PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT DENGAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dengan Group Investigation pada materi Persamaan dan pertidaksamaan Linear Satu Variabel siswa kelas VII SMP Al Washliyah 27. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa VII SMP Al Washliyah 27. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan random sampling. Siswa kelas VII (I) sebagai kelas eksperimen I yang diberi perlakuan model cooperative script dan siswa kelas VII (II) sebagai kelas eksperimen II yang diberi perlakuan model Group Investigation. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan berfikir kritis. Analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil utama dari penelitian ini adalah: terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang diajar menggunakan model Cooperative Script dengan Group Investigation terhadap siswa kelas VII SMP Al Washliyah 27. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran dengan model Cooperative Script pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematis sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.
Abstract: The purpose of this study was to determine the differences in mathematical critical thinking skills between students who were taught using the Cooperative Script learning model with Group Investigation on the material of Linear One Variable Equations and Inequalities of Grade VII students of SMP Al Washliyah 27. This research is an experimental research. The population of this study were students VII SMP Al Washliyah 27. The sampling technique in this study was random sampling. Class VII (I) students as experimental class I were treated with the cooperative script model and class VII (II) students as experimental class II were treated with the Group Investigation model. The instruments used consisted of: critical thinking skills test. Data analysis was performed by t-test. The main results of this study are: there are differences in mathematical critical thinking skills between students who are taught using the Cooperative Script model with Group Investigation towards class VII students of SMP Al Washliyah 27. Based on the results of this study, the researcher suggests that learning with the Cooperative Script model in mathematics learning can be used as an alternative for mathematics teachers to improve mathematical critical thinking skills as an alternative to implementing innovative mathematics learning.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aini, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Menggunakan LKS Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Materi Pokok Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Gerung Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah.[Online].[Http://Indojm. Com. Diakses Pada 20 Januari 2016].
Jaedun, A. (2011). Metodologi penelitian eksperimen. Fakultas Teknik UNY, 12.
Matondang, Z., & Pengantar, A. (2009). Pengujian homogenitas varians data. Medan: Taburasa PPS UNIMED.
Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 176–187.
Mustajab, M. (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas VIII A Smp Negeri 2 Karanggayam Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 1(1), 37–40.
Nasrum, A. (2018). Uji Normalitas Data untuk Penelitian. Jayapangus Press Books, i–117.
Noor, A. J., & Norlaila, N. (2014). Kemampuan Pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model cooperative script. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
Nurhadi, D. (2012). Model Pembelajaran Kolaboratif Antara Politeknik Kotabaru Dengan PT. Indocement Tungal Prakarsa, Tbk Plant 12. JURNAL TEKNIK MESIN, 16(2).
Setiawan, A. R. (2020). Desain Pembelajaran untuk Membimbing Siswa Sekolah Dasar dalam Memperoleh Literasi Saintifik.
Sholihah, U. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Durenan Tahun Ajaran 2013/2014.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta: Bandung.
Sumarni, S., & Wardani, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Komunitas. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 90–94.
Suparni, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Metro Timur.
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v2i2.2815
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: