TEAM GAMES TOURNAMENT LEARNING MODEL TO SOLVE THE MISSION IN SANDI HIZBUL WATHAN EXTRACURRUCULAR TO INCREASE LEARNING MOTIVATION
Abstract
Abstrak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas model team games tournament dalam pembelajaran Hizbul Wathan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan subjek penelitian serta teknik triangulasi sumber dalam menguji keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran TGT efektif dalam peningkatan motivasi belajar siswa SD Muhammadiyah 1 kota Malang. Siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, dibuktikan dengan antusiasme yang tinggi dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran serta pengembangan ketrampilan sosial pendapat forum, koordinadi kelompok, kerjasama mengatur kelompok.
Abstract: The study aims to determine the effectiveness of the team games tournament model in Hizbul Wathan learning to increase student learning motivation. The type of research is qualitative descriptive, with data collection methods in the form of observation, interviews, and documentation, using purposive sampling techniques in determining research subjects and source triangulation techniques in testing the validity of data. The result of this study is that the TGT learning model is effective in increasing the learning motivation of students of SD Muhammadiyah 1 Malang. Students have high motivation to learn, as evidenced by high enthusiasm and active participation in the learning process as well as the development of social skills of forum opinions, group coordination, and cooperation in organizing groups.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. (2018). Pengaruh Fasilitas Sekolah Dan Motivasi Guru Terhadap Efektivita Proses Mengajar Di Madrasah Aliayah Ddi Bontang. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 6(2). https://doi.org/10.24127/pro.v6i2.1704
Agung, A., & Yuliawati, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868
Alavudeen, S. S., Easwaran, V., Mir, J. I., Shahrani, S. M., Aseeri, A. A., Khan, N. A., Almodeer, A. M., & Asiri, A. A. (2021). The influence of COVID-19 related psychological and demographic variables on the effectiveness of e-learning among health care students in the southern region of Saudi Arabia. Saudi Pharmaceutical Journal, 29(7), 775–780. https://doi.org/10.1016/j.jsps.2021.05.009
Alfira, A., & Syofyan, H. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA daur kehidupan hewan siswa SD. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 177. https://doi.org/10.29210/022080jpgi0005
Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.149
Annisa Millenia. (2024). Implementasi Kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas II Di SD Muhammadiyah 12 Setiabudi Pamulang. Skripsi.
Avissena, N., & Hidayat, T. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar…. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Ayunda, R., & Febriandi, F. (2023). Implementasi Model Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2078–2087. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7590
Efendi, M. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Program Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah VI Palembang. Conciencia, 17(1), 27–39. https://doi.org/10.19109/conciencia.v17i1.1581
Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911
Izzatunnafiza Bustami, S., Fatchiatuzahro, & Asriani. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWI KELAS VII MTS UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR. SHAWTUL ‘ARAB, 3(2), 82–96. https://doi.org/10.51192/sa.v3i2.766
Janah, S. R. (2020). HAMBATAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MA MA’ARIF 06 PASIR SAKTI LAMPUNG TIMUR. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 225–240. https://doi.org/10.51226/assalam.v9i2.182
Kurniasih, N. (n.d.). MANAJEMEN MUTU TERPADU KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. www.freepik.com
Kusumandari, P., Rohmah Manajemen Ekstrakurikuler Hizbul Wathan untuk Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa Kelas SMA Muhammadiyah, N. X., & Rohmah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, N. (2018). Manajemen Ekstrakurikuler Hizbul Wathan untuk Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1).
Malik Ibrahim, M. (n.d.). PENELITIAN EVALUASI BIDANG PENDIDIKAN (Pendekatan Kualitatif).
Maria, H., & dan Konseling, B. (n.d.). PERBEDAAN TINGKAT PERILAKU KESUKARELAAN ANTARA PENGURUS GERAKAN PRAMUKA DAN HIZBUL WATHAN DIFFERENCES OF VOLUNTEERISM BEHAVIOR BETWEEN LEADERS OF GERAKAN PRAMUKA AND HIZBUL WATHAN.
Marmoah, S., Pd, S., & Pd, M. (n.d.). MANAJEMEN KELAS, TEORI DAN PRAKTIK PENERBIT CV. EUREKA MEDIA AKSARA.
Matitaputty, J. K., Susanto, N., Fadli, M. R., Ramadhan, I., & Manuputty, C. J. (2023). The Effect of Team Games Tournament (TGT) in Social Science Learning to Improve Student Learning Outcomes. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 10(2), 374. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v10i2.15037
Melindawati, S. (2021). Pengaruh Penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 55. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1050
Miswanto, S., Pd, M., Pd, D. N., Arjani, M., Pd, Z., Lubis, M., Pd, K., & Mirza Irawan, S. (n.d.). PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH (Teori-Praktik-RPL 1 Lembar Merdeka) PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
Mulyasa. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter (Jakarta: Bumi Aksara).
Mumtahana, L., Ikmal, H., & Sari, A. A. (2022). Chalim Journal of Teaching and Learning Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Lempar Dadu Dan Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq. 2, 1–6. https://doi.org/10.31538
Nurfajriah, S., Netriwati, N., & Widyastuti, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Menggunakan Sandi Semaphore Pramuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3178–3189. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.825
Panggabean, J. H., Defi Siregar, M. S., & Rajagukguk, J. (2021). The Effect of Teams Games Tournament (TGT) Method on Outcomes Learning and Conceptual Knowledge in Physics Science. Journal of Physics: Conference Series, 1819(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1819/1/012047
Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90
Rahmawati, S., Trisiana, A., & Mustofa, M. (n.d.). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Tematik Integratif.
Saputri, N. U., Nisa, K., & Turmuzi, M. (2023). Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SDN 3 Lembuak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1995–2004. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5708
Sari, S. G., Rozimela, Y., & Yerizon, Y. (2023). Praktikalitas Pengembangan Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Media Interaktif pada Materi Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1020–1028. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2233
Sulhiyati, S. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Paedagoria | FKIP UMMat, 10(1), 20. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i1.816
Sulistio, A., Pd, M. I., & Haryanti, N. (n.d.). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING MODEL) PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
Uli, O., & Pardede, T. (2019). PENIGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATVE TIPE TGT DI SMAN 1 BATANG TORU. In Mathematic Education Journal)MathEdu (Vol. 2, Issue 1). http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Halim Purnomo, Mahpudin Mahpudin, Cahyo Setiadi Ramadhan, Abdul Karim, & Irfan Fauzi Rahmat. (2024). Prıncıpal Leadershıp And Teacher Performance On Student Success. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(2), 2637–2656. https://doi.org/10.31949/jee.v7i2.9145
DOI: https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i4.26158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nurul Fajriyatuz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan | Universitas Muhammadiyah Mataram.
_______________________________________________
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan |
______________________________________________
CURRENT INDEXING:
..
EDITORIAL OFFICE: