PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KECAKAPAN BERPIKIR KRITIS MUATAN IPA KELAS IV SD

Andi Yuliyono, Elvira Hosein Radia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Picture and Picture dan model pembelajaran Example non Example terhadap Kecakapan Berpikir Krtis muatan IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus Diponegoro Kota Salatiga.. Desain penelitian ini adalah yaitu penelitian Quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Instrumen penelitian data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan Uji-t untuk mengukur dan mengetahui perbedaan kecakapan berpikir kritis IPA kelas IV SD pada kelompok eksperimen setelah mendapat perlakuan. Hasil analisis data dengan menggunakan Uji-t diperoleh hasil nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,00 yang berarti tidak lebih besar dari 0,05 (0,00 < 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara Picture and Picture dan Example non Example terhadap kemampuan berpikir kritis muatan IPA kelas IV SDN Gugus Diponegoro.

Abstract:  This study aims to determine whether there is a difference between the effect of the Picture and Picture learning model and the Example non Example learning model on the Critical Thinking Skills of the Natural Sciences Class IV SDN Diponegoro Cluster Salatiga City. Equivalent Control Group Design. Data study instruments in this study used observation sheets and tests. The data analysis technique in this study used the t-test to measure and determine the differences in critical thinking skills of Class IV Natural Sciences in the experimental group after receiving treatment. The results of data analysis using the t-test showed that the significance value (2-tailed) was 0.00 which means no greater than 0.05 (0.00 <0.05) then Ho was rejected and Ha was accepted. The results of this study can be concluded that there is a significant difference between the Picture and Picture and Example non Example on the ability to think critically the science content of class IV SDN Diponegoro Cluster.

Keywords


Learning Model; Picture and Picture; Example Non Example; Critical Thinking; Natural sciences.

Full Text:

Download [PDF]

References


Ahmad, S. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Biomass Chem Eng, 49(23–6), 22–23.

Chasanah, F. U., & Siradjuddin. (2018). Menggunakan Metode Pembelajaran Picture And Picture. Penggunaan Metode Picture and Picture Dalam Pembelajaran IPS MENINGKATKAN, 06, 808–817.

Darmawan, D., & Permasih. (2011). Konsep Dasar Pembelajaran. Kurikulum Dan Pembelajaran, 128.

Dimyati, M. dan. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Teaching and Educations, 1, 3.

Herlanti, Y. (2011). Penilaian Proses Belajar Mengajar IPA Di Kelas Melalui Pedagogi Materi Subyek. Education Jornal.

Hernawan, A. H., & Resmini, N. (2015). Konsep Dasar dan Model-model Pembelajaran Terpadu. Pembelajaran Terpadu, 1(1), 1–35.

Ismail, M. Z. Bin, & Othman, M. K. B. H. (2017). Amalan Pedagogi Abad Ke-21 Dalam Kalangan Guru Pelatih Program Ijazah Sarjana Muda Perguruan (Pismp) Pendidikan Islam Di Institut Pendidikan Guru Malaysia. Jurnal Penyelidikan Dedikasi, 13(0), 54–71.

Kivunja, C. (2015). Why Students Don’t Like Assessment and How to Change Their Perceptions in 21<sup>st</sup> Century Pedagogies. Creative Education, 06(20), 2117–2126. https://doi.org/10.4236/ce.2015.620215

Kurniasih. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Kuswana, W. S. (2014). Taksonomi kognitif. In PT Remaja Rosdakarya (Vol. 5).

Lubis, R. R. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 417–420.

Mahmudah, M. (2016). Urgensi Diantara Dualisme Metode Pembelajaran Ceramah Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Untuk Siswa MI/SD. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1), 116–129. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.107

Maretika, L. D., . A., . S., & Kurniawan, D. A. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Ipa Terhadap Calon Guru Sekolah Dasar Pgsd Fkip Universitas Jambi. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 41. https://doi.org/10.29408/didika.v4i2.797

Nasution, U. S. Z., Sahyar, & Sirait, M. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Effect Of Problem Based Learning And Model Critical Thinking Ability To Problem. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 112–117.

Nurudin, N. (2018). Pembelajaran Picture And Picture. Edum Journal, 1(2), 62–68. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v1i2.474

Pantiwati, Y. (2015). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Lesson Study untuk Meningkatkan Metakognitif. JURNAL BIOEDUKATIKA, 3(1), 27. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4144

Putu Sukerni. (2014). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Ipa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 390.

Rofiah, E., Aminah, N. S., & Sunarno, W. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTs. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 285. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i2.22992

Ruskandi, K., & Ferdian, Y. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Lerning Dalam Pembelajaran Ips Di Sd Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Metodik Didaktik, 10(1). https://doi.org/10.17509/md.v10i1.3243

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Syukron, A., Subyantoro, & Yuniawan, T. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama dengan Metode Picture and Picture. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 49–53.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam KTSP, (15480003), 56.




DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.

_______________________________________________

 

Creative Commons License

Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

______________________________________________

CURRENT INDEXING:

                  


 EDITORIAL OFFICE: