PERAN GURU DALAM TRANSISI PAUD KE SD YANG MENYENANGKAN UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERISASI
Abstract
Abstrak: Masa transisi PAUD ke SD menjadi suatu peristiwa yang besar, terlebih pada sisi peserta didik maupun keluarga. Sebab, bagi beberapa anak masa transisi dapat menjadi masa di mana dapat mempelajari hal-hal baru. Di saat yang sama, bagi sebagian anak masa transisi dipandang sebagai masa ketidakpastian dan kekhawatiran tentang hal-hal yang tidak diketahui sebelumnya. Guru memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama pada anak umur usia dini. Kemampuan literasi dan numerisasi menjadi salah satu kemampuan yang dapat memengaruhi bahkan menentukan perkembangan anak pada fase selanjutnya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini terletak pada peran guru dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerisasi akan ditinjau lebih jauh dalam penelitian ini. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dalam melihat dan menganalisis suatu objek atau persitiwa yaitu peran guru dalam transisi PAUD ke SD. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi berupa sumber, teknik, dan waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peran penting seorang pendidik atau guru PAUD dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerisasi peserta didik sebagai persiapan transisi PAUD ke SD. Keempat peran guru PAUD terimplementasikan dengan baik, mulai dari peran guru sebagai fasilitator, motivator, model perilaku anak, dan guru sebagai pengamat.
Abstract: The PAUD to elementary school transition period is a big event, especially for the students and their families. Because, for some children, the transition period can be a time where they can learn new things. At the same time, for some children the transition period is seen as a time of uncertainty and worry about things previously unknown. Teachers have an important role in encouraging children's growth and development, especially in early childhood. Literacy and numeracy skills are one of the abilities that can influence and even determine a child's development in the next phase. Therefore, the aim of this research lies in the role of teachers in improving literacy and numerization skills which will be reviewed further in this research. The method in this research uses a descriptive qualitative approach in viewing and analyzing an object or event. This research uses data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. Meanwhile, the validity of the data uses triangulation techniques in the form of sources, techniques and time. The results of this research show the important role of a PAUD educator or teacher in improving students' literacy and numeracy skills as preparation for the transition from PAUD to elementary school. The four roles of PAUD teachers are implemented well, starting from the teacher's role as facilitator, motivator, model of child behavior, and teacher as observer.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Benedict, E. A., Horner, R. H., & Squires, J. K. (2007). Assessment and implementation of positive behavior support in preschools. Topics in Early Childhood Special Education, 27(3), 174–192.
Copple, C., & Bredekamp, S. (2009). Developmentally appropriate practice in early childhood programs serving children from birth through age 8. ERIC.
Cunningham, C. P. (2016). Transition Strategies in Early Childhood Settings.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Remaja Rosdakarya.
Dockett, S., & Perry, B. (2007). Transitions to school: Perceptions, expectations, experiences. UNSW press.
Fabian, H., & Dunlop, A.-W. (2002). Transitions in the Early Years: Debating continuity and progression for young children in early education. Routledge.
Fadhilah, M. N. (2021). Implementasi Teori Belajar Humanistik terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III A MI Islamiyah Malang. IBTIDA’, 2(01), 23–32.
Faridah, I., Rachmawaty, M., Maryati, S., Adiarti, W., & Zukhairina. (2021). Bahan Ajar Program Transisi Paud-Sd. 1–38.
Hurlock, E. B. (2000). Perkembangan Anak (A. bahasa: M. M. T. dan M. Zakarsih (ed.)). Erlangga.
Irfan, I., Prastowo, A., & Romadhon, K. (2022). Implementasi Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Era Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 63–78.
Irianto, B. (2017). Bahan Ajar Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud.
Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356–465.
Marjan, J., & Hilmi, M. Z. (2020). Penyesuaian Diri Anak-Anak Di Lingkungan Sekolah. SOSIO EDUKASI Jurnal Studi Masyarakat Dan Pendidikan, 4(1), 33–38. https://doi.org/10.29408/sosedu.v4i1.4111
Mirascieva, S. (2011). Didactical principles in the teaching and education for human relations. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 15, 1401–1403.
Murati, R. (2015). The role of the teacher in the educational process. The Online Journal of New Horizons in Education, 5(2), 75–78.
Pirskanen, H., Jokinen, K., Karhinen-Soppi, A., Notko, M., Lämsä, T., Otani, M., Meil, G., Romero-Balsas, P., & Rogero-García, J. (2019). Children’s emotions in educational settings: Teacher perceptions from Australia, China, Finland, Japan and Spain. Early Childhood Education Journal, 47, 417–426.
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140
Risley, H. and. (1995). Meaningfull differences. Paul Brookes.
Ritonga, A. W., Wargadinata, W., Hasan, N., & Ahmad, B. M. B. (2021). Teacher’s challenges in implementing HOTS in learning Arabic during Covid-19 pandemic.
Rustiyana. (2023). Tantangan Terbesar Kebijakan Transisi PAUD ke SD, Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat.
Sardiman. (1992). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Setyani, N. H., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2023). Pengembangan Keterampilan Numerasi Dan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Bahan Alam. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(3), 55–73.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatitf, dan RnD. Alfabeta.
Sumitra, A., Nurunnisa, R., & Lestari, R. H. (2021). The role of teachers in planning early childhood learning. 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 90–93.
Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Sekolah Tinggi Theologi Jaffray.
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i4.20519
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Herliany Rosma Kasih, Erna Zumrotun, Muhammad Nofan Zulfahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: