PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP APLIKASI TELEGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KANJI DASAR

Linna Meilia Rasiban, Adhellayani Adhellayani, Renariah Renariah, Neneng Sutjiati

Abstract


Abstrak: Penggunaan mobile learning pada masa pandemi Covid-19 semakin meningkat karena sangat membantu menyampaikan materi saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi Telegram sebagai media pembelajaran kanji dasar. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah peserta Akari Kanji Course yang berjumlah 12 orang terdiri dari kalangan mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, dan guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Telegram dalam pembelajaran kanji dasar menghasilkan respon yang positif dari peserta dan peserta merasa terbantu dalam belajar kanji.

Abstract:  The use of mobile learning during the Covid-19 pandemic is increasing because it is accessible in conveying material during studying. This study aims to investigate student responses of the Telegram application as a media learning for basic kanji. The research subjects of this study were the 12 participants of the Akari Kanji Course are students, employees, housewifes, and teachers. This study uses qualitative research methods with data collection techniques using questionnaires and interviews. The results showed that the use of the Telegram application in learning basic kanji resulted in a positive response from the participants then the participants found it helpful in learning kanji.


Keywords


Aplikasi Telegram; Kanji Dasar; Media Pembelajaran; Mobile Learning; Persepsi.

Full Text:

PDF

References


Adhellayani & Rasiban, L. M. (2021). The Effect of Telegram Application in Japanese Language Distance Learning During Covid-19 Pandemic. Proceedings of the Fifth International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2021). https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.211119.002

Aghajani, M., & Adloo, M. (2018). The Effect of Online Cooperative Learning on Students’ Writing Skills and Attitudes through Telegram Application. International Journal of Instruction, 11(3).

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4).

Iswara, W., Gunawan, A., D. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Muatan Lokal Mengenal Potensi Bengkulu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–7.

Kolhar, et al. (2021). Effect of Social Media Use on Learning, Social Interactions, and Sleep Duration Among University Students. Saudi Journal of Biological Sciences, 28.

Mardina, R. (2017). Literasi Digital Bagi Generasi Digital Natives. In Perpustakaan Universitas Airlangga.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative data analysis. Sage.

Musaddad. (2016). Pengaruh Media Belajar Berbasis Aplikasi Android Terhadap Minat Belajar Mandiri Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia. Universitas Islam Indonesia.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Siswa., 3(1).

Qamar dan Riyadi. (2018). Efektivitas Blended Learning Menggunakan Aplikasi Telegram. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(1).

Retnawati, H. (2017). Teknik Pengambilan Sampel. Workshop Update Penelitian Kuantitatif, Teknik Sampling, Analisis Data, Dan Isu Plagiarisme, 1(7).

Salim, dan S. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Citapustaka Media.

Solomon, G. . (2021). Perceptions of Students on The Use of Telegram During The Covid-19 Pandemic. Acta Informatica Malaysia, 5(1), 21–24.

Sunhaji. (2013). Konsep Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Kependidikan, 1(1).

Zanaton, S. M. S. (2017). Mobile learning: Innovation in Teaching and Learning Using Telegram. Interntional Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE), 1(1).

Zarei, Darani., & A. (2017). Effect of Telegram Application on Iranian Advanced EFL Learners. Vocabulary Knowledge and Attitude, 5(20).




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i4.10314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: