Pentingnya Memahami Perkembangan Peserta Didik bagi Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar

Wina Mustikaati, Kartika Sari, Novia Ramanda, Ummyatul Salsabila, Yesi Agustia

Abstract


Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pentignya seorang guru dan calon guru dalam memahami perkembangan peserta didik khususnya di sekolah dasar. Pendidikan merupakan faktor penting dalam mengembangkan potensi peserta didik, dan keberhasilan program pendidikan di sekolah formal dipengaruhi oleh peserta didik, tenaga pengajar, kurikulum, sarana prasarana, dan lingkungan. Tenaga kependidikan harus memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidikan, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki tekad untuk mewujudkan pendidikan nasional. Penelitian ini menggunakan penelitian yang berfokus pada model pendekatan isi kajian, pembahasan, dan informasi yang dikumpulkan melalui media cetak dan teknologi. Ini juga berfokus pada penelitian perpustakaan atau kajian pustaka. Hasil dan pembahasan menjelaskan bahwa memahami perkembangan peserta didik dapat membantu guru memilih lingkungan belajar terbaik dan mengenal kepribadian siswanya dengan lebih baik. Ada dua manfaat dalam memahami perkembangan siswa: bagi pendidik, memberikan gambaran umum tentang bagaimana manusia atau individu berkembang sepanjang hidupnya dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan itu, dan bagi siswa, memberikan gambaran umum tentang bagaimana prosedur pembelajaran yang cocok untuk tahap perkembangan anak.

Abstract: This paper aims to find out how important teachers and prospective teachers are in understanding the development of students, especially in elementary schools. Education is an important factor in developing the potential of students, and the success of education programs in formal schools is influenced by students, teaching staff, curriculum, infrastructure, and the environment. Education personnel must have academic qualifications, competencies, and educational certificates, be physically and mentally healthy, and have the determination to realize national education. This study uses research that focuses on the study content approach model, discussion, and information collected through print media and technology. It also focuses on library research or literature reviews. The results and discussion explain that understanding student development can help teachers choose the best learning environment and get to know their students' personalities better. There are two benefits to understanding student development: for educators, it provides an overview of how humans or individuals develop throughout their lives and the factors that influence that development, and for students, it provides an overview of how learning procedures are appropriate for a child's developmental stage.


Keywords


Development; Learners; Elementary school; Teacher.

Full Text:

PDF

References


Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5.

Estari, A. W. (2020). Pentingnya memahami karakteristik peserta didik dalam proses pembelajaran. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol.3, No. 3, pp. 1439-1444).

Hamuni, H., Idrus, M., & Aswati, M. (2022). Perkembangan peserta didik

Hermawan, A. (2014). Mengetahui Karakteristik Peserta Didik untuk Memaksimalkan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 14-25.

Irwansyah, Dkk. (2021). Perkembangan Peserta Didik.

Janawi, J. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68-79.

Magdalena, I. (2021). Perkembangan Peserta Didik Sekolah Dasar. CV Jejak (Jejak Publisher).

Muhammad Idrus, Ms., & Dra Aswati, Mp. M. (2021). PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK.

Mulyani, Sumantri. 2014. Perkembangan peserta Didik. Tangerang: UT

Percut Sei Tuan, K., & Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, D. (2018). "Pentingnya Memahami Perkekmbangan Peserta Didik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Sd It Ummi Darussalam Bandar Setia.

Sabani, F. (2019). Perkembangan anak-anak selama masa sekolah dasar (6–7 tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89-100.

Sumanto, D., Utaminingsih, S., & Haryanti, A. (2020). Perkembangan peserta didik.

Taufik, A. (2019). Analisis karakteristik peserta didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 1-13.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i2.15540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wina Mustikaati, Kartika Sari, Novia Ramanda, Ummyatul Salsabila, Yesi Agustia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: