Implementasi Media Wordwall Gameshow untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika kelas 1 dalam Merdeka Belajar

Melati Khosi Lestari, Arina Restian, Arif Supradana

Abstract


Abstrak: Pembelajaran matematika dianggap sulit bagi siswa khususnya kelas 1 sekolah dasar. Media Wordwall Gameshow merupakan teknik pembelajaran inovatif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika kelas 1 dalam Merdeka Belajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Implementasi Media Wordwall Gameshow untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika kelas 1 dalam Merdeka Belajar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sampel penelitian yaitu 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan evaluasi Wordwall Gameshow pada mata pelajaran matematika Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar peserta didik kelas 1 yang dilihat dari siklus I menunjukan nilai ketuntasan belajar mencapai 51,72%, pada siklus II hasil penilaian siswa menunjukan ketuntasan belajar mencapai 69,48%, dan siklus III hasil penilaian menunjukan ketuntasan belajar mecapai 100,0% atau seluruh siswa tuntas belajar.

Abstract: Learning mathematics is considered difficult for students, especially grade 1 elementary school. Wordwall Gameshow media is an innovative learning technique to improve learning outcomes in grade 1 mathematics in Merdeka Learning. The purpose of this study was to analyze the influence of the Wordwall Gameshow Media Implementation to Improve Student Learning Outcomes in Grade 1 Mathematics in Merdeka Learning. This research method is Classroom Action Research. The research sample is 29 students. Data collection techniques using the method of observation, documentation, and tests. While the data analysis technique uses descriptive qualitative. The results showed that there was an increase in the teacher's ability to apply the Wordwall Gameshow evaluation in the Mathematics subject of the Independent Curriculum to the learning outcomes of class 1 students. As seen from cycle I, the learning completeness score reached 51.72%, in cycle II, the student assessment results showed that the learning mastery reached 69.48%, and cycle III the results of the assessment show that learning completeness reaches 100.0% or all students complete learning.

 


Keywords


Wordwall media; Gameshows; Learning outcomes; Mathematics; Free Learning.

Full Text:

PDF

References


Asrul, Ananda, R. and Rosinta (2014) Evaluasi Pembajalaran, Ciptapustaka Media.

Chesaria, Adi, M. (2015) ‘Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015’, Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(1). Available at: http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/375820.

Dwijayani (2019) ‘Development of circle learning media to improve student learning outcomes.’, Journal of Physics: Conference Series, (2) 1. Available at: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099.

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021) ‘Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar.’, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, (3) 1. Available at: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079.

Hartono, A. et al. (2020) ‘Identifikasi Tumbuhan Tingkat Tinggi (Phanerogamae) Di Kampus II UINSU’, Jurnal Biolokus, 3(2), p. 305. doi: 10.30821/biolokus.v3i2.755.

Hasram, S., Nasir, M. K. M., Mohamad, M., Daud, M. Y., Rahman, M. J. A., & Mohammad, W. M. R. W. (2021) ‘The effects of wordwall online games (Wow) on english language vocabulary learning among year 5 pupils.’, Theory and Practice in Language Studies, (3) 1. Available at: https://doi.org/10.17507/tpls.1109.11.

I. Fathurrochman (2017) ‘Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah / Panti Asuhan Anak Soleh Curup Irwan Fathurrochman A . Pendahuluan Pesantren menurut pengertian dasarnya adalah tempat belajar para santri . Sebagai lemba’, Tadbir, 1(01), p. 86.

Izzatil Muna (2023) ‘Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang’, Jurnal Profesi Keguruan, 9 (1).

Karunia, N. D. (2015) ‘Pemberian reward terhadap hasil belajar matematika siswa ditinjau dari sikap siswa dalam belajar pada siswa kelas VII’, Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2 (3).

Kasim, N. A. (2021) Increasing The StudentsVocabulary Mastery By Using Word Wall Media. PGSD.

Kemendikbud (2019) Empat pokok kebijakan merdeka belajar. Ditsmp.

Lutifa, D. (2022) ‘Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih’, VOCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2 (4).

Maghfiroh, K. (2018) ‘Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda’, Jurnal Profesi Keguruan, 4(1).

Maunah, B. (2016) ‘Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa’, Jurnal Pendidikan Karakter. doi: 10.21831/jpk.v0i1.8615.

Muhali (2019) ‘Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21’, Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2). Available at: https://doi.org/10.36312/esaintika.v3i2.126.

Putra, D. R., & N. (2016) ‘Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa’, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 4 (1). Available at: https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11364.

Sakinata Maulidina Minarta (2022) ‘Pengaruh media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Lamongan’, Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, VI (2)(ISSN Online: 2549-2284).

Sugiono (2017) ‘Instrumen penelitian metopen’, Metodologi Penelitian Kuantitatif.

Sugiyono (2015) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Veronica resty panginan (2022) ‘Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013’, Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1).

Wahyuni (2017) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Negeri 1 Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Sekolah Tinggi Keguruan Dan LlmuPendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat’, Jurnal Pendidikan, 2 (1).




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i2.15346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Melati Khosi Lestari, Arina Restian, Arif Supradana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: