METODE PEMBELAJARAN TASK BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS

Etika Ariyani

Abstract


Abstrak: Penguasaan keterampilan berbahasa inggris menjadi tantangan tersendiri bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbahasa inggris siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan menggunakan metode task based learning. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan test lisan yang telah diuji validitasnya. Teknik analisis data menggunakan Teknik kualitaif dan kuantitatif. Metode ini merupakan metode pembelajaran yang memberikan tugas – tugas berjenjang sesuai kemampuan pembelajar dan difokuskan pada serangkaian latihan atau aktifitas pembelajaran yang bertujuan untuk tercapainya kemampuan yang lebih baik. Subyek penelitian terdiri atas 21 siswa, pengambilan data dilakukan dengan test berbicara langsung (oral test) dan menulis paragraph singkat pada catatan pribadi mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa task based learning dapat meningkatkan keterampilan berbahasa inggris siswa SMP kelas IX secara signifikan, Peningkatan tersebut terlihat pada skor rata – rata kompetensi siswa yang meningkat dari jumlah rata - rata siklus pertama 64,5 dengan kategori cukup dan jumlah rata – rata siklus dua 77,7 dengan kategori baik.

students English skills at Junior High School Grade IX. through the use of task based learning method.The type of this research is Classroom Action Research which consisted of two cycles. Data collection techniques using observation and oral tests that have been tested for validity. Data analysis techniques using qualitative and quantitative.  This method is a learning method which giving tasks continuously based on students performance and focused on learning exercises or activities in order to reach better performance. There were 21 students from grade IX as subject of the study. The data were collected through oral test and writing students personal diary. The result showed that task based learning could improve the students English skills significantly. The improvement could seen from the average score of the first cycle 64,5 which was categorized as enough competency. Meanwhile, the average score of the second cycle was 77,7 which categorized into good competency.


Keywords


Metode; Task based; Keterampilan Berbahasa Inggris.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Ainiyah, L. Q., Sugito, S., & Subandowo, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Teks Anekdot dengan Pendekatan Komunikatif Berbasis Tugas untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Peserta Didik SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1894–1904.

Brown, H. D. (2008). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa.(Terjemahan Noor Cholis dan Yusuf Avianto Pareanom). USA: Pearson Education, Inc.(Buku asli diterbitkan tahun 2007).

Dewi, Y. A. S. (2017). Metode Pembelajaran Guru Etnis Jawa-Madura Dalam Pengembangan Bahasa Siswa RA di Kabupaten Pasuruan. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(2), 94–106.

Erfiani, Y. P. F., & Neno, H. (2021). Peningkatan Pemahaman Metode Pengajaran Task Based Language Teaching Bagi Guru Bahasa Inggris SMPN 2 Insana. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 36–42.

Festiawan, R. (n.d.). PEDAGOGY ON PHYSICAL EDUCATION.

Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36–42.

Marsakawati, N. P. E. (2014). Task-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 47(2–3).

Mulyasa, E. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27–44.

Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Sakban, S., Nurmal, I., & Ridwan, R. Bin. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 2(1), 93–104.

Suprayogi, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Menggunakan Media Pero Konsep Terhadap Hasil Belajar Kimi Siswa Pada Materi Pokok Struktur Atom. UNIMED.

Suryani, T. Z. (2016). Pengajaran Komunikatif Kontekstual Dalam Konteks Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 4(2), 225–238.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Wulandari, D., Candria, M., Wulandari, R., & Laksono, A. (2017). Penerapan Task-Based Learning dalam Pelatihan Bahasa Inggris terkait Kriminalitas bagi Personel Polrestabes Semarang. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 89–96.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.10522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: