E-LKPD Berbasis Probing Prompting pada Materi Gaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPAS Kelas IV SD

Mia Amita Sari, Wahyu Kurniawati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektivan dari E-LKPD Berbasis Probing Prompting dalam meningkatkan prestasi belajar IPA khususnya materi gaya pada kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pengembangan (R&D). Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Ambarbinangun yang terletak di Kalipakis, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian ini yaitu kelas IVA dengan 17 siswa yang merupakan kelas Eksperimen dan kelas IVB dengan 21 siswa yang merupakan kelas Kontrol. Teknik untuk mengumpulkan data di penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, serta angket. Hasil penelelitian menunjukkan bahwa E-LKPD Berbasis Probing Prompting efektif untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya pada materi gaya hal ini terbukti dengan peningkatan nilai siswa yang signifikan. Dengan adanya E-LKPD ini memberikan pengalaman baru bagi guru dan siswa karena pembelajaran dilakukan dengan menggunakan smartphone dan dilengkapi dengan beberapa gambar dan video sehingga siswa menjadi tertarik untuk belajar.

Abstract: This study was conducted to determine the effectiveness of Probing Prompting-Based E-LKPD in improving science learning achievement, especially style material in grade IV elementary school. The method used in this research is development (R&D). This research was conducted at SD Muhammadiyah Ambarbinangun located in Kalipakis, Tirtonirmolo, Kasihan District, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta. The subjects of this study were class IVA with 17 students which was an Experimental class and class IVB with 21 students which was a Control class. Techniques to collect data in this study used observation, interviews, documentation, and questionnaires. The results of the study showed that E-LKPD Based on Probing Prompting is effective for increasing learning achievement, especially in style material, this is evidenced by a significant increase in student scores. With the existence of E-LKPD, it provides a new experience for teachers and students because learning is carried out using smartphones and is equipped with several pictures and videos so that students become interested in learning.


Keywords


E-LKPD; Probing Prompting; Learning Achievement; IPAS.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Afrianti, M. N., & Marlina, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Probing-Prompting bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Basicedu, 5(1), 272–279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.653

Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 7(1), 1. https://doi.org/10.26714/jps.7.1.2019.1-7

Derniati, R., Hutapea, N. M., Suanto, E., Bina, K., Km, W., Baru, S., Tampan, K., & Pekanbaru, K. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Transformasi Berbasis Problem Based Learning. 06(02), 2144–2159.

Dukungan, H., Terhadap, K., Pasien, M., & Stroke, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(2008), 1707–1715.

Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 18(2), 218–229. https://doi.org/10.21831/jep.v18i2.41224

Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185–194. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i2.1360

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Pamungkas, N. E., & Fitriyani, F. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Materi Magnet. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 91–102. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v5i1.1205

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Ii Di Sd Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementation of Independent Curriculum in Driving School. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Reseacrh and Development). (2021). 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130

Wandari, A., Kamid, K., & Maison, M. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 47. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.232

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i1.22687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mia Amita Sari, Wahyu Kurniawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: