Pembentukan Nilai Religius dan Nilai Sosial: Analisis Pengaruh Ekstrakurikuler Rohis

Arga Putra Pratama, Retno Widyaningrum

Abstract


Abstrak: Realita saat ini adalah bahwa generasi muda Indonesia terancam mengalami penurunan moral dan akhlak. sehingga perlu adanya pendidikan karakter yang intesif di lembaga pendidikan, guna membentuk dan meningkatkan lagi angka pertumbuhan moral dan akhlak remaja Indonesia. Salah satu lembaga pendidikan di kabupaten Ponorogo yaitu SMPN 2 Ponorogo memiliki kegiatan ekstrakruikuler Rohis sebagai kegiatan pengembangan peserta didik khususnya dalam kerohanian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh adanya ekstrakurikuler Rohis terhadap pembentukan nilai religius dan nilai sosial peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif, pengumpulan data melalui penyebaran angket menggunakan model skala likert, sedangkan untuk sampel menggunakan teknik purposive sampling. Karena penelitian ini menguji pengaruh suatu variabel maka, model pengujian melalui bantuan smartPLS 4 menghasilkan: (1) bahwa kegiatan ekstrakurikuler Rohis ternyata berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan nilai religius dengan hasil nilai T-Statistic sebesar 11,171 dan nilai p-value 0,000 dan dari hasil uji inner model dengan melihat nilai R-Square, bahwa sumbangan pengaruh ekstrakurikuler Rohis sebagai variabel independen terhadap nilai religius sebesar 0,697; dan (2) kegiatan ekstrakurikuler Rohis juga berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan nilai sosial dengan hasil nilai T-Statistic sebesar 36,513 dan nilai p-value 0,000 dan juga dari hasil uji inner model dengan melihat nilai R-Square, bahwa sumbangan pengaruh ekstrakurikuler Rohis sebagai variabel independen terhadap nilai sosial sebesar 0,854. Berdasarkan hasil penelitain tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ekstrakurikuler Rohis memiliki pengaruh terhadap pembentukan sikap religius dan sosial peserta didik.

Abstract: The current reality is that Indonesia's young generation is threatened with a decline in morals and morals. So there is a need for intensive character education in educational institutions, in order to shape and further increase the moral and moral growth rate of Indonesian teenagers. One of the educational institutions in Ponorogo district, namely SMPN 2 Ponorogo, has Rohis extracurricular activities as student development activities, especially in spirituality. This research aims to see how the presence of Rohis extracurricular activities has on the formation of students' religious values and social values. This research uses a quantitative research method, collecting data through distributing questionnaires using a Likert scale model, while for the sample using a purposive sampling technique. Because this research tests the influence of a variable, the testing model with the help of SmartPLS 4 produces: 1) that Rohis extracurricular activities have a significant effect on the formation of religious values with a T-Statistic result of 11.171 and a p-value of 0.000 and from the results of the inner test model by looking at the R-Square value, that the contribution of Rohis extracurricular influence as an independent variable to religious values is 0.697. 2) Rohis' extracurricular activities also have a significant influence on the formation of social values with a T-Statistic result of 36.513 and a p-value of 0.000 and also from the results of the inner model test by looking at the R-Square value, the contribution of Rohis' extracurricular influence as an independent variable on social value of 0.854. Based on the results of this research, it can be concluded that Rohis extracurricular activities have an influence on the formation of students' religious and social attitudes.

 


Keywords


Rohis Extracurricular; Religious Values; Social Values.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Amaruddin, H. (2023). Karakter, Nilai Karakter, Pendidikan Karakter: Urgensi, Terminologi, Teori, Analisis dan Praktis. Semesta Aksara. https://annas-archive.org/md5/a266cd9ce38e3264ce94d64ca0c8b162

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Azkia, A. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Terhadap Akhlak Peserta Didik di MA NU Miftahul Ulum Margasari. Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. http://etheses.uingusdur.ac.id/1349/

Budimansyah, D., Ruyadi, Y., & Rusmana, N. (2010). Model Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi; Penguatan PKN, Layanan Bimbingan Konseling, dan KKN Tematik di Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia.

Fatmawati. (2021). Degradasi Moral Remaja Saat Ini dan Solusinya. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/fatmawati4429/60b048078ede48240d4fd0e2/degradasi-moral-remaja-saat-ini-dan-solusinya

Firdhaus, D. N., Isti, I., & Aflah, N. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V MI/SD. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 58–65. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.991

Habibi, A. (2023). Krisis Moral Remaja Indonesia Bukti Perlunya Pendidikan Karakter dan Moral. Indonesiana.Id. https://www.indonesiana.id/read/161188/krisis-moral-remaja-indonesia-bukti-perlunya-pendidikan-karakter-dan-moral#

Hair, J. F., Hult, G. T., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). In Sage. Sage Publications. https://www.google.co.id/books/edition/A_Primer_on_Partial_Least_Squares_Struct/Xn-LCwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=A+Primer+on+Partial+Least+Squares+Structural+Equation+Modeling+(PLS-SEM)&pg=SA7-PA129&printsec=frontcover

Hamid, R. S., & Anwar, S. M. . (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian: Konsep Dasar Dan Aplikasi Dengan Program Smartpls 3.2.8 Dalam Riset Bisnis. PT Inkubator Penulis Indonesia. https://annas-archive.org/md5/ac9fb8fd26cdab633f777f26a99dba0a

Hanifah, U. (2015). Pengaruh Keikutsertaan Siswa dalam Organisasi Kerohanian Islam (Rohis) Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa SMAN 1 Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016 [Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]. https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106

Harahap, E., Triastutik, M., Azizah, N., Aesti, S., Kumiyanti, T. E., Adar, S. Y., Sari, N., Rachmawati, R. D., Hamdiyah, R. T., Hesrawati, E. D., Yuanita, S. I., Boki, T. A., Helmi, Andriyani, R., Rachmawati, E., Leny, Risnawati, Evalin, M., Mulyana, I., … Puspitasari, V. indah. (2022). Inovasi Kurikulum. Penerbit NEM. https://www.google.co.id/books/edition/INOVASI_KURIKULUM/hneDEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Harahap,+E.+Inovasi+Kurikulum&pg=PA56&printsec=frontcover

Harjali, H. (2012). PENDIDIKAN KARAKTER (Sebuah Usaha Penanaman Kebaikan). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 185. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i2.410

Hidayatullah, S., Alvianna, S., Estikowati, Rachmawati, I. K., Waris, A., Aristanto, E., & Patalo, R. G. (2023). Metodologi Penelitian Pariwisata. Uwais Inspirasi Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/METODOLOGI_PENELITIAN_PARIWISATA/Z4ezEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Metodologi+Penelitian+Pariwisata.+Uwais+Inspirasi+Indonesia&pg=PP2&printsec=frontcover

Husamah, Restian, A., & Widodo, R. (2019). Pengantar Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_PENDIDIKAN/iTRxEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Pengantar+Pendidikan.+Universitas+Muhammadiyah+Malang&pg=PR5&printsec=frontcover

Kemdikbud. (2019). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan-pedoman-ppk

Kusnandi, K. (2017). Integrasi Kurikulum Berbasis Pesantren pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Kependidikan, 5(2), 279–297. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2138

Kusuma, S. E., & Fridayanti, J. A. (2023). Statistika Inferensial untuk Organisasi dan Bisnis. Sanata Dharma University Press. https://www.google.co.id/books/edition/Statistika_Inferensial_untuk_Organisasi/hYrcEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Statistika+Inferensial+untuk+Organisasi+dan+Bisnis.+Sanata+Dharma+University+Press&pg=PR2&printsec=frontcover

Latifah, S., Abrianto, D., & Imran, Z. (2023). Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis): Menumbuhkan Semangat Beribadah Siswa. PT Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Ekstrakurikuler_Rohani_Islam_Rohis/zwG9EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Ekstrakurikuler+Rohani+Islam+(Rohis):+Menumbuhkan+Semangat+Beribadah+Siswa.+PT+Sonpedia+Publishing+Indonesia&pg=PP3&printsec=frontcover

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Amzah. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Karakter_Islam/ouZ-EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Marzuki.+(2015).+Pendidikan+Karakter+Islam.+Amzah&pg=PR4&printsec=frontcover

Nasichun, A. (2021). Pengaruh Intensitas Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis dan Kegiatan Kepramukaan Terhadap Perilaku Sosial Siswa Sma Negri 1 Getasan Kabupaten Searang Tahun 2021. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/10800/

Oktavia, S. (2023). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis Terhadap Sikap Religius Siswa SMK Negeri 1 Talang Padang Kabupaten Tanggamus. In Skripsi : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uniersitas Islam Negeri Raden Intan Lapung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/31827/

Purwanto, Y., & Sahetapy, W. L. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Endorser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1), 1&2. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/12056

Rahmawati. (2022). Apa Saja Variabel Penelitian dalam Bidang Marketing??? (Panduan bagi Peneliti Pemula). Mulawarman Univeristy Press.

Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Indigo Media. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Kuantitatif/bRFTEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metodologi+Penelitian+Kuantitatif.+Indigo+Media&pg=PR4&printsec=frontcover

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. https://annas-archive.org/md5/4fbc5140925ec7c59c96a17452a68886

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitattif (untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, dan Konstruktif). Alfabeta.

Sumantri, M. S. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Penerbit Deepublish.

Supradi, B. (2020). Transformasi Religiusitas Model Full Day School. Guepedia. https://www.google.co.id/books/edition/TRANSFORMASI_RELIGIUSITAS_MODEL_FULL_DAY/5GlNEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Transformasi+Religiusitas+Model+Full+Day+School.+Guepedia&pg=PA2&printsec=frontcover

Syafril, & Zen, Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Dasar_Dasar_Ilmu_Pendidikan/4IGWDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Dasar-Dasar+Ilmu+Pendidikan.+Kencana&printsec=frontcover

Tinambunan, C. P. (2023). Darurat Moral dan Karakter bagi Generasi Muda di Era Globalisasi. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/clara49004/6567168912d50f0993327d82/darurat-moral-dan-karakter-bagi-generasi-muda-di-era-globalisasi

Yanuarti, E. (2016). STUDI KOMPARATIF PRESTASI SISWA (Mengikuti dan tidak Mengikuti Ekstrakurikuler ROHIS). Al-Islah, XIV(2), 89–109. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/view/389

Zainudin, A. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Religius dalam Membentuk Akhlak Karimah Bagi Peserta Didik di Mi Ar-Rahim Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 19–38. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/au.v2i1.289




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i3.24732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Arga Putra Pratama, Retno Widyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: