Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Dewi Nurjanah, Ahmad Agung Yuwono Putro

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan media pembelajaran pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 2 Padokan. Di era saat ini berpikir kritis merupakan hal terpenting yang harus dikembangkan didalam diri siswa. Apabila didalam diri siswa sudah tertanam kemampuan berpikir kritis, dapat dimanfaatkan untuk menggali potensinya dalam melihat, memahami dan menyelesaikan suatu permasalahan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan perencanaan pembelajaran meliputi persiapan guru sebelum mengajar, pemilihan media sesuai materi dengan memilih media yang tidak rumit. Pelaksanaan pembelajaran dimulai dari guru menyampaikan tujuan pembelajaran hingga diakhiri dengan evaluasi. Kemampuan berpikir kritis siswa meliputi siswa mampu menganalisis pendapat, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, memecahkan permasalahan dengan bantuan guru menganalogikan kasus yang mirip/video, membuat kesimpulan dan mengevaluasi/menilai berdasar pengamatan meskipun guru harus memberikan penjelasan tambahan. Kendala yang dialami oleh guru berupa waktu & biaya yang diperlukan dalam membuat media.

Abstract: This study aims to describe the implementation of the use of instructional media on the critical thinking skills of fourth grade students at SD Negeri 2 Padokan. In the current era, critical thinking is the most important thing that must be developed in students. If students have instilled the ability to think critically, it can be used to explore their potential in seeing, understanding and solving a problem. This type of research uses descriptive qualitative methods with data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. Data analysis using data reduction, data presentation and conclusion. This study shows that lesson planning includes teacher preparation before teaching, selection of media according to the material by choosing media that is not complicated. The implementation of learning starts from the teacher conveying the learning objectives to ending with an evaluation. Students' critical thinking skills include students being able to analyze opinions, ask questions, answer questions, solve problems with the help of the teacher analogous to similar cases/videos, make conclusions and evaluate/assess based on observations even though the teacher has to provide additional explanations. Constraints experienced by teachers in the form of time & costs required in making media.

 


Keywords


Implementation Media Learning; Think Critical; Elementary school.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa di Sekolah Menengah Pertama. JURNAL PARIS LANGKIS Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 68–82.

Amalia, A., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPA di SDN Karang Tengah 11 Kota Tangerang. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(1), 33–44.

Arianti. (2019). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Asrul, Saragih, A. H., & Mukhtar. (2022). Evaluasi Pembelajaran. Perdana Publishing.

Budiono, H., & Utomo, A. (2020). Strategi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 138–145.

Farida, A., Kasiyun, S., Ghufron, S., & Djazilan, M. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Analogi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Mapel Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2922–2930.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Peranan Kemampuan Verba Dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, 5(2), 110–119. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669

Nuraida, D. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51–60.

Panambaian, T. (2020). Penerapan Program Pengajaran dengan Model Blended Learning pada Sekolah Dasar di Kota Rantau. 22(1), 52–68.

Pratiwi, N. S., Chan, F., & Zahyuni, V. (2022). Kendala Guru Dalam Menentukan Media Yang Tepat Pada Pembelajaran Ppkn Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4946–4953.

Rozali, A., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2022). Kajian Problematika Teacher Centered Learning Dalam Pembelajaran Siswa Studi Kasus: SDN Dukuh, Sukabumi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 77–85.

Satriani. (2018). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton Ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1), 47–54.

Siregar, Y. (2015). Kompetensi Guru dalam Bidang Strategi Perencanaan dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 39–48.

Sitohang, M. N. M. (2017). Penggunaan Bahasa Daerah Sebagai Bahasa Pengantar di Kelas Rendah Sekolah Dasar di Kota Palangka Raya. Suar Betang, 12(2), 129–136.

Suhandi, A. (2017). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 168–184.

Syafitri, E., Armanto, D., Rahmadani, E., Medan, U. N., Matematika, P., & Asahan, U. (2021). Aksiologi kemampuan berpikir kritis. 4307(3), 320–325.

Widyanto, I. P., & Vienlentia, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik menggunakan Student Centered Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(4), 149–157.

Wulandari, F. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar (Kajian Literatur), 3(2), 105–110. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2158

Wulandari, S., & Nana. (2021). Studi Literatur Penggunaan PBL Berbasis Video untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(1), 7–17.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i2.15741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dewi Nurjanah, Ahmad Agung Yuwono Putro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: