Peran Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Kualitas Kedisiplinan dan Kemandirian Gen-Z di Sekolah
Abstract
Abstract: This research aims to find out how to form discipline and independence in generation-Z, as well as collaborative efforts with parents and society to shape Islamic character in generation-Z. On the other hand, this research also discusses the role of leadership in Islamic education that can contribute to improving the quality of generation-Z, often called the "strawberry" generation, a term often used to refer to a generation that is considered fragile in facing life's challenges. This research uses the library research method. The instruments used are data collected from various sources such as scientific journals, books, seminar papers and other publications, both offline and online. Data were analyzed using a descriptive qualitative model consisting of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results show that Generation Z's discipline and independence can be formed through a supportive educational environment, challenges, responsibility, active participation and positive support. Collaboration with parents and the community plays a role in forming Islamic character through open communication, family education and religious activities. Leadership in Islamic education includes relevant curriculum, integration of Islamic values, use of technology, improving teacher quality, and collaboration with parents and the community.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui caranya membentuk kedisiplinan dan kemandirian pada generasi-Z, serta upaya kolaboratif dengan orang tua dan masyarakat untuk membentuk karakter islami pada generasi-Z. Disisi lain, penelitian ini juga membahas peran kepemimpinan dalam pendidikan islam dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas generasi-Z, sering juga disebut generasi “stroberi”, istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada generasi yang dianggap rapuh dalam menghadapi tantangan hidup. Penelitian ini menggunakan Metode library research. Instrumen yang digunakan berupa data yang dikumpulkan dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, makalah seminar dan publikasi lainnya, baik offline maupun online. Data dianalisis menggunakan model kualitatif deskriptif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin dan kemandirian Generasi Z dapat dibentuk melalui lingkungan pendidikan yang mendukung, tantangan, tanggung jawab, partisipasi aktif, dan dukungan positif. Kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat berperan membentuk karakter Islami melalui komunikasi terbuka, pendidikan keluarga, dan kegiatan keagamaan. Kepemimpinan pendidikan Islam mencakup kurikulum relevan, integrasi nilai Islam, pemanfaatan teknologi, peningkatan kualitas guru, serta kerja sama dengan orang tua dan masyarakat.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aisa, A., & Lisvita, L. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. JoEMS (Journal of Education and Management), 3(4), 47–50. http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/308
Akbar, N. Al. (2018). Dekontruksi atas konsepsi orang kuat: Studi kasus kepemimpinan transformatif di Masjid Jogokaryan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 3(1), 13. https://doi.org/10.14710/jiip.v3i1.3231
Andriyani, Y., Wulandari, J., Saptiani, F., Studi, P., & Administrasi, I. (2024). Gaya Kepemimpinan Mikromanajemen dan Kinerja Karyawan Generasi Z di Indonesia. 13(2), 59–72.
Arif, M. (2023). Generasi Millenial Dalam Internalisasi Karakter Nusantara. Press, 286. http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/682%0Ahttp://repository.iainkediri.ac.id/682/1/GENERASI MILENIAL_moh arif.pdf
Aulia, S., Meilani, T., & Nabillah, Z. (2022). Strawberry Generation: Dilematis Keterampilan Mendidik Generasi Masa Kini. Jurnal Pendidikan, 31(2), 237. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2485
Budi M. Hanif, S. (2020). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah MIN 13 Ngawi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. SALIMIYA : Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(4), 152–170. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya
Febrianti, N. T., Suharto, S., & Wachyudi, W. (2020). the Effect of Career Development and Motivation on Employee Performance Through Job Satisfaction in Pt Jabar Jaya Perkasa. International Journal of Business and Social Science Research, 25–35. https://doi.org/10.47742/ijbssr.v1n2p3
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. Adil Indonesia Jurnal, 2, 1–8.
Jasmine, K. (2014). Upaya Membangun Kesadaran Etika Berteknologi Melalui Pendidikan Karakter Bagi Generasi Muda. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 2(4), 13261–13275.
Mahfud, M. N., & Sutama, S. (2021). Pengelolaan pengembangan minat dan bakat anak didik di homeschooling kak seto Solo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(2), 113–124. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.39408
Megarani, R. O., Monika, T., Putra, S. D., & Ariq, M. A. (2024). Membangun Generasi Digital: Peran Penting PendidikanKewarganegaraan Dalam Menghadapi Tantangan AbadKe-21. Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 4(6), 1–7.
Mufida, S., Hayati, Z., & Sulistyarini, A. (2023). Inteligensia Generasi Stroberi: Mewujudkan Sdgs Berprinsip Al-Muslimu Al-Qawiyyu. In Proceeding of Conference on Strengthening Islamic Studies in The Digital Era, 3(1), 419.
Muhammad Arsyad. (2022). Fungsi Manajemen Madrasah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 3(1). https://doi.org/10.46838/jbic.v2i2.144
Mukaddamah, U. W. (2022). Hubungan Antara Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dengan Pembentukan Karakter Disiplin Guru. 2(8), 2813–2818.
Naufaldhi, M. R. (2024). Strategi kreatif komunikasi Dakwah Di Media Sosial Untuk Generasi Z Studi RealMasjid 2.0. In Αγαη (Vol. 15, Issue 1).
Rivai, V. (2014). Sadar Kapan Pemimpin Itu Diperlukan Dalam Situasi Tertentu. 1–34.
Rizkita, K., & Supriyanto, A. (2020). Komparasi kepemimpinan pendidikan di Indonesia dan Malaysia dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 155–164. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.32362
Sakir, M. (2016). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(1), 103. https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i1.370
Seemiller, C., & Grace, M. (2015). Generation Z goes to College 1.
Suryadi, R. A. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam. Taklim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/tk.v20i1.43544
Sutopo, J., Pabbajah, M., & Bimomartani. (2024). Pendampingan pemberdayaan masyarakat dan pengembangan potensi alam di desa bimomartani sebagai desa ekowisata tangguh bencana yang berkelanjutan. 5(5), 8888–8893.
Ummah, M. S. (2019). Peran Pemimpin Dan Kepemimpinan Dalam Kualitas Pendidikan Sekolah. Manajemen Pendidikan, 11(1), 1–14.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Agung Panji Utomo, Husnul Buairi, Yudin Citriadin, Muhammad Thohri, Syatriadin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: