Analisis Etika Pegawai Kelurahan Maleer Ditinjau Dari Perspektif Masyarakat

Rifki Rafiyan, Risma Oktaviani, Ropitasari Ropitasari, Sunandie Eko Ginanjar

Abstract


Abstrak: Etika harus diimplementasikan dengan baik oleh pegawai pemerintahan dalam menjalankannya. Di berbagai tempat masih terdapat kurangnya penerapan etika pegawai yang baik dalam melayani masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana penerapan etika pegawai Kelurahan Maleer dalam melayani masyarakat. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi melalui wawancara kepada warga sekitar. Hasil dari penelitian ini telah menunjukkan etika yang diterapkan oleh pegawai Kelurahan Maleer, masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, salah satunya pegawai yang sopan, ramah dan cepat dalam menanggapi apa yang dibutuhkan masyarakat. Dengan tercapainya pelayanan prima di Kelurahan Maleer membuat citra Kelurahan Maleer dipandang baik oleh masyarakat.

Abstrak: Etika harus diterapkan dengan baik oleh pegawai pemerintah dalam menjalankan tugasnya. Di banyak tempat masih kurangnya penerapan etika pegawai yang baik dalam melayani masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan etika pegawai Desa Maleer dalam melayani masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi melalui wawancara kepada warga setempat. Hasil penelitian menunjukkan etika yang diterapkan oleh pegawai Desa Maleer, masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan, salah satunya adalah pegawai yang sopan, ramah dan cepat dalam merespon apa yang dibutuhkan masyarakat. Dengan tercapainya pelayanan prima di Desa Maleer, maka citra Desa Maleer dipandang baik oleh masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Afkarina, I., Farid, N., Wicaksono, E. (2023). ETIKA PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KELURAHAN SUMBER WETAN KECAMATAN KEDOPOK KOTA PROBOLINGGO. JIANNIA: Jurnal Ilmu Administrasi Negara dan Niaga Vol.1 No.2. https://jurnal.stia-bayuangga.ac.id/index.php/jurnal-ilmu-administrasi-negara/article/download/23/15

Akbar A.M.A, M Mappamiring., & Ma'tuf A.(2021). Etika Pelayanan Publik Di Kantor Kelurahan Tamaona Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik. 2(5), 1634-1647.

Naqiah, A., & Zitri, I. (2023). Collective Action Kelompok Sadar Wisata Desa Malaka Dalam Percepatan Pariwisata Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik), 3(1), 1-14.

Astuti, P., Ashari, W. K., Ouktafia, F., Wahyudi, D., Jailani, M. A., & Zitri, I. (2023). Strategi Peningkatan Daya Tarik Di Destinasi Tanjung Bias Desa Senteluk Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Paradigma (Jp), 12(2).

https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/article/view/4592

Andriani, F., Rochim, A.I., & Kusbandrijo, B. (2022). Etika Administrasi guna Mewujudkan Pelayanan Prima di Kelurahan Ngagelrejo. Seminar Nasional 2022 "Transformasi Digital Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Pasca Pandemi". Vol. 1 No. 01. https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/snhs/article/view/1046/510

Arlisa., Hakim, L., & Setiawati,B.(2022).ETIKA PEGAWAI DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI DI KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KABUPATEN BONE. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), Vol.3 (5), 1424-1436. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/article/view/9302

Bao,B & Zakina,A.P.(2022).Implementasi Etika Pegawai dalam Pelayanan Publik di Kantor kelurahan Abepantai Distrik Abepura Kota Jayapura.Jurnal Jendela Vol.10,No.2,9-19. http://ojs.ustj.ac.id/jendela/article/view/1020

Bisri, M. H. & Asmoro, B. T.(2019).Etika Pelayanan Publik di Indonesia.Journal of Governance Innovation vol.1, No.1, 59-76. https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/JOGIV/article/view/298/186

Hanifah, UP. (2019). Efektivitas dan efisiensi Pembiayaan Pendidikan. OSF. https://osf.io/preprints/inarxiv/yg3an/download

Jaya, I.M.L.M. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta:QUADRANT

Muhafidin, D. & Yadiman. (2020). Etika Administrasi Publik.Yogyakarta:ANDI (Anggota IKAPI)

Nelya, B & Buulolo, Y.(2022).Pengaruh Etika Pelayanan Pemerintah Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Desa Sifalago Susua Kecamatan Susua Kabupaten Nias Selatan.Jurnal Governance Opinion 6 (2), 157-168. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/1254

Nur'aini, A. (2021). Efektivitas pelayanan publik pada kantor kelurahan Leok 1 kecamatan Biau kabupaten Buol. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 1 No. 12. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/520/436

Silvia, F. (2018). PELAYANAN PRIMA DAN KEPUASAN PELANGGAN DI KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN) MAKASSAR II. Diploma thesis, FIS,1-12. http://eprints.unm.ac.id/10107/

Susanty, Y. (2020).Penerapan Etika dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik.Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik 14 (1), 80-95. http://jwk.bandung.lan.go.id/ojs/index.php/jwk/article/view/300

Syahbana, A., Indriaty, L. (2020). ANALISA PENERAPAN ETIKA PEGAWAI DALAM PELAKSANAANPELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN MAROKABUPATEN MERAUKE. Jurnal Hukum IUS PUBLICUM. Vol.1 No.1. https://journal.umelmandiri.ac.id/ojs/index.php/jiu/article/view/8/7

Wahyudi, H. ., Zainal, Z., & Rapika , R. . (2023). Peran Etika Dalam Kinerja Pegawai Terhadap Pelayanan Publik di Kelurahan Seijang Kecamatan Bukit Bestari. Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(3), 312–315.https://pijarpemikiran.com/index.php/Aufklarung/article/view/578


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing Site

Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.