Strategi Guru dalam Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Siswa SD
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi guru dalam Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa SD Negeri 1 Kawan Bangli; dan (2) mengetahui kendala dalam penguatan nilai-nilai pendidikan karakter siswa di SD N 1 Kawan Bangli. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Wali Kelas 1-6, dan Guru Agama Hindu. Objek Penelitian pada Penelitian ini adalah stategi guru dalam Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan (1) ada empat strategi yang digunakan oleh guru dalam penguatan nilai-nilai pendidikan karakter, yakni (a) pembiasaan; (b) kegiatan spontan; (c) keteladanan; dan (d) pengondisian; (2) kendala yang dialami oleh guru dalam penguatan nilai-nilai pendidikan karakter di SD N 1 Kawan Bangli adalah pengondisian siswa.
Abstract: This research aims to (1) find out teachers' strategies for strengthening the character education values of students at SD Negeri 1 Kawan Bangli; and (2) find out the obstacles in strengthening the character education values of students at SD N 1 Kawan Bangli. This type of research is qualitative descriptive research. The subjects of this research were the Principal, Home Teacher for Classes 1-6, and Hindu Religion Teacher. The object of research in this research is teacher strategies in strengthening character education values. The data collection methods used were observation and interviews. The results of this research show (1) there are four strategies used by teachers in strengthening character education values, namely (a) habituation, (b) spontaneous activities, (c) example, and (d) conditioning; (2) The obstacle experienced by teachers in strengthening the values of character education at SD N 1 Kawan Bangli is student conditioning.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
AI Agustina. (2022). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41.
Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Ananda, D. R. (2003). Analisis Strategi Guru PPKn Dalam Menanamkan Nilai Karakter Integritas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Muaro Jambi. 1–7.
Aziza, N. (2017). Jenis dan Pendekatan Penelitian Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 45–54.
Demilia, F., & Rozie, F. (2023). Pola Penerapan Sanksi Berjenjang Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Belajar Siswa Kelas II SDN Mundusewu III Jombang. Journal of Education for All, 1(3), 195–204. https://doi.org/10.61692/edufa.v1i3.53
Kusumaningrum, K. (2017). Strategi Guru Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik di MI Sunan Ampel Bono Boyolangu. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Lestari, A. D. (2021). Strategi Guru Kelas Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Kelas III.
Maulida, N. T. (2020). Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Buku Tematik Kelas Iv Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup.
Noor (2011: 138). (2020). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Pada Karangan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rahmatia Putri, S., Nisa, K., & Tahir, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Negeri Panda Kabupaten Bima Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2289–2302. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.964
Saputra, A. E. (2019). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa dan Siswi SMP PGRI 6 Bandar Lampungle. Skripsi, 1316011009, 1–81.
Sigiyono, A. (2016). Dampak Keberadaan IT di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kab. Sleman. 32–41.
Sulastri, N. (1945). Analisis Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Kelas V SDN 145 Randanan.
Zubaedi. (2018). Desain Pendidikan Karakter (Jakarta : Kencana Prenada Media Group,2012,Cet.2) hlm. 12 23. Pendidikan Karakter, 18–58.
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i2.23957
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Avita Damayanti, I Nengah Sueca, Ni Wayan Sri Darmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: