Analisis Faktor Penghambat dan Model Implementasi Pendidikan Karakter di Indonesia
Abstract
Abstract: Character education is an important aspect in forming a young generation of quality and good morals. In the era of globalization and increasingly complex social challenges, this research is important to understand and overcome obstacles in implementing of character education in Indonesia. This research aims to analyze the inhibiting factors of character education implementation in Indonesia and to provide recommendations for enhancing its effectiveness. The method used is a literature study, analyzing 10 relevant sources published between 2019 and 2024. The research instrument consists of a literature analysis questionnaire, and the data analysis technique used is content analysis. The analysis results identify several inhibiting factors, such as an unsupportive school environment, a lack of teacher commitment as role models, and minimal family awareness of their role in character education. An unfavorable school environment affects student motivation, while the lack of role modeling from teachers reduces the effectiveness of character education. Additionally, the lack of family awareness impacts the support needed by children in character formation. Recommendations to enhance the effectiveness of character education implementation include strengthening cooperation among schools, families, and communities, improving the quality of the learning process, and developing a school culture that supports character education. This research shows that collaborative efforts and systemic improvements are vital to achieving optimal character education goals in Indonesia.
Abstrak: Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam membentuk generasi muda yang berkualitas dan berakhlak baik. Dalam era globalisasi dan tantangan sosial yang semakin kompleks, penelitian ini menjadi krusial untuk memahami dan mengatasi hambatan dalam implementasi pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat implementasi pendidikan karakter di Indonesia serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitasnya. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis 10 sumber relevan yang diterbitkan antara tahun 2019 hingga 2024. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner analisis literatur, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis konten. Hasil analisis mengidentifikasi beberapa faktor penghambat, seperti lingkungan sekolah yang tidak mendukung, kurangnya komitmen guru sebagai teladan, dan minimnya kesadaran keluarga terhadap peran mereka dalam pendidikan karakter. Lingkungan sekolah yang tidak kondusif mempengaruhi motivasi peserta didik, sementara kurangnya keteladanan dari guru mengurangi efektivitas pendidikan karakter. Selain itu, kurangnya kesadaran keluarga berdampak pada dukungan yang dibutuhkan anak dalam pembentukan karakter. Rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas implementasi pendidikan karakter mencakup penguatan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat, peningkatan kualitas proses pembelajaran, serta pengembangan budaya sekolah yang mendukung pendidikan karakter. Penelitian ini menunjukkan bahwa usaha kolaboratif dan perbaikan sistemis sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan karakter yang optimal di Indonesia.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Annur, C. M. (2024). Ada 30 Kasus Bullying Sepanjang 2023, Mayoritas Terjadi di SMP. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/demografi/statistik/c1f93aec967f9ff/ada-30-kasus-bullying-sepanjang-2023-mayoritas-terjadi-di-smp
Anugrah, A., & Rahmat, R. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). 4(1), 22–34. https://doi.org/10.53299/jppiv4i1.403
Ariyati, T., & Dimyati, D. (2018). Pentingnya Peran Keluarga Untuk Penguatan Karakter Dalam Membentuk Akhlak Baik Pada Anak Usia Dini. Seminar Nasional Dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas.
Arviki, Q. T., Fuad, M., Sumarti, & Munaris. (2023). Nilai Penguatan Pendidikan Karakter Integritas dalam Novel Rasa Karya Tere Liye. Edukasi Lingua Sastra, 21(2), 218–227. https://doi.org/10.47637/elsa.v21i2.770
Dewi, N. N., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya Menjaga Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat bagi Generasi Z. Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 2(2), 49–54. https://doi.org/10.56393/antropocene.v2i1.896
Harahap, E. (2023). Peran Lingkungan Sosial Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Belajar Peserta Didik Di Min 2 Padangsidimpuan. Dirasatul Ibtidaiyah, 3(1), 46–58.
Harefa, I. D., & Tabrani, A. (2021). Problematika Pendidikan Karakter, Antara Konsep dan Realita. SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(2), 148–156. https://doi.org/10.51615/sha.v1i2.23
Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368
Hibatullah, F. A. (2022). Pengaruh Globalisasi terhadap Pembangunan Karakter Generasi Muda Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.24815/pear.v10i1.24283
Idris, M., Arismunandar, A., & Tolla, I. (2024). Evolusi Sistem Pendidikan di Indonesia: Sejarah dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 8(2), 1494–1505.
Irawan, H., Masyitoh, I. S., Rahmat, R., Darmawan, C., Anggraeni, L., & Pradanna, S. A. (2024). Inovasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 9(1), 84–93. https://doi.org/10.30998/sap.v9i1.23303
Izzulhaq, M. H. (2024, October 6). Darurat Pendidikan Karakter di Indonesia. https://kumparan.com/maulana-hanif/darurat-pendidikan-karakter-di-indonesia-23eutQELdQ0
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Krisdamarjati, Y. A. (2023, August 29). Meningkatnya Kasus Anak Berkonflik Hukum, Alarm bagi Masyarakat dan Negara. https://www.kompas.id/baca/riset/2023/08/28/meningkatnya-kasus-anak-berkonflik-hukum-alarm-bagi-masyarakat-dan-negara
Lubis, R. R. (2019). Historisitas Dan Dinamika Pendidikan Karakter Di Indonesia. An-Nahdhah, 1(2), 70–82.
Nursanti, N. N. P., Handayani, H., Paramita, C., Tofanie, S., & Ramadhan, A. R. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Digital Citizenship yang Kritis. Educatio, 18(1), 129–142. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.14054
Oktari, D., & Dewi, D. A. (2021). Pemicu Lunturnya Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 93–103. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1170
Padilah, A. N., & Dewi, D. A. (2023). Pancasila di Era Globalisasi dalam Memperkuat Moral untuk Membangun dan Memajukan Bangsa. Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 3(1), 21–26. https://doi.org/10.56393/antropocene.v1i11.245
Purtina, A., Zannah, F., & Syarif, A. (2024). Inovasi Pendidikan Melalui P5: Menguatkan Karakter Siswa dalam Kurikulum Merdeka. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 19(2), 147–152. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v19i2.7947
Putra, A. Y. (2024). Kronologi Siswi SMP Dibunuh 4 Anak di Palembang, Korban Dicekik dan Jasadnya Diperkosa Para Pelaku. Kompas. https://regional.kompas.com/read/2024/09/05/191900778/kronologi-siswi-smp-dibunuh-4-anak-di-palembang-korban-dicekik-dan-jasadnya
Rahmawati, S., Yusuf, A., Zahra, S., & Sunan Ampel Surabaya Abstract, U. (n.d.). Peranan Teori Belajar Psikoanalisa Dalam Pembentukan Karakter Remaja. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 2023(19), 769–778. https://doi.org/10.5281/zenodo.8418234
Ramadhan, Y. L. (2022). Pendidikan Karakter Perspektif Thomas Lickona (Analisis Nilai Religius dalam Buku Educating for Character). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27
Shofa, Abd. M. A., Alfaqi, M. Z., Habibi, M. M., & Mawarti, R. A. (2020). Sejarah Panjang Pendidikan Karakter di Indonesia Pada Era Proklamasi Kemerdekaan Sampai Era Reformasi. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6(1).
Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.53515/CJI.2020.1.1.1-6
Putri, N. S. E., Setiani, F., & Fath, M. S. Al. (2023). Building Character Education Based On The Merdeka Curriculum Towards Society Era 5.0. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 18(2), 194–201.
Sukriyatun, G. (2022). Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 dan Perkembangannya Menuju Profil Pelajar Pancasila. Primer Edukasi Journal, 1(2), 78–91. https://doi.org/10.56406/jpe.v1i2.96
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trirahayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 220–234. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2119
Wahyuni, N., & Fitriani, W. (2022). Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan Relevansi Teori Belajar Sosial Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam Islam. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 60–66. https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2060
Wardani, I. R. W., Zuani, M. I. P., & Kholis, N. (2023). Teori Belajar Perkembangan Kognitiv Lev Vygotsky dan Implikasinya dalam Pembelajaran. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 332–346. https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.92
Wongkar, N. V., & Herdi Pangkey, R. D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pendidikan Karakter: Strategi Meningkatkan Kualitas Siswa di Era Modern. Journal on Education, 6(4), 22008–22017. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6322
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i1.28365
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Vivi Rahmelia, Agustina Tri Wijayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: