Pembentukan Nilai Religius dan Nilai Sosial: Analisis Pengaruh Ekstrakurikuler Rohis
Abstract
Abstrak: Realita saat ini adalah bahwa generasi muda Indonesia terancam mengalami penurunan moral dan akhlak. sehingga perlu adanya pendidikan karakter yang intesif di lembaga pendidikan, guna membentuk dan meningkatkan lagi angka pertumbuhan moral dan akhlak remaja Indonesia. Salah satu lembaga pendidikan di kabupaten Ponorogo yaitu SMPN 2 Ponorogo memiliki kegiatan ekstrakruikuler Rohis sebagai kegiatan pengembangan peserta didik khususnya dalam kerohanian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh adanya ekstrakurikuler Rohis terhadap pembentukan nilai religius dan nilai sosial peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitaif, pengumpulan data melalui penyebaran angket menggunakan model skala likert, sedangkan untuk sampel menggunakan teknik purposive sampling. Karena penelitian ini menguji pengaruh suatu variabel maka, model pengujian melalui bantuan smartPLS 4 menghasilkan: (1) bahwa kegiatan ekstrakurikuler Rohis ternyata berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan nilai religius dengan hasil nilai T-Statistic sebesar 11,171 dan nilai p-value 0,000 dan dari hasil uji inner model dengan melihat nilai R-Square, bahwa sumbangan pengaruh ekstrakurikuler Rohis sebagai variabel independen terhadap nilai religius sebesar 0,697; dan (2) kegiatan ekstrakurikuler Rohis juga berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan nilai sosial dengan hasil nilai T-Statistic sebesar 36,513 dan nilai p-value 0,000 dan juga dari hasil uji inner model dengan melihat nilai R-Square, bahwa sumbangan pengaruh ekstrakurikuler Rohis sebagai variabel independen terhadap nilai sosial sebesar 0,854. Berdasarkan hasil penelitain tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ekstrakurikuler Rohis memiliki pengaruh terhadap pembentukan sikap religius dan sosial peserta didik.
Abstract: The current reality is that Indonesia's young generation is threatened with a decline in morals and morals. So there is a need for intensive character education in educational institutions, in order to shape and further increase the moral and moral growth rate of Indonesian teenagers. One of the educational institutions in Ponorogo district, namely SMPN 2 Ponorogo, has Rohis extracurricular activities as student development activities, especially in spirituality. This research aims to see how the presence of Rohis extracurricular activities has on the formation of students' religious values and social values. This research uses a quantitative research method, collecting data through distributing questionnaires using a Likert scale model, while for the sample using a purposive sampling technique. Because this research tests the influence of a variable, the testing model with the help of SmartPLS 4 produces: 1) that Rohis extracurricular activities have a significant effect on the formation of religious values with a T-Statistic result of 11.171 and a p-value of 0.000 and from the results of the inner test model by looking at the R-Square value, that the contribution of Rohis extracurricular influence as an independent variable to religious values is 0.697. 2) Rohis' extracurricular activities also have a significant influence on the formation of social values with a T-Statistic result of 36.513 and a p-value of 0.000 and also from the results of the inner model test by looking at the R-Square value, the contribution of Rohis' extracurricular influence as an independent variable on social value of 0.854. Based on the results of this research, it can be concluded that Rohis extracurricular activities have an influence on the formation of students' religious and social attitudes.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Amaruddin, H. (2023). Karakter, Nilai Karakter, Pendidikan Karakter: Urgensi, Terminologi, Teori, Analisis dan Praktis. Semesta Aksara. https://annas-archive.org/md5/a266cd9ce38e3264ce94d64ca0c8b162
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Azkia, A. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Terhadap Akhlak Peserta Didik di MA NU Miftahul Ulum Margasari. Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. http://etheses.uingusdur.ac.id/1349/
Budimansyah, D., Ruyadi, Y., & Rusmana, N. (2010). Model Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi; Penguatan PKN, Layanan Bimbingan Konseling, dan KKN Tematik di Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia.
Fatmawati. (2021). Degradasi Moral Remaja Saat Ini dan Solusinya. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/fatmawati4429/60b048078ede48240d4fd0e2/degradasi-moral-remaja-saat-ini-dan-solusinya
Firdhaus, D. N., Isti, I., & Aflah, N. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V MI/SD. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 58–65. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.991
Habibi, A. (2023). Krisis Moral Remaja Indonesia Bukti Perlunya Pendidikan Karakter dan Moral. Indonesiana.Id. https://www.indonesiana.id/read/161188/krisis-moral-remaja-indonesia-bukti-perlunya-pendidikan-karakter-dan-moral#
Hair, J. F., Hult, G. T., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). In Sage. Sage Publications. https://www.google.co.id/books/edition/A_Primer_on_Partial_Least_Squares_Struct/Xn-LCwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=A+Primer+on+Partial+Least+Squares+Structural+Equation+Modeling+(PLS-SEM)&pg=SA7-PA129&printsec=frontcover
Hamid, R. S., & Anwar, S. M. . (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian: Konsep Dasar Dan Aplikasi Dengan Program Smartpls 3.2.8 Dalam Riset Bisnis. PT Inkubator Penulis Indonesia. https://annas-archive.org/md5/ac9fb8fd26cdab633f777f26a99dba0a
Hanifah, U. (2015). Pengaruh Keikutsertaan Siswa dalam Organisasi Kerohanian Islam (Rohis) Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa SMAN 1 Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016 [Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]. https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106
Harahap, E., Triastutik, M., Azizah, N., Aesti, S., Kumiyanti, T. E., Adar, S. Y., Sari, N., Rachmawati, R. D., Hamdiyah, R. T., Hesrawati, E. D., Yuanita, S. I., Boki, T. A., Helmi, Andriyani, R., Rachmawati, E., Leny, Risnawati, Evalin, M., Mulyana, I., … Puspitasari, V. indah. (2022). Inovasi Kurikulum. Penerbit NEM. https://www.google.co.id/books/edition/INOVASI_KURIKULUM/hneDEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Harahap,+E.+Inovasi+Kurikulum&pg=PA56&printsec=frontcover
Harjali, H. (2012). PENDIDIKAN KARAKTER (Sebuah Usaha Penanaman Kebaikan). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 185. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i2.410
Hidayatullah, S., Alvianna, S., Estikowati, Rachmawati, I. K., Waris, A., Aristanto, E., & Patalo, R. G. (2023). Metodologi Penelitian Pariwisata. Uwais Inspirasi Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/METODOLOGI_PENELITIAN_PARIWISATA/Z4ezEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Metodologi+Penelitian+Pariwisata.+Uwais+Inspirasi+Indonesia&pg=PP2&printsec=frontcover
Husamah, Restian, A., & Widodo, R. (2019). Pengantar Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_PENDIDIKAN/iTRxEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Pengantar+Pendidikan.+Universitas+Muhammadiyah+Malang&pg=PR5&printsec=frontcover
Kemdikbud. (2019). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan-pedoman-ppk
Kusnandi, K. (2017). Integrasi Kurikulum Berbasis Pesantren pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Kependidikan, 5(2), 279–297. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2138
Kusuma, S. E., & Fridayanti, J. A. (2023). Statistika Inferensial untuk Organisasi dan Bisnis. Sanata Dharma University Press. https://www.google.co.id/books/edition/Statistika_Inferensial_untuk_Organisasi/hYrcEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Statistika+Inferensial+untuk+Organisasi+dan+Bisnis.+Sanata+Dharma+University+Press&pg=PR2&printsec=frontcover
Latifah, S., Abrianto, D., & Imran, Z. (2023). Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis): Menumbuhkan Semangat Beribadah Siswa. PT Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Ekstrakurikuler_Rohani_Islam_Rohis/zwG9EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Ekstrakurikuler+Rohani+Islam+(Rohis):+Menumbuhkan+Semangat+Beribadah+Siswa.+PT+Sonpedia+Publishing+Indonesia&pg=PP3&printsec=frontcover
Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Amzah. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Karakter_Islam/ouZ-EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Marzuki.+(2015).+Pendidikan+Karakter+Islam.+Amzah&pg=PR4&printsec=frontcover
Nasichun, A. (2021). Pengaruh Intensitas Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis dan Kegiatan Kepramukaan Terhadap Perilaku Sosial Siswa Sma Negri 1 Getasan Kabupaten Searang Tahun 2021. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/10800/
Oktavia, S. (2023). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis Terhadap Sikap Religius Siswa SMK Negeri 1 Talang Padang Kabupaten Tanggamus. In Skripsi : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uniersitas Islam Negeri Raden Intan Lapung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/31827/
Purwanto, Y., & Sahetapy, W. L. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Endorser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1), 1&2. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/12056
Rahmawati. (2022). Apa Saja Variabel Penelitian dalam Bidang Marketing??? (Panduan bagi Peneliti Pemula). Mulawarman Univeristy Press.
Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Indigo Media. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Kuantitatif/bRFTEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metodologi+Penelitian+Kuantitatif.+Indigo+Media&pg=PR4&printsec=frontcover
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. https://annas-archive.org/md5/4fbc5140925ec7c59c96a17452a68886
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitattif (untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, dan Konstruktif). Alfabeta.
Sumantri, M. S. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Penerbit Deepublish.
Supradi, B. (2020). Transformasi Religiusitas Model Full Day School. Guepedia. https://www.google.co.id/books/edition/TRANSFORMASI_RELIGIUSITAS_MODEL_FULL_DAY/5GlNEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Transformasi+Religiusitas+Model+Full+Day+School.+Guepedia&pg=PA2&printsec=frontcover
Syafril, & Zen, Z. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Kencana. https://www.google.co.id/books/edition/Dasar_Dasar_Ilmu_Pendidikan/4IGWDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Dasar-Dasar+Ilmu+Pendidikan.+Kencana&printsec=frontcover
Tinambunan, C. P. (2023). Darurat Moral dan Karakter bagi Generasi Muda di Era Globalisasi. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/clara49004/6567168912d50f0993327d82/darurat-moral-dan-karakter-bagi-generasi-muda-di-era-globalisasi
Yanuarti, E. (2016). STUDI KOMPARATIF PRESTASI SISWA (Mengikuti dan tidak Mengikuti Ekstrakurikuler ROHIS). Al-Islah, XIV(2), 89–109. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/view/389
Zainudin, A. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Religius dalam Membentuk Akhlak Karimah Bagi Peserta Didik di Mi Ar-Rahim Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 19–38. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/au.v2i1.289
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i3.24732
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Arga Putra Pratama, Retno Widyaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: