Landasan Pendidikan Karakter dalam Pandangan Teori Perkembangan Moral Kognitif

Achmad Fauzi, Aan Hasanah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menginvestigasi landasan pendidikan karakter dalam pandangan teori perkembangan moral Kohlberg dan Piaget. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan kriteria tertentu untuk memastikan keakuratan dan keterkaitan dengan topik penelitian. Dalam penelitian ini, tidak ada partisipan langsung yang terlibat. Pendekatan studi kepustakaan mengharuskan pengambilan data dari berbagai sumber perpustakaan seperti buku, artikel jurnal, dan materi tercetak terkait. Teknik pengumpulan data melibatkan penggunaan instrumen analisis literatur yang terdiri dari analisis isi dan analisis tematik. Bahan pustaka yang dianalisis termasuk buku teks, artikel jurnal ilmiah, laporan riset, serta materi pendukung seperti pedoman kurikulum dan kebijakan pendidikan. Analisis isi dilakukan untuk mengidentifikasi tema-tema utama, konsep, dan definisi yang relevan dengan landasan pendidikan karakter. Selain itu, analisis tematik digunakan untuk mengorganisir dan memahami pola-pola ide dan gagasan yang muncul dari literatur yang dianalisis, dengan fokus pada aspek karakter dan pendidikan.

Abstract: This research uses a qualitative approach to investigate the foundations of character education in the perspective of Kohlberg and Piaget's moral development theories. The research utilizes a bibliographic approach with specific criteria to ensure the reliability and relevance of the sources to the research topic. In this research, there is no direct participation involved. The bibliographic approach requires data collection from various library sources such as books, journal articles, and printed materials. Data collection techniques involve the use of analytical tools for literature analysis, which include content analysis and thematic analysis. The analyzed materials include textbooks, journal articles, research reports, and supporting materials such as curriculum guidelines and educational policies. Content analysis is used to identify main themes, concepts, and definitions relevant to character education. Thematic analysis is used to organize and understand the patterns of ideas and concepts that emerge from the analyzed literature, focusing on aspects of character and education.


Keywords


Character education; Cognitive moral development theory; Morality; Ethics.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aan Hasanah. (2013). Pendidikan Karakter Berspektif Islam. Insan Komunika.

Amalia, E., Bani, S., & Komariah, D. (2023). Efektivitas Pendidikan Karakter Melalui Metode Jurnal Refleksi Harian Siswa KELAS III A SDN 262 Panyileukan Kota Bandung. Journal on Education, 06(01), 4492–4498.

Apriani, R., Nafi, M., & Nursikin, M. (2022). Evaluasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 2233–2241.

Farihen. (2013). Implikasi Penerapan Teori Perkembangan Modal Jean Piaget Dalam Pendidikan Moral Anak. In Jurnal Teknodik (hal. 240–254). https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.24

Fithriyana, E. (2019). Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Sekolah Berasrama. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 42–54. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.210

Ginting, F. (2016). Peran Pendidik Sebagai Role Model Dalam Pengembangan. The Progressive and Fun Education Seminar, 532–537.

Gunawan Wibowo. (2020). Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. PWM Jawa Tengah. https://pwmjateng.com/pengintegrasian-pendidikan-karakter-dalam-pembelajaran-di-sekolah/

Khairunnisa. (2019). Teori Moral Development Lawrence Kohlberg dalam Perspektif Pendidikan Islam. Repository.Uinjkt.Ac.Id, 92. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/47869%0Ahttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/47869/1/KHAIRUNNISA-FITK.pdf

Khoirun Nida, F. L. (2013). Intervensi Teori Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg Dalam Dinamika Pendidikan Karakter. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 271–290. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.754

Kusumawati, Y. (2020). Analisis Perkembangan Moral Anak Sd/Mi. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 194–208. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.569

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Muchlas, S., & Hariyanto. (2014). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. In Remaja Rosdakarya.

Nanang Abdillah. (2019). Grand Design Pendidikan Karakter Menuju Kecerdasan Emosional Spiritual. Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 12(1), 38–52. https://doi.org/10.37812/fikroh.v12i1.39

Nopan Omeri. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3), 464–468.

Ratnawati. (2018). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Ratnawati STMIK AKBA Email : [email protected] Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Ratnawati, 1(3), 1–11.

Refiyanti. (2016). Analisis Evaluasi Pembelajaran Moral Dan Agama Anak Usia Dini Di Taman Kanak Kanak 17 Margomulyo Tegineneng Pesawaran. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Nomor 1). https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa

Rohman, A., Salamah, U., & Yaqin, H. (2022). Studi Komparatif Perkembangan Moral Anak Usia Dini Dan Anak Usia Remaja Perspektif Teori Lawrence Kohlberg (Mi Sholbiyah Dan Ma Salafiyah As-Syafi’Iyyah Bojonegoro). Jurnal Darma Agung, 30(2), 243. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1669

Shodiq, S. F. (2017). Pendidikan Karaktermelalui Pendekatan Penanaman Nilai Danpendekatan Perkembangan Moral Kognitif. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(01), 14–25. https://doi.org/10.24127/att.v1i01.332

Suparno, S. (2020). Konsep Penguatan Nilai Moral Anak Menurut Kohlberg. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 58–67. https://doi.org/10.37812/zahra.v1i2.124

Suryantiningsih. (2018). Peningkatan Pemahaman Nilai Moral Melalui Metode Diskusi Dilema Moral Pada Siswa Kelas Iv a Sd Negeri Sendangsari, Pajangan, Bantul Improving Moral Value Understanding Through Moral Dilemma Discussion Methods in Class Iv a Students of Sendangsari, Pajanga. 7(20), 732–740.

Thomas Lickona. (2015). Educating For Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter (Uyu Wahyuddin dan Suryani (ed.); Edisi Revi). Bumi Aksara.

Yuni Sugiarti, Y. S. (2013). Peranan Teknologi Internet Dalam Membangun Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Teknodik, 145–154. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.97

Zamathoriq, D. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 124–131. https://doi.org/10.58258/jime.v7i4.2396




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i1.22346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Achmad Fauzi, Aan Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: