Strategi Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia melalui Program Literasi Digital di Sekolah

Siti Fatimah Azzahra, Yayah Rahyasih

Abstract


Abstrak: Penelitian ini mengeksplorasi peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) melalui literasi digital di SMA BPI 1 Kota Bandung. Studi ini berfokus pada program literasi digital dapat menjadi strategi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam lingkup sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data pada penelitian ini meliputi proses mereduksi data, menyajikan data dan menarik Kesimpulan dengan subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah serta tim literasi di SMA BPI 1 Kota Bandung. Hasil studi mengindikasikan bahwa literasi digital berperan dalam meningkatkan mutu SDM dengan mengadakan program literasi digital seperti penulisan karya tulis ilmiah, penguatan ekstrakulikuler dengan system STEM, pembuatan rubrik elektronik melalui website, serta pengadaan bahan bacaan digital. Hal tersebut dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan teknologi, keterampilan informasi, dan kreativitas guru dan siswa. SMA BPI 1 Kota Bandung menjadi salah satu sekolah yang memiliki ciri khas program unggulan STEM dan layanan digital di Jawa Barat.

Abstract: This study explores improving the quality of human resources (HR) through digital literacy at SMA BPI 1 Bandung City. This study focuses on digital literacy programs can be a strategy to improve the quality of human resources within the scope of schools. The research method used is descriptive with a qualitative approach. Data analysis in this study includes the process of reducing data, presenting data and drawing conclusions with the research subjects of the principal, vice principal and literacy team at SMA BPI 1 Bandung City. The results of the study indicate that digital literacy plays a role in improving the quality of human resources by holding digital literacy programs such as writing scientific papers, strengthening extracurriculars with the STEM system, creating electronic rubrics through websites, and procuring digital reading materials. This can be done to improve the ability of technology, information skills, and creativity of teachers and students. SMA BPI 1 Bandung City is one of the schools that has the characteristics of superior STEM programs and digital services in West Java.


Keywords


Quality of Human Resources; Digital Literacy School.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications.

Firmansyah, M. D. (2024). Transformasi Pendidikan Melalui Kolaborasi Pemerintah , Swasta , Dan Masyarakat Untuk Literasi Digital Demi Pembangunan Berkelanjutan. 1(4), 317–327 https://doi.org/10.62017/merdeka.

Fuadah, A. T., Mudjenan, I. M., & Hasan, M. L. (2023). Persfektif; Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ), 02(02), 154–164. Vol. 02 No. 02 (2023): Juni 2023

Gunawan, E. A. (2024). Menuju Masyarakat Mandiri Dan Berkelanjutan : Sinergi Literasi Digital Dan Pembangunan Berkelanjutan 2030. 1(4), 336–342. Vol. 1, No. 4 April 2024

Hidayat, A., Muharomah, D. R., Putri, V. K., Ramadhan, M. H., Mubarok, A., & Jundi, R. (2023). Literasi Digital Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 146–152. https://doi.org/10.55883/jipam.v2i3.68

Mudarris, B. (2022). Profesionalisme Guru Di Era Digital ; Upaya Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan. 2(November 2022), 712–731. Volume 2, Nomor 6, November 2022; 712-73. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/alsysJurnal

Omayra, Y. (2021). Dimensions and Strategies To Improve the Quality of Education and Its Impact on the Development of Community Human Resources. Jurnal Bina Ummat: Membina Dan Membentengi Ummat, 4(2), 77–94. https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v4i2.114

Rahma, M. M. (2024). Peran Literasi Digital Dalam Mewujudkan Desa Cerdas Dan Sgds 2030 Pada Era Disruptif. 1(5), 186–197. Vol. 1, No. 5 Juni 2024, Hal. 186-197

Ramadianti, A. N. (2024). Pemberdayaan Literasi Digital Sebagai Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas Untuk Mencapai Tujuan SDGS 2030. 1(5), 49–55. Vol. 1, No. 5 Juni 2024, Hal. 49-54.

Rosanti, A. Y., Amelia, R., & Sastrawati, E. (2023). Analisis Strategi Kemampuan Mahasiswa Dalam Memanfaatkan Literasi Digital. Innovative: Journal Of Social …, 3, 5075–5086. http://j innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6561%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/6561/4827

Saldana, J. (2015). The Coding Manual for Qualitative Researchers. SAGE Publications.

Stevani, A. M., Nugraheni, N., Semarang, U. N., Semarang, K., & Tengah, J. (2024). 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Optimalisasi Literasi Digital untuk Mencapai Pendidikan Berkualitas Menuju Sustainable Development Goals ( SDGs ) 2030 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline. 2(4), 216–222. https://doi.org/10.5281/zenodo.11158152




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i2.24032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siti Fatimah Azzahra, Yayah Rahyasih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: