Evaluasi Pelaksanaan Program Bleanded Learning pada Mata Kuliah Komunikasi Data Menggunakan Model Evaluasi Cse-Ucla
Abstract
Abstract: The purpose of this study is to assess the success and identify obstacles related to the implementation of blended learning in data communication courses. The research is an evaluation research using a mixed method. The research design is the CSE-UCLA model, with components: system assessment, program planning, program implementation, program improvement, and certification program. The determination of the research subject used the purposive sampling method. The results of the research on all components were obtained: System Assessment obtained a percentage of 95% in the very good category. Program Planning obtained a percentage of 91% in the very good category. The Implementation Program obtained a percentage of 82% in the very good category. The Improvement Program obtained a percentage of 73% in the good category The Certification Program obtained a percentage of 80% in the good category. The recommendation related to the evaluation of the blended learning program in the Data Communication course is to improve the quality of socialization on the use of the blended learning program support system for both lecturers and students. In addition, the obstacle that the researcher found was the difficulty of determining the aspects that are vital in each component of the evaluation.
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk menilai keberhasilan dan mengidentifikasi hambatan yang berkaitan dengan pelaksanaan blended learning pada mata kuliah komunikasi data. Metode penelitian evaluasi ini adalah campuran dimana instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan angket wawancara. Desain penelitian adalah model CSE-UCLA dengan analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian pada seluruh komponen diperoleh: System Assessment diperoleh persentase 95% artinya kuat dalam hal landasan utama pelaksanaan program. Program Planning diperoleh persentase 91% artinya program ini memiliki arah dan dasar yang jelas. Program Implementation diperoleh persentase 82% artinya efektivitas pelaksanaan blended learning dapat dioptimalkan. Program Improvement diperoleh persentase 73% artinya perlu lebih proaktif merancang perbaikan untuk keberlanjutan program. Program Sertification diperoleh persentase 80% artinya meningkatkan pengakuan akademik maupun professional. Rekomendasi terkait evaluasi program blended learning pada mata kuliah Komunikasi Data adalah agar meningkatkan kualitas sosialisasi pada penggunaan system pendukung program blended learning baik terhadap dosen maupun terhadap mahasiswa. Selain itu kendala yang peneliti temukan adalah sulitnya menentukan aspek yang menjadi vital pada setiap komponen pada evaluasi.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Alsalamah, A., & Callinan, C. (2021). Adaptation of Kirkpatrick’s Four-Level Model of Training Criteria to Evaluate Training Programmes for Head Teachers. Education Sciences, 11(3), Article 3. https://doi.org/10.3390/educsci11030116
Ambiyar, & D, M. (2019). Metodologi penelitian evaluasi program. Alfabeta.
Andriani, S. (2015). Evaluasi CSE-UCLA Pada Studi Proses Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 167–176. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.46
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Darma, I. K., Karma, I. G. M., & Santiana, I. M. A. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, Issue? 527–539.
Dewa Gede Wirama, N. W. A. F. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Pada Ketepatwaktuan Laporan Keuangan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19, Issue?2293–2318.
Divayana, D. G. H., & Sugiharni, G. A. D. (2016). Evaluasi Program Sertifikasi Komputer Pada Universitas Teknologi Indonesia Menggunakan Model CSE-UCLA. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 158. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8586
Divayana, D. G. H., & Suyasa, P. W. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Synchronous Berbasis Google Meet pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Model Evaluasi CSE-UCLA. Lectura : Jurnal Pendidikan, 13(2), 149–163. https://doi.org/10.31849/lectura.v13i2.10534
Fresen, J. W. (2018). Embracing distance education in a blended learning model: Challenges and prospects. Distance Education, 39(2), 224–240. https://doi.org/10.1080/01587919.2018.1457949
Haryati, H., Rasyid, M. N. A., Mania, S., & Widodo, S. (2023). Evaluasi Pembelajaran Statistik Pendidikan di STAI Al Khairaat Labuha dengan Model Evaluasi Discrepancy dan Kirkpatrick | PALAPA. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/3251
Kimmons, R., & Hall, C. (2018). How Useful are our Models? Pre-Service and Practicing Teacher Evaluations of Technology Integration Models. TechTrends, 62(1), 29–36. https://doi.org/10.1007/s11528-017-0227-8
Kulkarni, A., & Vartak, R. (2019). A module integrating conventional teaching and student-centered approach for critical reading of scientific literature. Biochemistry and Molecular Biology Education, 47(5), 581–588. https://doi.org/10.1002/bmb.21281
Lalima, Dr., & Lata Dangwal, K. (2017). Blended Learning: An Innovative Approach. Universal Journal of Educational Research, 5(1), 129–136. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050116
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Historis : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075
Libbrecht, P. (2015). Adaptations to a Learning Resource. Acta Didactica Napocensia, 8(1), 67–74.
Muhammad Munsarif, M.Kom., Dr. E. W., M. Pd., Dr. Mardiana, M.Pd.I., & Dr. Suwahono, M.Pd. (2021). Model-Model Evaluasi, Aplikasi dan Kombinasinya. Penerbit KBM Indonesia.
Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), Article 1. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/538
Mustafa, P. S. (2021). Model Discrepancy sebagai Evaluasi Program Pendidikan | PALAPA. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/1067
Sari, M. (2016). Blended Learning, Model Pembelajaran Abad Ke-21 Di Perguruan Tinggi. Ta’dib, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.31958/jt.v17i2.267
Sidik, F., Rasyid, M. N. A., & Mania, S. (2023). Evaluasi Program Praktik Lapangan Persekolahan Dengan Menggunakan Model CSE-UCLA. Irfani (e-Journal), 19(2), Article 2. https://doi.org/10.30603/ir.v19i2.4120
Suyasa, P. W. A., & Kurniawan, P. S. (2018). Pemberdayaan Model CSE-UCLA Dalam Pelaksanaan Evaluasi Program Blended Learning di SMA Negeri 1 Ubud. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 137. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.2627
Yaumi, D. M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenada Media.
Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka, N. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.17389
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i4.26680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Juniarti Iryani, Sitti Mania, Muhammad Nur Akbar Rasyid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: