journal on Education, 6(1), 976–984. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3031

Negara, H. R. P., Syaharuddin, Ibrahim, M., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., Pramita, D., Abdillah, Mahsup, Ahmad, & Saddam. (2020). Acceleration analysis of population growth using winter’s method: case study of lombok island. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012046

Nolaputra, A. P., Wardono, & Supriyono. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 18–32.

Nurhalimah, A., Mandailina, V., Mahsup, & Syaharuddin. (2022). Measuring the Difficulty Level of Mathematical Problems Based on Polya Criteria. Journal of Education Research and Evaluation, 6(4), 595–607. https://doi.org/10.23887/jere.v6i4.46316

Putri, N. M., & Hamimah, H. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 95–99. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.99

Rohmah, N., Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Meta Analisis: Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 945–963. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1254

Rosidah, V. K., Ekowati, D. W., & Astutik, P. P. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dan Permainan Board Question untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Purwantoro 1 Kota Malang. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 480–488. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.319

Solehah, A., Mandailina, V., Mahsup, M., Syaharuddin, S., & Abdillah, A. (2023). Model Pembelajaran Problem-Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa: Sebuah Meta Analisis Perbandingan Pelajaran Eksak dan Non Eksak. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi. https://doi.org/10.34312/euler.v11i1.20219

Wulan, D. C. (2022). Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Video Youtube Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, April, 1337–1343.

Yuniar, V., & Hadi, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbasis STEM Menggunakan Bantuan Mind Mapping terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(1), 44–54. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i1.1165




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v7i1.21400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: