PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE MODELLUS PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA

Silvia Wulandari, Endang Surahman, Dwi Sulistyaningsih

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning berbantuan software Modellus pada pokok bahasan gerak parabola yang valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D Thiagarajan. Model pengembangan 4D terdiri dari empat tahap utama yaitu tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap disseminate. Namun, dalam penelitian ini peneliti membatasi penggunaan model pengembangan 4D ini hanya sampai pada tahap develop. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket analisis karakteristik peserta didik terhadap kebutuhan media pembelajaran, angket validasi ahli media dan ahli materi, serta angket respon pendidik dan peserta didik terhadap kepraktisan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai validitas produk berdasarkan ahli media adalah 93,33% dengan kriteria sangat valid dan ahli materi adalah 97,64% dengan kriteria sangat valid. Persentase nilai kepraktisan produk berdasarkan respon pendidik adalah 94% dengan kriteria sangat praktis dan respon peserta didik adalah 92,10% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning berbantuan software Modellus pada pokok bahasan gerak parabola yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika.

 

Kata kunci: discovery learning; gerak parabola; lembar kerja peserta didik (lkpd); software modellus

 

ABSTRACT

This study aims to obtain a student worksheet product based on discovery learning assisted by Modellus software on this topic of projectile motion that is valid and practical to be us as a learning medium. This research was conduct using the Research and Development (R&D) method with the Thiagarajan 4D development model. The 4D development model consists of four main stages, namely the define stage, the design stage, the developing stage, and the disseminated stage. However, in this study, the researcher limits the use of this 4D development model to only the development stage. Instruments of data collection were carrie out through interviews, questionnaires to analyze the characteristics of students on the needs of learning media, validation questionnaires from media experts and material experts, well questionnaires for teacher and student responses to the practicality of the product. The results showed that the percentage value of product validity based on media experts was 93.33% with very valid criterium and material experts were 97.64% with very valid criterium. The percentage value of the practicality of the product based on the teacher's response is 94% with very practical criterium, and the student response is 92.10% with very practical criterium. Thus, the Student Worksheet based on discovery learning assisted by Modellus software on the subject of projectile motion developed has met the valid and practical criterium to be used as a physics learning medium.

 

Keywords: discovery learning; projectile motion; student worksheet; software modellus


Keywords


discovery learning; projectile motion; student worksheet; software modellus

Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., &..., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=npLzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=related:MO7lmvLYvEsJ:scholar.google.com/&ots=Nr3AavOUTS&sig=dht85xG-tuSqtlNaqH2BhCN_Ev0&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.

Al-mira, N. S., & Hidayah, R. (2020). Validitas Permainan Element Adventure Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Kimia Unsur. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 371–378. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p371-378

Alma, W., Putri, S., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2022). Pengembangan E-Lkpd Materi Efek Doppler Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Aplikasi Phyphox Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(1), 15–20. http://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/6828

Apriliasari, R. N., & Ruwanto, B. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Elastisitas Zat Padat Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 95–103. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pfisika/article/view/7408

Ariani, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Kalor Di SMP. In (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh. https://core.ac.uk/download/pdf/326778402.pdf

Aziz, A., Rokhmat, J., & Kosim. (2015). "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari ". Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(3), 201–204.

Damayanti, D. S., Ngazizah, N., & Setyadi K, E. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Radiasi, 3(1), 58–62.

Ertikanto, C., Rosidin, U., Distrik, I. W., Yuberti, Y., & Rahayu, T. (2018). Comparison of mathematical representation skill and science learning result in classes with problem-based and discovery learning model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 106–113. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.9512

Fitriani, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Berpikir Kreatif Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.319

Gumrowi, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Listrik Dinamik menggunakan Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization melalui Simulasi Crocodile Physics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 105–111. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.110

Hartini, L., Zainuddin, Z., & Miriam, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Inquiry Discovery Learning Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 69. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4448

Ikbal, M. S., Nurhayati, & Ahmad, Y. (2018). Pengaruh Metode Guided Inquiry Dan Pengetahuan Operasi Dasar Matematika Dalam Praktikum Fisika Dasar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar. Al -Ta’dib Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 11(1), 19–36.

Lila, K., Silitonga, H. T. M., & Mahmuda, D. (2017). Pengembangan Tes Diagnostik Fisika Materi Parabola Untuk Siswa Kelas XI Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9), 1–8.

Machali, I. (1970). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Mahardini, S. A. K., Akhlis, I., & Sumpono, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Gerak Parabola Untuk Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 38–43. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/19315

Permatasari, B., Putu Nyeneng, I. D., & Wahyudi, I. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis POE untuk Pembelajaran Fisika Materi Momentum dan Impuls SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 69–81. https://doi.org/10.23960/jpf.v6.n1.201807

Putri, D. H., Sutarno, & Risdianto, E. (2014). Profil Peralatan dan Keterlaksanaan Praktikum Fisika SMA di Wilayah Miskin Propinsi Bengkulu. Jurnal Exacta, 12(1), 1–6.

Rahmi, R., Hartini, S., & Wati, M. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Dan Multimedia Pembelajaran IPA SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 173. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i2.894

Rahmiati, R., Musdi, E., & Fauzi, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Viii Smp. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 267–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.314

Rezeki, S., & Ishafit, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 29. https://doi.org/10.21009/1.03104

Sari, I. N., Saputri, D. F., & Sasmita. (2016). Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 4(2), 108–114.

Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 176–182. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.310

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susilawati, & Ishafit. (2020). RADIASI : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inquiry Learning Berbantuan Media RADIASI : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika. 13, 29–34.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development For Training Teachers of Exeptional Children. Indiana University.

Tompo, B., Ahmad, A., & Muris, M. (2016). The development of discovery-inquiry learning model to reduce the science misconceptions of junior high school students. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5676–5686.

Wibowo, C., & Sunarti, T. (2020). Analisis Dan Prediksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Gerak Parabola. Inovasi Pendidikan Fisika, 09(02), 257–264.




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.11432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: