Analisis Penyebab Perilaku Anti Sosial pada Anak Usia Dini

Purwati Purwati, Siska Amaliyah, Yani Nuraeni

Abstract


Abstrak: Anak usia dini adalah pondasi awal penentu perkembangan dimasa dewasa, termasuk membentuk karakter anak. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui yang melatarbelakangi perilaku anti sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan studi pustaka dari berbagai artikel dengan kata kunci “anti sosial anak” terbitan 10 tahun terakhir agar memperoleh kebaharuan data. Hasil dari penelitian ini adalah Faktor-faktor internal seperti emosi, intelegensi, kesehatan, jenis kelamin, dan kedudukan dalam keluarga dapat mempengaruhi terjadinya perilaku antisosial pada anak. Sementara itu, faktor eksternal seperti pengaruh media sosial, pola asuh, lingkungan sekolah, dan pergaulan dengan teman sebaya juga berperan dalam membentuk perilaku antisosial.

Abstract: Early childhood is the initial foundation for determining development in adulthood, including forming children's character. Therefore this study aims to determine the background of anti-social behavior. The research method used is descriptive qualitative with literature study from various articles with the keyword "anti-social children" published in the last 10 years in order to obtain updated data. The results of this study are internal factors such as emotions, intelligence, health, gender, and position in the family can influence the occurrence of antisocial behavior in children. Meanwhile, external factors such as the influence of social media, parenting style, school environment, and association with peers also play a role in shaping antisocial behavior..


Keywords


Early childhood; Anti-social; Character Education.

Full Text:

PDF

References


Afidah, N., Rahmatullah, A. S., & Madjid, M. N. (2022). Efektivitas Metode Islamic Montessori dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3739–3758. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2375

Ajarita, S., Hayati, F., & Fitriani. (2021). Analisis perilaku anti sosial anak usia 4-5 tahun di TK Al-Washliyah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–13.

Aprily, N. M., Rizqi, A. M., & Purwati, P. (2021). Cageur Bageur Bener Pinter Singer: Filosofi Pengasuhan Sunda Dalam Pendidikan Karakter Di Raudhatul Athfal (Ra). JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 11–24. https://doi.org/10.21009/jiv.1601.2

Asma Fadhilah, H., Siti Aisyah, D., & Karyawati, L. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 5(2), 90–104.

Bahri, A. S., Hasan, B. B. M., Arifudin, O., Darmawan, I. P. A., Fitriana, F., Arfah, A., Rambe, P., Saputro, A. N. C., Puspitasari, I., Lestariningrum, Anik Larasati, R. A., Panma, Y., Clara, H., & Irwanto, I. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis. CV widina media utama.

Endang Sri Wahyuni, & Nawasari Indah Putri. (2022). Sosialisasi Pencegahan Stunting Di Desa Banjar Negara Kecamatan Baradatu. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 1–7. https://doi.org/10.55784/jompaabdi.v1i3.162

Faiz, A. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter Di Indonesia. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(2), 82. https://doi.org/10.24114/jpbp.v27i2.24205

Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Journal Education and Development, 10(2), 315–318.

Gustia, E. (2017). Tampilan Perilaku Anti Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–9. https://doi.org/10.29210/3003211000

Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Perilaku Berbagi Dan Menolong Pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 33–42. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.703

Khulusinniyah, & Farhatin Masruroh. (2019). Optimalisasi Pengelolaan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edupedia, 4(1), 59–66. https://doi.org/10.35316/edupedia.v4i1.526

Mawaddati. (2022). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Lintang Alih Di Pondok Pesantren Anak Ibrohimiyyah. Wawasan Pendidiikan, 2(2), 556–565. http://journal.upgris.ac.id/index.php/wp

Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127–131. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533

Nafi’ah, Z., Kusumastuti, N., & Dwi Sukmono, N. (2022). Perilaku Antisosial Anak dimasa Pembelajaran New Normal Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 232–238. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1840

Purwati, P., Darisman, D., & Faiz, A. (2022). Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi dalam Praksis Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3729–3735. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2733

Ramandhini, rifdah fauziah, Rahman, T., & Purwati, P. (2021). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Khazanah Pendidikan:Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 34–51. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15951

Rambe, J. N. A., & Nasriah, N. (2021). Perilaku Anti Sosial Anak Usia 5-6 Tahun dan Cara Guru Menangani di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Perdagangan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 142–151. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i2.7506

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Setiyaningsih, L. A., Fahmi, M. H., & Molyo, P. D. (2021). Selective Exposure Media Sosial Pada Ibu dan Perilaku Anti Sosial Anak. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i1.65

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05

Utami, N., & Mayar, F. (2021). Kajian Literatur Perilaku Agresi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10498–10501.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i2.15580

Refbacks



Copyright (c) 2023 Purwati Purwati, Siska Amaliyah, Yani Nuraeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: