Pengembangan Buku Teks Perkembangan Peradaban Pakaian Berbasis Project Based Learning Guna Menumbuhkan Karakter Toleransi
Abstract
Abstract: This study aims to develop a book on the development of clothing civilization based on Project Based Learning (PjBL) to foster a character of tolerance. The character of tolerance is a value that teaches kindness and respects differences, such as respecting diversity and cultural values, respecting, being open, sympathetic, tolerant, behaving and thinking positively, defending the truth, and being neutral. The method used is the ADDIE Research and Development model. The techniques for collecting data applied include test and non-test techniques, then analyzed quantitatively and qualitatively. This study involved 10 certified teachers in various regions for needs analysis in the form of open and closed questionnaires, involving 10 validators as expert judgments, and eight children for limited trials. The results of the study showed 1) the PjBL-based clothing civilization textbook to foster a character of tolerance was developed with the ADDIE stages, 2) the textbook has very good quality with a score of (3.78), 3) the textbook has a significant influence on the character of tolerance (p <0.05) with a large effect (r = 0.98) equivalent to (95.8%). The level of effectiveness of the textbook is included in high effectiveness (N-Gain Score of 72.493%).
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku perkembangan peradaban pakaian berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk menumbuhkan karakter toleransi. Karakter toleransi merupakan nilai yang mengajarkan kebaikan dan menghargai perbedaan, seperti menghargai keberagaman dan nilai-nilai budaya, menghormati, terbuka, simpatik, tenggang rasa, berperilaku dan berpikir positif, membela kebenaran, dan netral. Metode yang digunakan yaitu Research and Development model ADDIE. Teknik untuk mengumpulkan data yang diterapkan mencakup teknik tes dan nontes, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini melibatkan 10 guru bersertifikasi di beragam daerah untuk analisis kebutuhan berbentuk kuesioner terbuka dan tertutup, melibatkan 10 validator sebagai expert judgement, dan delapan anak untuk uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan 1) buku teks peradaban pakaian berbasis PjBL untuk menumbuhkan karakter toleransi dikembangkan dengan tahapan-tahapan ADDIE, 2) buku teks memiliki kualitas yang sangat baik dengan skor (3,78), 3) buku teks memiliki pengaruh yang signifikan terhadap karakter toleransi (p < 0,05) dengan efek besar (r = 0,98) setara (95,8%). Tingkat efektivitas buku teks termasuk dalam efektivitas tinggi (N-Gain Score sebesar 72,493%).
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aditama, M. G., Shofyana, M. H., Muslim, R. I., & Pamungkas, I. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 90–98. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1
Amelia, D. P., Luthfia, R. A., Hamis, S. I., & Dewi, D. A. (2021). Metode Sosiodrama sebagai Sarana dalam Menumbuhkan Kesadaran Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5624–5630. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1601
Amrullah, Sahuddun, Nawawi, Fadjri, M., & Nurtaat, L. (2023). Keterampilan Belajar Abad 21 Integrasi TPACK 4C (Critical Thinking, CreativeThinking, Collaboration, Communication) di PONPES Nurul Iman Wattaqwa NW Boro Tumbuh Suralaga Lombok Timur. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 3(1), 12–17. http://journal.unram.ac.id/index.php/darmadiksani
Bano, V. O., Marambaawang, D. N., & Njoeroemana, Y. (2022). Analisis Kriteria Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Waingapu. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1), 145–152. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.660
Devianti, R., Lia Sari, S., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 03(02), 67–78. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/mitra-ash-syibyan
Dewi, I. Y. M. (2020). Pengembangan Karakter Toleran Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Saintific Approach di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Sumenep. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 79–92. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/4380
Ibrahim, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar PAI Siswa. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 1(2), 164–179.
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.
Kirana, K. D. A., & Nugrahanta, G. A. (2021). Pengembangan Buku Pedoman Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Toleransi Anak Usia 6-8 Tahun. Journal of Elementary School (JOES), 4(2), 136–151. https://doi.org/10.31539/joes.v4i2.2886
Kurnia, I. R., & Mukhlis, S. (2023). Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Karakter Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Educatio, 9(1), 209–216. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4064
Marlia, S., Ridwan, A. F., & Priatna, A. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Kelas V. Didaktik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 186–211.
Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD/MI. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 254–263.
Monika, K. A. L., Suastika, I. N., Sanjaya, D. B., & Sariyasa. (2023). Penerapan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Meningkatkan Sikap Gotong Royong. DE_JPURNAL (Dharmas Education Journal), 4(1), 7–15. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Nugrahanta, G. A., Pamardi, E. H., Suparmo, P. M., Relita, H., Sekarningrum, V., Swandewi, N. K., Tyas, F., & Prasanti, V. (2022). Pengaruh Program Literasi berbasis Pendekatan Montessori terhadap Karakter Integritas Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 169–180.
Nurjanah, & Cahyana, U. (2021). Pengaruh Penerapan Online Project Based Learning Dan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV Pada Pelajaran IPA. Buana Pendidikan, 17(1), 51. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/index
Nurlelah, & Mukri, S. G. (2019). Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Mental Santri. Fikrah: Journal of Islamic Education, 3(1), 73–86.
Nuryanah, N., Zakiah, L., Fahrurrozi, & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon untuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3050–3060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1244
Puspita, A. M., Utomo, E., & Purwanto, A. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Pelajaran IPA Kelas III dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 55–65. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/
Rahayu, D., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3626
Rifai, S. S., Uswatun, D. A., & Nurasiah, I. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Ilmiah Peserta Didik di Kelas Tinggi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(2), 127–137. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i2.874
Sakilah, Yulis, A., Nursalim, Vebrianto, R., Anwar, A., Amir, Z., & Sari, I. K. (2020). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar Sekolah Dasar Negeri 167 Pekanbaru. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 4(1), 127–142. http://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie
Setiawan, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Dampak Model Project based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 7(2), 129–136. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas
Simamora, M., & Nugrahanta, G. A. (2021). Permainan Tradisional dan Kontribusinya Untuk Karakter Toleransi Anak. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1410
Suardipa, I. P. (2020). Proses Scaffolding pada Zone of Proximal Development (ZPD) dalam Pembelajaran. WIDYACARYA, 4(1), 79–92.
Syaputri, N. E., Adawiyah, R., & Putri, D. N. B. (2024). Pencegahan Bullying Melalui Metode Psikoedukasi Di SDN 02 Sukorejo Bangsalsari. Jurnal Pengabdian Indonesia, 1(2), 14–19.
Tanjung, R., Dalimunthe, E. M., Ramadhini, F., & Sari, D. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan pada Pembelajaran IPS Kelas IV B MI Model Panyabungan. ITTIHAD: Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, 5(1), 93–97.
Widianti, E., & Amidi. (2023). Studi Literatur: Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self- Concept Pada Model Project-Based Learning Berbantuan MathCityMap. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 256–263. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i4.26870
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yovina Marcindy, Gregorius Ari Nugrahanta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: