PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Siti Ayu Kumala, Asih Widiawati

Abstract


ABSTRAK

Setelah pandemi coronavirus-19 mulai mereda, kita kembali ke kehidupan normal namun dengan aturan-aturan baru. Begitupun dengan proses belajar mengajar di sekolah kembali melakukan pembelajaran luring atau langsung di sekolah. Permasalahan muncul saat siswa yang selama ini sudah lama belajar online, harus belajar secara langsung dengan bimbingan guru di sekolah. Guru harus Kembali menerapkan metode-metode pembelajaran agar kemampuan siswa meningkat termasuk kemampuan berpikir kritis. Terdapat beberapa metode dan pendekatan pembelajaran yang mampu mem­berdayakan kemampuan berpikir kritis siswa diantaranya adalah metode in­kuiri terbimbing (guiding inquiry) dan metode Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian adalah menerapkan kedua metode ini untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMAN 7 Bandar Lampung materi fisika suhu dan kalor. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji hipotesis, uji N-Gain. Teknik pengambilan sampel didalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh skor N-gain rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada ke­las PBL sebesar 0,77 (kategori tinggi) dan kelas inkuiri terbimbing se­be­sar 0,68 (kategori sedang) mengindikasikan bahwa PBL lebih efektif diguna­kan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dari penelitian ini guru dapat menyesuaikan metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

 

Kata kunci: PBL; Inkuiri terbimbing; berpikir kritis.

 

ABSTRACT

After the coronavirus desease-19 pandemic subside, we are returning to normal life but with new rules. Likewise, the teaching and learning process at school returns to offline or direct learning at school. Problems arise when students who have been studying online for a long time have to learn directly with the guidance of teachers at school. Teachers must re-apply learning methods so that students' abilities increase, including critical thinking skills. There are several learning methods and approaches that are able to empower students' critical thinking skills, including the guided inquiry method and the Contextual Teaching Learning (CTL) method using the Problem Based Learning (PBL) approach. This research aims is to apply both methods to see how they affect students' critical thinking skills. The subject of research is X grade Student of SMAN & Bandar Lampung in Temperature and Heat physics matter. Experiment design in this research is Pre-Eksperimental Design especially One-Group Pretest-Postest. Data analysis technique used is the data normality test, hypothesis testing, and N-Gain test. The sampling technique in this study uses a random sampling technique. From results of this research, the average N-gain score of students' critical thinking skills in the PBL class is 0.77 (high category) and the guided inquiry class is 0.68 (medium category) indicating that PBL more effectively used as an effort to improve students' critical thinking skills. From this study teacher can adjust learning method to improve students' critical thinking skills.

 

Keywords: PBL; guide inquiry method; critical thinking.


Keywords


PBL; guide inquiry method; critical thinking.

Full Text:

PDF

References


Agnafia, D. N. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI (Vol. 5, Issue 1).

al Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual (T. T. Tutik Trianto, Ed.; 3rd ed.). Prenadamedia.

Apriana, E., & Anwar. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Konsep Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesehatan. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(2), 132–137.

Ayub, S., Afifah, G., Verawati, N. N. S. P., & Hikmawati. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH FLUIDA DINAMIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT ORIENTED. Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 186–192.

Damayanto, R., Suyatna, A., Abdurrahman, & Rosidin, U. (2012). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI). Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 50–57.

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, H. A. (2015). Evaluasi Pembelajaran (1st ed.). Pustaka Setia.

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning.

Hartati, A. D., Hayati, A., Zanthy, L. S., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 711–723.

Iman, R., & Khaldun, I. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA. In Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Vol. 05, Issue 01). http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi

Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H., Negeri, S., & Agus Salim, J. K. (2019). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53.

Lantowa, H. D., & Buhungo, T. J. (2022). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN APLIKASI ZOOM PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 21–27.

Nasrulloh. (2021). Dampak pembelajaran daring pada kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik tema VII Kelas IV Sekolah Dasar Islam (SDI) Daarul Fikri Dau Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim .

Robih, M. W., & Suratman, B. (2017). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 LAMONGAN. Journal of Economics & Economic Education Research, 18(2).

Sabaryati, J., Marzuki, Istiyono, E., & Retnawati, H. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH DAN PERGURUAN TINGGI: META ANALISIS. Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 189–193.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Tapanuli, P., Hal, S., Wahyuni, S., Nasution, R., Pd, S., & Pd, M. (2018). Jurnal Education and development Institut PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN FISIKA (Vol. 3, Issue 1).

Tiara Jelita, N., Odja, A. H., & Eka Setiawan, D. G. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO DENGAN IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 109–114.

Untari, E., Rohmah, N., & Wahyu Lestari, D. (2018). Mengintregasikan Nature dan Nurture untuk Memberdayakan HOTS di Era Disrupsi" Surakarta, 27 Oktober 2018 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS).

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Zulfawati, & Mayasari, T. (2021). PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN INTEGRASI STEM. Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 12(18).




DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.11433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________________

ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika

p-ISSN 2460-9587 || e-ISSN 2614-7017

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

EDITORIAL OFFICE: