Analisis Digital Skills Peserta Didik untuk Membangun Kemampuan Adaptasi Terhadap Perubahan Iklim
Abstract
Abstract: Climate change is a global challenge that requires adaptability, especially for the younger generation. This research aims to analyze how digital skills can be developed to build learners' adaptability to climate change. With a behavioristic theory-based approach, this research is expected to contribute to the development of more relevant, innovative, and sustainable educational strategies. This research uses a quantitative paradigm with a survey method. The research population was the students of Adiwiyata Junior High School in Semarang, with a sample of 251 students selected using stratified random sampling technique. The research instrument was a closed questionnaire, and the data were analyzed using percentages to measure the level of digital skills of students in building adaptation to climate change. The results showed that 78% of students had sufficient to high digital skills, which helped them understand and take adaptive actions to climate change. However, 22% of students still have low digital skills, thus requiring more attention in the learning process. With more structured learning strategies, the use of relevant stimuli, and consistent reinforcement, all students can be encouraged to translate their understanding of climate change into concrete actions that benefit the environment.
Abstrak: Perubahan iklim merupakan tantangan global yang memerlukan kemampuan adaptasi, terutama bagi generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana digital skills dapat dikembangkan untuk membangun kemampuan adaptasi peserta didik terhadap perubahan iklim. Dengan pendekatan berbasis teori behavioristik, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pendidikan yang lebih relevan, inovatif, dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan paradigma kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian adalah siswa SMP Adiwiyata di Semarang, dengan sampel sebanyak 251 siswa yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner tertutup, dan data dianalisis menggunakan persentase untuk mengukur tingkat digital skills peserta didik dalam membangun kemampuan adaptasi terhadap perubahan iklim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 78% siswa memiliki keterampilan digital yang cukup hingga tinggi, yang membantu mereka dalam memahami dan mengambil tindakan adaptif terhadap perubahan iklim. Namun, 22% siswa masih memiliki keterampilan digital yang rendah, sehingga membutuhkan perhatian lebih dalam proses pembelajaran. Dengan strategi pembelajaran yang lebih terstruktur, penggunaan stimulus yang relevan, dan penguatan yang konsisten, seluruh siswa dapat didorong untuk menerjemahkan pemahaman mereka tentang perubahan iklim menjadi tindakan nyata yang bermanfaat bagi lingkungan.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Afif, Z., Azhari, D. S., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Ilmiah (Kuantitatif) Beserta Paradigma, Pendekatan, Asumsi Dasar, Karakteristik, Metode Analisis Data Dan Outputnya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 682–693.
Agustini, M. P., Meilinda, M., Aisyah, N., Ismet, I., & Sriyanti, I. (2022). Pemahaman Guru IPA Pra Jabatan Terhadap Mitigasi dan Isu Perubahan Iklim. JIPI (Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA), 6(1), 11–19.
Akhmad, A., Badruddin, S., Januaripin, M., Salwa, S., & Gaspersz, V. (2024). Inovasi Dalam Manajemen Pendidikan Tinggi: Membangun Masa Depan Yang Berkelanjutan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Aksenta, A., Irmawati, I., Ridwan, A., Hayati, N., Sepriano, S., Herlinah, H., Silalah, A. T., Pipin, S. J., Abdurrohim, I., & Boari, Y. (2023). LITERASI DIGITAL: Pengetahuan & Transformasi Terkini Teknologi Digital Era Industri 4.0 dan Sociaty 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Anggraeni, N. M. (2023). Analisis Dampak Perubahan Iklim dan Pola Angin Pada Lingkungan Global. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 1041–1047.
Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420
Change, I. P. O. C. (2001). Climate change 2007: Impacts, adaptation and vulnerability. Genebra, Suíça.
Darmayanti, R., Sukriyah, Y., Sahara, N., Suprayitno, K., & Susetyarini, R. E. (2024). Behaviorisme dalam Pendidikan: Pembelajaran Berbasis Stimulus-Respon. Penerbit Adab.
Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36–42.
Ginanjar, A., Putri, N. A., Nisa, A. N. S., Hermanto, F., & Mewangi, A. B. (2019). Implementasi Literasi Digital Dalam Proses Pembelajaran Ips Di Smp Al-Azhar 29 Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 4(2), 99–105.
Habimana, O., Nduwingoma, M., Ndayambaje, I., Maniraho, J. F., Kaleeba, A., Kamuhanda, D., Mwumvaneza, E., Uwera, M. C., Ngiruwonsanga, A., & Mukama, E. (2024). Investigating ICT-led engagement with content in science and basic computing subjects of lower secondary schools in Rwanda. Education and Information Technologies, 1–17.
Hasegawa, A. A., Yamashita, N., Mori, T., Inoue, D., & Akiyama, M. (2022). Understanding {Non-Experts’} Security-and {Privacy-Related} Questions on a {Q&A} Site. Eighteenth Symposium on Usable Privacy and Security (SOUPS 2022), 39–56.
Hermanto, F., Ginanjar, A., & Nisa, A. N. S. (2017). Konservasi Literasi Bagi Anak di Lingkungan TPA Jatibarang Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 2(2), 185–192.
Huda, M., Fawaid, A., & Slamet, S. (2023). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 64–72.
Indicators, O. (2012). Education at a Glance 2016. Editions OECD, 90.
Iskandar, A., Parnawi, A., Sagena, U., Kurdi, M. S., Fitra, D., Nursofah, N., Haryati, S., Riska, F. M., Arianto, T., & Kurdi, M. S. (2023). Transformasi digital dalam pembelajaran. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Jackman, J. A., Gentile, D. A., Cho, N.-J., & Park, Y. (2021). Addressing the digital skills gap for future education. Nature Human Behaviour, 5(5), 542–545.
Judijanto, L., Setiawan, Z., Wiliyanti, V., Gunawan, P. W., Suryawan, I. G. T., Mardiana, S., Ridwan, A., Kusumastuti, S. Y., Putra, B. P. P., & Joni, I. D. M. A. B. (2024). Literasi Digital di Era Society 5.0: Panduan Cerdas Menghadapi Transformasi Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ledoh, C. C., Judijanto, L., Jumiono, A., Apriyanto, A., & Hakpantria, H. (2024). Revolusi Industri 5.0: Kesiapan Generasi-Z dalam Menghadapi Persaingan Global. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Maemunah, M., Saddam, S., Sulystyaningsih, N. D., Suryantara, I. M. P., Rahmandari, I. A., & Mariaseh, N. W. (2024). Habituasi Nilai-nilai Etno-Digital Ethic untuk Penguatan Etika Komunikasi Digital dan Social Trust Mahasiswa. JCES (Journal of Character Education Society), 7(4), 377–387.
Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2021). Rumah Belajar: Sebagai media pembelajaran daring berbasis android bagi siswa di Lombok Barat. Journal Of Human And Education (JAHE), 1(1), 9–12.
Marlina, S. (2022). Dampak perubahan iklim pada kesehatan masyarakat. Penerbit NEM.
Nurlina, N., & Bahri, A. (2021). Teori belajar dan pembelajaran. Makassar: CV. Berkah Utami.
Nursyatin, N., Gustina, R., Saddam, S., Rejeki, S., Mayasari, D., & Isnaini, I. (2023). Pentingnya Teknologi dalam Dunia Pendidikan untuk Bersaing di Era 4.0 serta Pengaruhnya. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 333–341.
Rahmayanti, H., & Feryl Ilyasa, S. K. M. (2022). Pendidikan lingkungan dan perubahan iklim. Selat Media.
Ramadhan, M. R. (2024). Strategi Penanaman Pendidikan Karakter Generasi Alpha Perspektif Pendidikan Islam dan Psikologi. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 10(2).
Rianto, P., & Sukmawati, A. I. (2021). Literasi Digital Pelajar di Yogyakarta: dari Consuming ke Prosuming Literacy. Jurnal Komunikasi Global, 10(1), 137–159.
Rismadewi, J. (2023). Analisis Pemahaman Siswa SMP Terhadap Fenomena Perubahan Iklim Ditinjau Dari Sikap Siswa.
Rozi, F., & Arifin, S. (2025). Implementasi Teori Belajar Behavioristik BF Skinner dalam Memotivasi Siswa Pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar TaQu Cahaya Ummat Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 149–153.
Rumata, V. M., & Nugraha, D. A. (2020). Rendahnya tingkat perilaku digital ASN kementerian kominfo: Survei literasi digital pada instansi pemerintah. Jurnal Studi Komunikasi, 4(2), 467–484.
Saleh, F., Gustina, R., Muttaqien, Z., Mayasari, D., Rezeki, S., & Saddam, S. (2023). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi dalam Menumbuhkan Semangat Belajar Peserta Didik. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 244–253.
Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. Indigo Media.
Sanulita, H., Syamsurijal, S., Ardiansyah, W., Wiliyanti, V., & Megawati, R. (2024). Strategi Pembelajaran: Teori & Metode Pembelajaran Efektif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sari, H. P. (2023). Pendidikan Karakter di Era Society 5.0: Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 348–361.
Sekarwulan, K., Herdarti, L., Hadju, R. Z., Amalia, N. R. A. S., Utami, A. F., & Gradiyanto, A. (2024). PENDIDIKAN PERUBAHAN IKLIM: Panduan Implementasi Untuk Satuan Pendidikan dan Pemangku Kepentingan Pengarah. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.
Septiani, E. (2023). Education for sustainable development (esd) berbasis perubahan iklim dalam pendidikan IPS. Prosiding Seminar Nasional FISIP UNNES, 16–28.
Setiadi, U. N. (2021). Implementasi Media Candil berbasis Literasi Digital sebagai Upaya Optimalisasi dalam Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 240–247.
Sujadi, I. (2019). Peran pembelajaran matematika pada penguatan nilai karakter bangsa di era revolusi industri 4.0. Prosiding Silogisme, 1(1).
Tartila, S., & Mulyana, E. (2022). Pengaruh pembelajaran ips berbasis ecopedagogy terhadap peningkatan kecerdasan ekologis peserta didik. Jurnal Pendidikan Ips, 12(1), 8–12.
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri cipta media.
Widayanthi, D. G. C., Subhaktiyasa, P. G., Hariyono, H., Wulandari, C. I. A. S., & Andrini, V. S. (2024). Teori Belajar dan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Yuniati, S. (2019). Pengaruh Pemberian Penguatan Positif Terhadap Kemandirian Anak. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Yunitasari, Y., & Prasetya, H. (2022). Literasi Media Digital pada Remaja Ditengah Pesatnya Perkembangan Media Sosial. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 8(1), 12–25.
Zalyana, Z. (2016). Perbandingan Konsep Belajar, Strategi Pembelajaran dan Peran Guru (Perspektif Behaviorisme dan Konstruktivisme). Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(1), 71–81.
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i1.28595
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fredy Hermanto, Muh. Sholeh, Lukki Lukitawati, Saddam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: