Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kolaborasi Tripusat Pendidikan

M. Alif Al Ghifari, Rahmat Rahmat

Abstract


Abstrak: Pendidikan dapat membangun karakter peserta didik dalam mengahadapi berbagai permasalah yang terjadi saat ini serta membekali dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan pada masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kajian literatur. Metode kajian literatur ini mengumpulkan data dari jurnal maupun buku yang bertujuan untuk mengkaji lebih mendalam mengenai urgensi penguatan pendidikan karakter, pendidikan karakter pada tripusat pendidikan serta penguatan pendidikan karakter melalui kolaborasi tripusat pendidikan. Setelah melakukan analisis data berupa reduksi, penyajian, dan verifikasi data, didapatkan hasil bahwa penguatan pendidikan karakter saat ini merupakan sebuah keharusan dan menjadi penting dalam membentuk peserta didik untuk menyelesaikan persoalan kompleks saat ini dan mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang. Penguatan pendidikan karakter dilaksanakan dengan tanggung jawab sekolah melalui berbagai kegiatan dengan melibatkan kerjasama dengan keluarga dan masyarakat. Kolaborasi dalam penguatan pendidikan karakter oleh tripusat pendidikan sangat penting demi membentuk karakter peserta didik yang maksimal dan optimal.

Abstract: Education can build the character of students in facing various problems that occur today and equip them to prepare themselves to face challenges in the future. This research is qualitative research using the literature review method. This literature study method collects data from journals and books with the aim of studying in more depth the urgency of strengthening character education, character education at the tricenter of education as well as strengthening character education through collaboration with the tricentre of education. After carrying out data analysis in the form of data reduction, presentation and verification, the result was that strengthening character education is currently a necessity and important in forming students to solve current complex problems and prepare themselves to face various challenges in the future. Strengthening character education is carried out with the school's responsibility through various activities involving collaboration with families and the community. Collaboration in strengthening character education by the tricenter of education is very important in order to shape the maximum and optimal character of students.

 


Keywords


Education Strengthening Character; Character of the Education Trip Centre.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Amaliyah, S. (2021). Konsep pendidikan keluarga menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal PendidikanTambusai, 5(1), 1766–1770. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1171

Anggreini, D., Kurniawati, Y., & Priyojadmiko, E. (2024). Analisis Penerapan Tri Pusat Pendidikan Dalam Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 480–487.

Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243

Arifin, M. F. (2017). Model kerjasama Tripusat Pendidikan dalam Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 78–86.

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(1), 105–113.

Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 14(2), 214–226. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i2.705

Dewantara, K. H. (2011). Bagian Pertama Pendidikan. Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Fanny, A. M. (2021). Sinergitas Tripusat Pendidikan Pada Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sd Dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasarar, V(November), 51–59.

Farida, S. (2016). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Islam. Kabilah, 1(1), 198–207.

Gestiardi, R., & Suyitno, S. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Sekolah Dasar Di Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.39317

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952

Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Khususnya Sma/Smk Di Zaman Serba Digital. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 101–109. https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.606

Lickona, T. (2012). CHARACTER MATTERS (PERSOALAN KARAKTER) Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya. Bumi Aksara.

Lickona, T. (2013). MENDIDIK UNTUK MEMBENTUK KARAKTER Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. Bumi Aksara.

Nurfalah, Y. (2016). Urgensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(1), 170–187. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.264

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106/1857

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2),135–146. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619

Supian, A. (2021). Model Pendidikan Karakter Di Masyarakat. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6(1), 106–113. https://doi.org/10.51729/6134

Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 192–204. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2290

Wahyudi, L. E., Alfiyan Mulyana, Ajrin Dhiaz, Dewi Ghandari, Zidan Putra Dinata, Muallimu Fitoriq, & M. Nur Hasyim. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies(MJEMIAS), 1(1), 18–22. https://jurnal.maarifnumalang.id/index.php/mjemias/article/view/3/3

Wahyuni, H. A., & Mubarok, H. (2022). Peran Pendidikan Pramuka dalam Pembentukan Karakter Bangsa Menuju Pembangunan Nasional. Linggau Jurnal of Elementary School Education, 2(1), 7–14.

Yunia, S. A. P., Liyanovitasari, Saparwati, M., & Studi Keperawatan Fakultas Keperawatan, P. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa Siswa. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(1), 55–64. https://doi.org/https://doi.org/10.32584/jikj.v2i1.296




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i3.24383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 M. Alif Al Ghifari, Rahmat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: