Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh di Prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia
Abstract
Abstrak: Sejak pandemi Covid-19 mulai meningkat, pembelajaran di sekolah mulai diterapkan dengan sistem baru yaitu pembelajaran jarak jauh, tidak ada kegiatan seperti biasanya karena semua dilakukan dari rumah. Maka perubahan kebijakan terhadap dunia pendidikan di Indonesia tidak dapat dihindari. Kesiapan dalam menghadapi perubahan sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi cukup berbeda; ada yang siap, ada yang terpaksa harus siap, dan ada yang tidak siap sama sekali. Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat ketidaksiapan tertinggi dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini adalah melihat bagaimana keefektifan pembelajaran jarak jauh di prodi pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia. Penelitian ini akan mengevaluasi pembelajaran jarak jauh di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia dengan menggunakan pendekatan CIPP. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder yang diuji frekuensinya dan uji koefisien korelasi rank Spearman di SPSS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada umumnya banyak pihak yang menyukai pembelajaran jarak jauh, namun banyaknya kendala yang dihadapi menjadi salah satu kendala utama dalam proses PJJ.
Abstract: Since the Covid-19 pandemic began to increase, learning at school has already started to be implemented with a new system, namely distance learning, there are no activities as usual because everything is done from home. So policy changes to Indonesia's education world cannot be avoided. Readiness in dealing with changes in learning systems that utilize technology is quite different; some are ready, some are forced to be prepared, and some are not. Indonesia is one of the countries with the highest level of unpreparedness in implementing distance learning. This research aims to determine the effectiveness of distance learning in the Biology education study program STKIP Pembangunan Indonesia. This research will evaluate distance teaching in the Biology Education Study Program STKIP Pembangunan Indonesia using the CIPP approach. The data sources are primary and secondary data, tested for frequency and Spearman's rank correlation coefficient test in SPSS. The study results reveal that, in general, many parties like distance learning, but the many obstacles encountered are one of the main obstacles in the PJJ process.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmad, N. A. (2020). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Di Prodi Biologi STKIP PI Makassar. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(2), 62–65. Https://Doi.Org/10.46918/Karst.V3i2.781
Akhmad, N. A., Riskawati, Hamsyah, E. F., Gustina, Syarif, S. H., & Samsi, A. N. (2023). Edukasi Computational Thinking Dalam Proses Pembelajaran. Bajang Jurnal, 2(8), 5867–5874.
Anh, V. T. K. (2018). Evaluation Models In Educational Program: Strengths And Weaknesses. Vnu Journal Of Foreign Studies, 34(2). Https://Doi.Org/10.25073/2525-2445/Vnufs.4252
Baalwi, M. A. (2020). Kendala Guru Dalam Proses Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Ditinjau Dari Kemampuan Information Technology (It) Guru. Lintang Songo : Jurnal Pendidikan, 3(2).
Cresswell, J. W., & Cresswell, D. J. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Hidayah, N. (2020). Tantangan Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pencerahan, 14(2).
Kurniawati, E. W. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Perspektif Model Cipp (Context, Input, Process, Product). Jurnal Ghaitsa Islamic Education Jurnal, Volume 2(1), 24.
Lubis, W. (2020). Analisis Efektivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Masa Pandemi Covid-19. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1). Https://Doi.Org/10.30743/Bahastra.V5i1.3282
Mckim, C. A. (2017). The Value Of Mixed Methods Research: A Mixed Methods Study. Journal Of Mixed Methods Research, 11(2). Https://Doi.Org/10.1177/1558689815607096
Owen, J. M. (2020). Program Evaluation: Forms And Approaches: Third Edition. In Program Evaluation: Forms And Approaches: Third Edition. Https://Doi.Org/10.4324/9781003116875
Pangestu, R. Bagus, & Susanti, N. A. (2022). Kajian Penerapan Pembelajaran Online Di SMK Selama Pandemi Covid Dengan Metode Cipp. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(2), 109–115.
Prasetyo, F. R. (2021). Aplikasi Sistem Pembelajaran Kediklatan (Studi Kasus: Pusdiklat Polair Pondok Dayung Jakarta) [Thesis]. Universitas Mercubuana.
Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Undang-Undang (Pp. 1–26).
Pusdiklat Kemdikbud. (2020, March). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 1 9). Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Rahman, T., Prasetyo, D. A., & Mashuri, H. (2021). The Impact Of Online Learning During The Covid-19 Pandemic On Physical Education Teachers. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2). Https://Doi.Org/10.31851/Hon.V4i2.5638
Saragih, D. P., Suprayitno, S., & Nugraha, T. (2020). The Effect Of Permainan Galah Asin With Parental Support On Gross Motor Development In Mentally Disabled Students. Journal Physical Education, Health And Recreation, 5(1). Https://Doi.Org/10.24114/Pjkr.V5i1.26449
Saragih, S., Markus, T., Rhian, P., & Setiawan, S. (2021a). Eksplorasi Kesiapan Dosen Dan Mahasiswa Menjalani Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). Https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V9n1.P124--141
Saragih, S., Markus, T., Rhian, P., & Setiawan, S. (2021b). Menjalani Pembelajaran Jarak Jauh Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Teknologi Pendidikan, 09(01).
Situmeang, S. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri (Self Confidence) Mahasiswa Dengan Hasil Belajar Pengembangan Kurikulum Menggunakan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(1). Https://Doi.Org/10.54150/Thawalib.V2i1.16
Vicianti, A. P., & Hanifah, H. (2021). Penyesuaian Diri Dosen Senior Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Covid-19. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(2). Https://Doi.Org/10.24912/Jmishumsen.V5i2.11121.2021
Wuta, R. K. (2022). Relevance Of Social Reconstructionism To Education In Postcolonial Zimbabwe. Indiana Journal Of Humanities And Social Sciences, 3(11), 52–59.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nur Amaliah Akhmad, Sitti Mania, Muhammad Nur Akbar Rasyid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: