ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN DALAM UPAYA PENGENDALIAN INTERNAL PADA KARYAWAN OUTSORCING

Teddy Aprilliadi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin besar suatu perusahaan maka semakin komplek kegiatan usahanya, ini berarti semakin banyak pula tenaga kerja yang terlibat di dalamnya. Hal ini menimbulkan kesulitan bagi pemimpin untuk mengendalikan keseluruhan perusahaan seorang diri. Permasalahan yang sering terjadi dalam pengelolaan gaji adalah dalam perhitungan jam kerja, dan pemotongan gaji atau pembayaran gaji yang kurang tepat dikarenakan informasi yang diperoleh tidak akurat. Diperlukan suatu sistem untuk menjaga sumber daya perusahaan agar terhindar dari berbagai kesalahan dan kecurangan yang mungkin terjadi. Untuk itulah dilakukan pengendalian intern dalam perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan pada PT Semen Indonesia Packing Plant Ciwandan. 2) Untuk mengetahui sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan dalam upaya pengendalian internal pada karyawan outsorcing (PT. Varia Usaha Bahari) di packing plant Ciwandan PT. Semen Indonesia (Persero)Tbk. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem dan prosedur penggajian dan pengupahan pada karyawan outsorcing (PT. Varia Usaha Bahari) di packing plant Ciwandan PT. Semen Indonesia (Persero)Tbk. Dalam memenuhi unsur-unsur dan tujuan pengendalian internal sistem penggajian masih kurang efektif. Hal ini ditandai dengan adanya perangkapan tugas, dari prosedur pembuatan daftar gaji dan upah juga melakukan pembayaran gaji dan upah, catatan akuntansi yang digunakan belum lengkap, karena tidak ada jurnal umum, kartu harga pokok produk dan kartu biaya, pemasukan absensi melalui mesin fingerprint tidak diawasi, daftar gaji dan upah serta potongan gaji tidak diotorisasi oleh bagian kepegawaian/personalia.

Abstract: This research is motivated by The larger a company, the more complex its business activities, this means that more workers are involved in it. This makes it difficult for leaders to control the entire company alone. Problems that often occur in the management of salaries are in the calculation of working hours, and salary deductions or improper salary payments because the information obtained is not accurate. A system is needed to safeguard the company's resources to avoid mistakes and fraud that might occur. For this reason, internal control is carried out within the company. This study aims to: 1) To find out the payroll and wage accounting information systems at PT Semen Indonesia Ciwandan Packing Plant. 2) To find out the payroll and wage accounting information system in an internal control effort for outsorcing employees (PT. Varia Usaha Bahari) at the Ciwandan packing plant of PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Methods of data collection using interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques used are qualitative descriptive. The results showed that the implementation of salary and payroll system and procedures of packing plant Ciwandan in fulfilling the elements and pupose of internal control of payroll sistem and remuneration is till effective. This is characterized by the role of the duties of the payroll and payroll procedures as well as paying salaries and wages made by the same person, accounting records used are not complete, because there are no public journals, product cost card and cost card, attendance through a fingerprint machine is not monitored, and the payroll and wages and salary deductions are not authorized by the personnel/personnel department.

Keywords


Penggajian dan Pengupahan; Pengendalian Internal; Gaji dan upah.

Full Text:

Download [PDF]

References


Abdi, P. (2015). Analisis Sistem Dan Pengendalian Intern Pada Pt Bara Dinamika Muda. Analisis Sistem Dan Pengendalian Intern Pembayaran Gaji Dan Upah Karyawan Pada Pt Bara Dinamika Muda Sukses Di Malinau, 3(1), 127–137.

Fibriyanti, Y. V. (2017). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dalam Rangka Efektivitas Pengendalian Internal. Jurnal Akuntansi, 2(1), 14. https://doi.org/10.30736/jpensi.v2i1.97

Fionita, I., & Magdalena, B. (2015). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pada Usaha Kecil Menengah Di Provinsi Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, 1(2), 98–107.

Hidayat, M. T., Rahayu, S. M., Husaini, A., Administrasi, F. I., Brawijaya, U., Perkasa, M., & Intern, P. (2013). Analisis penerapan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan dalam mendukung pengendalian intern. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2), 1–8.

Retnaningtyas, D. T. R., A.R, M. D., & Saifi, M. (2015). Analisis Sistem dan Prosedur Penggajian dan Pengupahan dalam Upaya mendukung Pengendalian Intern Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1(1), 1–10.

Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70.

Saraswati, K. (2014). Analisis Sistem Akuntansi Penggajian & Pengupahan Karyawan Dalam Usaha Meningkatkan Pengendalian Intern Perusahaan (Studi pada PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk Kantor Cabang Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 8(1), 79466.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Sunaryo, S. (2011). Analisis Sistem Informasi Akuntansi (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Tri, D., Retnaningtyas, R., & Saifi, M. (2015). Dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern Perusahaan ( Studi Kasus Pada Perusahaan Kacang Shanghai “ Gangsar ” Ngunut Tulungagung ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1(1), 1–10.

Wuaya Jermias, R. R. (2016). Analisa Sistem Informasi Akuntansi Gaji Dan Upah Pada Pt. Bank Sinarmas Tbk. Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(2), 814–828.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v2i1.2834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: