Meta-Analysis of the Implementation of Problem Based Learning (PBL) Oriented to Differentiated Learning in Biology Learning to Improve Students' 4C Skills of 21st Century Student

Richa Amalia, Jodion Siburian

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to analyze the implementation of PBL oriented with differentiated learning to improve students' 4C skills (Critical Thinking, Creative Thinking, Communication, & Collaboration) in biology learning. Data collection was carried out using meta-analysis as a method in research, through a search in the Google Scholar database from 2019 to 2024, resulting in 20 primary research articles that met the specified inclusion criteria. Based on the results of the analysis of several journals, it is known that the implementation of the Problem Based Learning model integrated into differentiated learning can improve students' 4C skills in solving problems, thinking critically, communicating, and collaborating to prepare students to have 21st century skills.

Abstrak: Tujuan dari penlitian ini adalah untuk menganalisis implementasi PBL berorientasi dengan pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativie Thinking, Communication, & Collaboration) siswa pada pembelajaran biologi. Pengumpulan data dilakukan dengan meta-analisis sebagai metode dalam penelitian, melalui pencarian di database Google Schoolar dari tahun 2019 sampai 2024, menghasilkan 20 artikel penelitian utama yang memenuhi kriteria inklusi yang ditentukan. Berdasarkan hasil analisis beberapa jurnal diketahui bahwa implementasi model Problem Based Learning diintegrasikan pada pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan keterampilan 4C siswa dalam memecahkan masalah, berpikir kritis, berkomunikasi, dan berkolaborasi untuk mempersiapkan siswa memiliki kemampuan abad 21. 


Keywords


PBL; Meta-Analysis-4C

Full Text:

PDF

References


Afelia, Y. D., Utomo, A. P., & Sulistyaningsih, H. (2024). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas X Sma. Jurnal Biologi, 1(2), 1-11. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1963

Anas, A., & Mujahidin, E. (2022). Implementasi Konsep 4C Dalam Pembelajaran pada Mata Kuliah Analisis Kebijakan Pendidikan. Tadbiruna, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i1.356

Anggraini, K. N. (2023). A Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Palembang. Jurnal Sinar Edukasi, 4(3), 31-48. https://doi.org/10.61346/jse.v4i3.71

Atikah, I., Fauzi, M. A. R. A., & Firmansyah, R. (2023). Penerapan Strategi Diferensiasi Konten dan Proses pada Gaya Belajar Berbasis Model Problem Based Learning. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 11-11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.57

Damayanti, N. K. A., Astawan, N., & Dwipayana, I. K. A. (2024). Meningkatkan Kemampuan membuat Cecimpedan Menggunakan Model PBL Berorientasi 4C (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, And Communication) Siswa Kelas X PH 5 SMK Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2023/2024. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 2(5), 257-272. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i5.1054

Elvani, C., Sani, R., & Juliani, R. (2024). The Influence Of The Problem Based Learning Model With Differentiated Learning on Problem Solving Ability. In Proceedings of the 5th International Conference on Innovation in Education, Science, and Culture, ICIESC 2023, 24 October 2023, Medan, Indonesia. http://dx.doi.org/10.4108/eai.24-10-2023.2343057

Faradilla, M. D. G., Pinasthi, R. P., & Hadiyanti, A. H. D. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Toleransi di Sekolah Dasar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 5(3), 405-412. https://doi.org/10.32832/jpg.v5i3.16411

Fazriah, F. N. (2024). Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan 4c Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 9(1), 60-67. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v9i1.2488

Hs, Dyan.W. S., & Marianus, S. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa. Jurnal Binagogik, 9(2). https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i2.98

Kinanthi, S., Astuti, E. P., & Purwoko, R. Y. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Matematis Siswa Kelas X. Didactical Mathematics, 5(2), 515-524. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6651

Kumalasari, N. S., & Pramono, R. (2024). Penerapan Model Problem Based-Learning Berdiferensiasi Metode Station Rotation untuk Meningkatkan Literasi, Keterampilan Berpikir Kritis, serta Kreativitas Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(8), 535-547. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3264

Maridi, M., Suciati, S., & Permata, B. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan dan Tulisan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 182-188. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v12i2.31932

Maryani, I., & Mawardi, E. (2024). The Influence of Problem-based Differentiated Learning on Critical Thinking Skills in 5th-Grade Students at Muhammadiyah Suronatan Elementary School, Yogyakarta. Contemporary Education and Community Engagement (CECE), 1(1), 36-47. https://doi.org/10.12928/cece.v1i1.821

Maulinda, N. (2024). Literature Review: Peran Guru dalam Membangun Ketrampilan 4C Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Basila Journal of Educational Research, 1(1), 6-12. https://doi.org/10.59329/bjer.v1i1.106

Nafiah, T. (2024). Menumbuhkembangkan Keterampilan 4C Melalui Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Role Playing dan Game Quizziz. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 4(1), 106-114. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v4i1.2735

Nasrulloh, S. Q., Prihantini, R., & Irianto, S. (2023). PBL Berdiferensiasi Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dan Penyelesaian Masalah pada Pembelajaran Biologi. Khazanah Pendidikan, 17(2), 346-350. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17915

Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6167-6180. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8880

Ngatminiati, Y., Hidayah, Y., & Suhono, S. (2024). Keterampilan Berpikir Kritis untuk Mengembangkan Kompetensi Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8210-8216. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30193

Nurmayasari, K. V., Utomo, A. P., & Sulistyaningsih, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa SMA Negeri 1 Bangorejo. Jurnal Biologi, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1964

Rakhmawati, D., Hendracipta, N., Pribadi, R. A., & Nurhasanah, A. (2024). Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Model-Model Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 75-85. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1352

Rohyanti, S. D., Wahyuni, T., & Suparman, S. (2024). Application of Differentiated Problem Based Learning to Increase Biology Learning Independence at SMAN 1 Poto Tano. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 10(1), 60-67. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v10i1.6515

Rose, A. E., Nency, A., Sudira, E., Haria, Y., & Suryanda, A. (2024). Strategi Inovatif Pembelajaran Eksplorasi Strategi Inovatif Pembelajaran Biologi di Abad 21: Strategi Inovatif Pembelajaran Biologi di Abad 21. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 102-107. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2270

Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492-498. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782

Setyasih, B. R., Rusdi, R. R., & Ristanto, R. H. (2022). Studi Meta Analisis: Problem-Based Learning Terhadap Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 93-102. https://doi.org/10.37058/bioed.v7i1.4251

Shafira, I., Rahayu, F. F., Rahman, F. R., Mawarni, J., & Fitriani, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik Ppda Pelajaran Biologi Materi Ekosistem Kelas X SMA. Journal on Education, 6(1), 48-53. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2912

Simarmata, R. N., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2022). Meta-Analisis Pembelajaran berbasis Materi Lokal Indonesia terhadap Keterampilan Proses Sains. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 184-191. https://doi.org/10.37058/bioed.v7i1.4336

Solihah, R., Minarti, I. B., & Mukaromah, S. (2023). Analysis of Product Differentiation Through Problem Based Learning on the Level of Creativity of Class X Students of SMAN 2 Semarang. Jurnal Mangifera Edu, 8(1), 17-24. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v8i1.168

Solikhin, M., Seno, A. A., & Utami, B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Model Problem Based Learning Terintegrasi Role Play untuk Melatihkan Berpikir Kritis Peserta Didik. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 20, No. 1, pp. 54-60). https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/82558.

Sudiana, I. M., Dwi, I. G. A. A. N., & Suartana, I. W. (2024). Pembelajaran Berdiferensi Berbasis Pbl Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik. Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 22(1), 23-30. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i1.690

Wahyuni, A. P., Purba, A. R. A., Hasibuan, M. A., & Harahap, R. C. (2023). Pengaruh Pengembangan Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD 1 Mardiatul Islamiyah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 733-741. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12925

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan keterampilan abad 21 4C (communication, collaboration, critical thinking and problem solving, creativity and innovation) di sekolah dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185-197. https://doi.org/10.69896/modeling.v7i2.665

Zahra, S. S., & Jumini, S. (2024). Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 286-297. https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4246




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v8i1.28332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: