Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Pendidikan Nasional

Muharnis Muharnis, Fadriati Fadriati

Abstract


Abstrak: Kebijakan pendidikan muncul ketika ada kesenjangan antara tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan dengan penyelenggaraan pendidikan. Implementasi kebijakan pendidikan diartikan sebagai suatu tindakan atau pelaksanaan suatu kebijakan yang mengarah pada bidang pendidikan untuk mencapai tujuan yang diinginkan Sistem Pendidikan Nasional (SPN). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan artikel jurnal dan buku-buku yang relevan dengan topik penelitian. Penelitian ini adalah penelitian kebijakan (policy research) yang dikombinasikan dengan kepustakaan (library research). Usaha pencapaian tujuan pendidikan yang diinginkan memiliki proses pelaksanaan kebijakan yang meliputi: (1) persiapan pelaksanaan kebijakan pendidikan; (2) pelaksanaan kebijakan pendidikan dengan masa percobaan; (3) pelaksanaan kebijakan pendidikan yang nyata disertai dengan pengawasan dan pengendalian; dan (4) melakukan evaluasi kebijakan pendidikan. Untuk mencapai pelaksanaan yang diinginkan kebijakan pendidikan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan mempunyai strategi yang harus dikuasai yaitu, komunikasi. Sumber daya, disposisi, dan struktur birokasi. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan implementasi kebijakan pendidikan yang diingikan.

Abstract: Educational policy arises when there is a gap between the educational goals that have been set and the implementation of education. Implementation of educational policy is defined as an action or implementation of a policy that leads to the education sector to achieve the desired goals of the National Education System (SPN). Data collection in this study was carried out by collecting journal articles and books that are relevant to the research topic. This research is policy research (policy research) combined with literature (library research). Efforts to achieve the desired educational goals have a policy implementation process that includes: (1) preparation for the implementation of educational policies; (2) implementation of educational policies with a probationary period; (3) actual implementation of educational policies accompanied by supervision and control; and (4) evaluate educational policies. To achieve the desired implementation of educational policies and achieve the goals that have been set have a strategy that must be mastered, namely, communication. Resources, disposition, and bureaucratic structure. This aims to realize the desired implementation of educational policies.


Keywords


Implementation Analysis; Curriculum Policy; National.

Full Text:

PDF

References


Asmendri dkk. (2021). Desain Pembelajaran dan Pengembangan Pembelajaran.

BAPPENAS RI. (2020). Presiden Republik Indonesia Peraturan Presiden Republik Indonesia.

Dyers, J. H. et al. (2011). Innovators DNA, Harvard Business.

Hasbullah. (2015). Kebijakan pendidikan (1st ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Hendarman, N. P. &. (2012). Metodologi penelitian kebijakan.

Mashudi, A. (2019). Kebijakan PPDB Sistem Zonasi SMA/SMK dalam mendorong Pemerataan Kualitas Sumberdaya Manusia di Jawa Timur. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 186–206. doi:10.31538/ndh.v4i2.327

Mayangsari, I., Dewi, F. A., Nurfadila, & Rivadah, M. (2003). Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Uu No . Jurnal Soshum Insentif, 4(1), 98–103.

Mislinawati., M., & Nurmasyitah., N. (2018). Kendala Guru Dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Sd Negeri 62 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 22–32. doi:10.24815/pear.v6i2.12194

Mulyasa. (2009). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep, Karakter dan Implementasi. PT. Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2016). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyati, N. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Covid-19. Jurnal Sosial Teknologi, 1(9), 89–95. doi:10.36418/jurnalsostech.v1i9.191

permendikbud no. 37. (2018). Permendikbud no. 37 tahun 2018.

Perpres No. 87. (2017). Perpres No. 87 tahun 2017 tentang Penguatan pendidikan Karakter.

R. cachia an A. Ferrari. (2010). Creativity in Schools : A survey of Teachers in Europe JRC Scientific & Technical Reports.

Sa’bani, F. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah: (Journal of Madrasah Education), 2(1), 13–22.

Setiawan, A. R. (2020). Peningkatan Literasi Saintifik Melalui Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Saintifik. Journal Of Biology Education, 2(1), 1. doi:10.21043/jobe.v2i1.5278

Sharp, C. (2004). Developing young children’s creativity : what can we learn from research?

Suryabrata. (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28.

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Tadbir, 30, 129–153.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.12677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muharnis, Fadriati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: