Implementasi Media Kartu Kwartet Cerita Indonesia pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD

Mita Patmawati, Sutrisno Sahari, Nur Salim

Abstract


Abstrak: IPS adalah salah satu pelajaran yang wajib dipelajari selama mengenyam pendidikan dasar. Untuk mempermudah jalannya proses pembelajaran diperlukan sebuah media. Kartu KWACI (Kwartet Cerita Indonesia) merupakan media pembelajaran IPS yang memuat materi faktor penjajahan. Penggunaan media yang tidak menghilangkan esensi dari permainan yakni, secara berkelompok dan mencari pasangan dari tiap-tiap kartu membuat rasa keingintahuan pada siswa tumbuh yang berakibat pada meningkatnya keaktifan siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sebelum media diterapkan dalam proses pembelajaran media telah diuji kevalidannya oleh ahli validator, hasil pengujian menghasilkan presentase akumulatif 92%. Hasil implementasi yang didapat berupa kepraktisan serta keefektifan dengan presentase kepraktisan 90% dan keefektifan akumulatif sebesar 85,8%. Presentase kepraktisan didapat berdasarkan angket respon guru sedangkan keefektifan didasarkan kepada tes. Hasil pengimplementasian media dapat menjadi tolak ukur bahwa media yang dikembangkan cocok untuk diterapkan di sekolah guna menunjang proses pembelajaran IPS.

Abstract: Social studies is one of the lessons that must be learned during primary education. To facilitate the learning process, a medium is needed. KWACI (Indonesian Story Quartet) card is a social studies learning media that contains material colonization factors. The use of media that does not eliminate the essence of the game, namely, in groups and looking for pairs of each card makes curiosity in students grow which results in increased student activeness. This research uses the R&D (Research and Development) method with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) approach model. Before the media is applied in the learning process, the media has been tested for validity by expert validators, the test results produce an accumulative percentage of 92%. The implementation results obtained in the form of practicality and effectiveness with a 90% practicality percentage and an accumulative effectiveness of 85.8%. The percentage of practicality is obtained based on the teacher response questionnaire while the effectiveness is based on the test. The results of implementing the media can be a benchmark that the media developed is suitable to be applied in schools to support the social studies learning process.


Keywords


Implementation; Quartet Cards; Sosial Studies Lessons.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agustina, Y., Sayrofi, A., Maulana, T. R., Santi, *, & Retno, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Roda Rumus Matematika Terhadap Teori Bangun Ruang Dan Bangun Datar. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 134–141. DOI: https://doi.org/10.17977/um078v4i22022p134-141

Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 40–48. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.3992

Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan Ips Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education,3(2),164–172. https://doi.org/10.58258/jime.v3i2.198

Ilham. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. In Ainara Journal (Vol. 2, Issue3).154-161 http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa (Vol. 2, Issue 1),17-26. http://jurnal.untirta.ac.id ›

Ismawati, S., & Mustika, D. (2021). Validitas Media Video Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran Tematik. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 291–297. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2785

Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan , 3(1), 46–56. doi: https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kartini, D., & Dewi, D. (2020). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. 3(1), 113–118. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1304

Megawati, P. (2015). Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Formatif, 2(3), 227–234. doi: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.105

Milala, H. F., Jurusan, J., Elektro, T., Teknik, F., & Jurusan, E. (2022). Keefektifan Dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player.195-202. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n02.p195-202

Nyoman Jampel, I., & Gde Wawan Sudatha, I. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. In Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 8, Issue 1).32-45. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049

Purwaningtyas, Wasis D, Dwiyogo, & Hariyadi, I. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Pendidikan Jamasmani,Olahraga, Dan Kesehatan Kelas XI Berbasis Online Dengan Program Edmodo. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 2(1), 121–129. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i1.8471

Safitri Hasanudin, S., Adi Putra, M. J., & Hermita, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kakli (Kartu Kwartet Literasi) Pada Materi Sumber Daya Alam. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 7(1), 93–98. https://doi.org/10.34125/kp.v7i1.649

Sumar, W. T. (2018). Implementasi Kompetensi Guru Mengelola Kurikulum K13 Dalam Pembelajaran Tematik Di Sdn Se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Pedagogika, 9(1), 71–87. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.28

Surahman, F., & Lenggang Dianasari, E. (2022). Pengembangan Media Kartu Kwartet Tema 9 Subtema 1 Dan Subtema 2 Kelas V Sekolah Dasar Swasta. In Jurnal Pendidikan MINDA (Vol. 3, Issue 2). 62-65. http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id

Umar, I. P., Uloli, R., & Jahja, M. (2023). Kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Materi Kalor di SMP Negeri 1 Tapa. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(1), 83–89. Retrieved from https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.416




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i2.24087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mita Patmawati, Sutrisno Sahari, Nur Salim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: