Penerapan Media Belajar Interaktif Forest Math untuk Materi Bangun Ruang Tingkat SMP/MTs

Rio Febrianto Arifendi, Riantina Fitra Aldya

Abstract


Abstrak: Pembelajaran di alam mampu memberikan beberapa keunggulan bagi peserta didik, dimana kegiatan belajar yang dilakukan di luar kelas seperti di halaman sekolah, taman, hutan, dan lain sebagainya mampu mengembangkan tidak hanya aspek kognitif namun juga aspek sosial, emosional dan moral peserta didik, sehingga perlu adanya media yang dapat membantu proses pembelajaran peserta didik diluar kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media interaktif Forest Math mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada materi bangun ruang tingkat SMP/ MTs. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen menggunakan one group pretest-posttest design, populasinya adalah 25 siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah 1 Malang khususnya pada materi Bangun Ruang Matematika untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar melalui pengukuran skor N-Gain menggunakan angket dan lembar tes. Penerapan media ini juga mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan hasil dari perhitungan N-Gain adalah 0,36 dengan kategori sedang, dengan persentase peningkatan motivasi siswa pada saat pretest dan postest adalah sebesar dari 32,5%, sedangkan pada hasil belajar menunjukan hasil 0,45 dengan persentase peningkatan hasil belajar siswa pada saat pretest dan postest adalah sebesar dari 47,8%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya media interaktif Forest Math pada saat pembelajaran bangun ruang Matematika.

Abstract: Learning in nature is able to provide several advantages for students, where learning activities carried out outside the classroom such as in school yards, parks, forests, and so on are able to develop not only cognitive aspects but also social, emotional and moral aspects of students, so there is a need for media that can help the learning process of students outside the classroom. The aim of this research was to find out how the application of interactive media Forest Math can increase motivation and learning outcomes in SMP/MTs spatial building material. This research used Quasi Experiment of one group pretest-posttest design, the population was 25 students of VIII grade at MTs Muhammadiyah 1 Malang, especially on the Mathematics Space Building material to determine its effect on motivation and learning outcomes through measuring N-Gain scores using questionnaires and test sheets. The application of this media was also able to increase student motivation and learning outcomes with the results of the N-Gain calculation being 0.36 in the medium category, with the percentage increase in student motivation during the pretest and posttest being 32.5%, while the learning outcomes show results 0.45 with a percentage increase in student learning outcomes during the pretest and posttest of 47.8%. This showed that there is an increase in student motivation and learning outcomes after implementing the interactive media Forest Math when learning Mathematics.


Keywords


Learning Media; Interactive; Forest Math; Build Space; Maths.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aldya, R. F., & Arifendi, R. F. (2021). Botanical application: Android-based learning media to enhance interest in learning plant material. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 6(01), 17–25. https://doi.org/10.33503/ebio.v6i01.1246

Alfath, M. F., Fanani, L., & Kharisma, A. P. (2023). Pengembangan Aplikasi Berlatih Membaca Cepat Berbahasa Inggris Berbasis Progressive Web App dengan Metode Prototyping. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 10(7), 1461–1468. https://doi.org/10.25126/jtiik.1077982

Alomary, A., & Woollard, J. (2017). The Determinants Influencing Saudi Undergraduate Students’ Motivation and Acceptance of Tablet Use in Learning. International Journal of New Technologies in Science and Engineering, 4(1), 1–12.

Azzi, I., Radouane, A., Laaouina, L., Jeghal, A., Yahyaouy, A., & Tairi, H. (2024). Fuzzy Classification Approach to Select Learning Objects Based on Learning Styles in Intelligent E-Learning Systems.

Gafoor, K., & Kurukkan, A. (2015). Why High School Students Feel Mathematics Difficult? UGC Sponsored National Seminar on Pedagogy of Teacher Education Trends and Challenges, August, 1–6. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.18880.12800

Kiviranta, L., Lindfors, E., Rönkkö, M. L., & Luukka, E. (2024). Outdoor learning in early childhood education: exploring benefits and challenges. Educational Research, 66(1), 102–119. https://doi.org/10.1080/00131881.2023.2285762

Lee, J. K., Lee, I. S., & Kwon, Y. J. (2011). Scan & Learn! Use of quick response codes & smartphones in a biology field study. American Biology Teacher, 73(8), 485–492. https://doi.org/10.1525/abt.2011.73.8.11

Purbaningrum, M., Ramadhan, S., & Thauzahra, R. (2023). Why is Math Difficult? : Beliefs That Affecting Students’ Mathematics Skills. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1000. https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.8652

Putra, J. S., Irwandi, E., Kimberly, K., Samuella, A., Eleora, T., Anton, J. A., & Yosela, S. (2022). Perancangan Media Interaktif dengan Pendekatan Desain Thinking untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan. De-Lite: Journal of Visual Communication Design Study & Practice, 2(1), 50. https://doi.org/10.37312/de-lite.v2i1.5772

Sahriza Daan Nur, M. A., Purba, H. S., Saputra, N. A. B., Wiranda, N., & Adini, M. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Dengan Pendekatan Gamifikasi Pada Materi Css Dasar. Computing and Education Technology Journal, 3(2), 48. https://doi.org/10.20527/cetj.v3i2.10700

Susanto, P. (2019). Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone. Pendi Susanto, Produktivitas Sekolah (Bandung : Alfabeta, 2016), h. 6. 892. Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 892–907.

Triana, R. Y., Umari, T., & Syafriafdi, N. (2024). Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Permainan Tongkat Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMPN 5 Dayun. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 504514. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1820

Utomo, & Tiara Agustin, N. (2024). The Peran Guru Dalam Mengaplikasikan Strategi Manajemen Kelas yang Efektif dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(1), 64–68. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i1.134




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i2.23690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rio Febrianto Arifendi, Riantina Fitra Aldya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: