Analisis Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Penguatan Karakter Melalui Kegiatan Suara Demokrasi OSIS Di SMP

Alfina Salsabila, Pingkan Aprileni Memorika Rianto, Nabila Hafizhah, Fershanda Vivi Hartono, Sri Wahyuni

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis karakter siswa pada Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5 yang sesuai dengan program kurikulum merdeka melalui kegiatan suara demokrasi OSIS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terletak di Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 7 dan kelas 8 dengan masing-masing kelas berjumlah 108 siswa yang akan mencalonkan diri sebagai pengurus OSIS serta kandidat ketua dan wakil ketua OSIS pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan tema suara demokrasi di dapat memberikan pengalaman baru bagi guru dan siswa. Siswa dapat menggunakan hak suaranya dalam kegiatan demokrasi ini dan memberikan pembelajaran pentingnya suara mereka untuk memilih pemimpin yang tepat.

Abstract: This research was conducted to analyze the character of students in the Implementation of the Pancasila P5 Student Profile Strengthening Project in accordance with the independent curriculum program through student council democratic voice activities. The method used in this research is descriptive qualitative research. This research was conducted at a junior high school (SMP) located in Maesan District, Bondowoso Regency. The research subjects were grade 7 and grade 8 students with each class totaling 108 students who will run for student council management as well as candidates for chairman and vice chairman of the student council in the 2023/2024 school year. Data collection techniques in this study were observation, interview, and documentation. The results showed that the implementation of the Pancasila student profile strengthening project (P5) with the theme of democratic voice can provide new experiences for teachers and students. Students can use their voting rights in this democratic activity and provide learning on the importance of their votes to choose the right leader.

 


Keywords


P5; Character Strengthening; Democracy; Student council.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aditya Dewantara, J., & Juliansyah, N. (2023). Identistas Nasional: Kontribusi Program P5 dalam Kurikulum Baru Guna Membangun Rasa Nasionalisme di SMP Negeri 16 Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 1–18.

Failani, A., & Wawan, R. S. (2023). Implementasi Kearifal Lokal Gusjigang dalam Mengoptimalkan Profil Pelajar Pancasila di SMP 2 Mejobo Kudus. ILUMINASI: Journal of Research in Education, 1(1), 71–88. https://doi.org/10.54168/iluminasi.v1i1.196

Hasanah, U., Sriwijayanti, R. P., & Hidayati, N. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Peer Teaching Methods Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di Smp Nurul Islam Kota Probolinggo. Maharsi, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.33503/maharsi.v5i2.3364

Khoeratunisa, S., Yektyastuti, R., & Helmanto, F. (2023). NCOINS : National Conference Of Islamic Natural Science ( 2023 ) Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus Eksplorasi Kebhinekaan Global Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. 478–493.

Nurjanah, K., & Saadah, H. (2022). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema suara demokrasi di SMK Setia Karya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 5(2), 27–33.

Puji Utami, P., & Purwanto, T. (2022). Peran organisasi intra sekolah (osis) dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4, November, 245–252.

Qomariyah, R. S., Hasanah, P. S. N., & Putri, T. F. (2022). Meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila Pada Siswa Melalui Program P5 Tari Kreasi. Desember, 01(01), 185–190.

Rukmini, B. S. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan DEWANTARA, 7, 40–47. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/102%0Ahttps://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/download/102/66

Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2024). Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ) Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). 02(01), 84–90.

Ulfah, N., Sumardiyani, L., Ardini, S. N., & Pramesti, M. R. D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Tema Suara Demokrasi Di Smk Negeri 6 Semarang. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 455–462. https://doi.org/10.55681/primer.v1i4.178

Yuliastuti, S., Ansori, I., & FAthurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK, 51(2), 76–87.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i1.19975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alfina Salsabila, Pingkan Aprileni Memorika Rianto, Nabila Hafizhah, Fershanda Vivi Hartono, Sri Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: