Pengembangan E-modul berbasis Moodle dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa
Abstract
Abstract: Scientific argumentation skills were a process in which two or more people built and criticized several arguments. Based on the results of observed at SMP Negeri 2 Kalipuro, students' scientific argumentation skills were very lacking. One learning strategy that can overcome the challenged of lacking scientific argumentation skills was Moodle-based e-modules. The purposed of this study was to test the validity, practicality and effectiveness of Moodle-based e-modules in science learning to improve students' scientific argumentation skills. This study was a development research using the ADDIE development model with the aim of producing teaching materials in the form of Moodle-based e-modules. Data collection for this study came from questionnaires, observations, and tests. The subjects of this study were class VII F students at SMP Negeri 2 Kalipuro. The results of the validity analysis obtained a percentage of 96.66%, the practicality analysis obtained a percentage of 94%, and the effectiveness analysis obtained an N-gain value of 0.69 which was included in the moderate category and also the percentage of student responses was 83.7%. From these results, it can be concluded that Moodle-based e-modules in science learning can be said to be valid, practical and effective in improving students' scientific argumentation skills.
Abstrak: Abstrak: Keterampilan argumentasi ilmiah merupakan suatu proses dimana dua orang atau lebih membangun dan mengkritisi beberapa argumen. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 2 Kalipuro, keterampilan argumentasi ilmiah siswa masih sangat kurang. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat mengatasi kendala kurangnya keterampilan argumentasi ilmiah adalah e-modul berbasis moodle. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji validitas, praktikalitas dan efektivitas e-modul berbasis dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tujuan menghasilkan bahan ajar berupa e-modul berbasis Moodle. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Kalipuro. Hasil analisis validitas memperoleh presentase sebesar 96,66%, analisis praktikalitas memperoleh presentase sebesar 94%, dan analisis efektivitas memperoleh nilai N-gain sebesar 0,69 yang termasuk dalam kategori sedang dan juga presentase respon siswa sebesar 83,7%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Moodle dalam pembelajaran IPA dapat dikatakan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah siswa.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Amelia, N., & Erita, S. (2024). Eksplorasi Validitas dan Reliabilitas Soal Pemahaman Konsep Dalam Asesmen Pembelajaran. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 222–231.
Astriani, L., Wicaksono, D., Sahrul, M., & Rahmadani, S. A. (2023). Peningkatan Kreatifitas Guru Dalam Pembuatan Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 88–92.
Defni, S., Fadilah, M., Lufri, L., Yuniarti, E., & Janiarti, J. (2022). The Analisis Kebutuhan Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Terintegrasi Isu Sosio-Saintifik dalam Pembelajaran Biologi. Ruang-Ruang Kelas: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 96–103.
Diniya, D., Ilhami, A., Mahartika, I., & Prakash, O. (2021). Kemampuan argumentasi ilmiah calon guru IPA melalui pendekatan mikir selama pandemi COVID-19. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 141–148.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Hamdi, H. (2013). Pembuatan Multimedia Interaktif Menggunakan Moodle Pada Kompetensi Mengamati Gejala Alam Dan Keteraturannya Untuk Pembelajaran Siswa Sma Kelas XI Semester I. Pillar of Physics Education, 1(1).
Hasminur, H., Charlina, C., & Sinaga, M. (2024). Efektivitas penggunaan video stop motion dalam menentukan nilai sebagai implementasi pembelajaran teks hikayat. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 112–125.
Hidayah, T. L., Supeno, S., & Nuha, U. (2022). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium Virtual Terhadap Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 239–250.
Islamiah, P., & Prismana, I. G. L. E. (2023). Penerapan Pembelajaran E-Learning Moodle Pada Mata Pelajaran Projek Dasar Konsentrasi Keahlian Di SMKN 1 Driyoejo. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 8(1), 111–121.
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di sdn bojong 04. Nusantara, 3(2), 150–165.
Mardana, V. S., Rijal, M., & Darwis, R. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Alam Sekitar terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Fotosintesis. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(3), 736–743.
Marvira, S., & Iryani, I. (2024). Validitas E-modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Kesetimbangan Kimia Fase F Kelas XI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 9656–9665.
Masitha, A. D., Sulistyowati, P., & Yulianti, Y. (2024). E-modul IPS Kekayaan Budaya Indonesia Berbasis Karakter Toleransi dan Cinta Tanah Air Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(2), 179–197.
McNeill, K. L. (2007). Middle school students’ use of appropriate and inappropriate evidence in writing scientific explanations. Thinking with Data/Lawrence Erlbaum Associates.
Novanda, N. A. L., Supeno, S., & Budiarso, A. S. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1), 9–18.
Pattimura, S. C., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 800–812.
Prabaningtias, D. A., & Arman, D. (2023). Analsis Kemampuan Peserta Didik pada Sumatif Akhir Semester (SAS) Menggunakan Pendekatan Item Response Theory (IRT) Berbantuan Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment (MOODLE). UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 27–32.
Roviati, E., & Widodo, A. (2019). Kontribusi argumentasi ilmiah dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 56–66.
Santiadi, S., Majiah, A. T. P., Ruis, N. D. A., Annabel, K. F., & Karnalim, O. (2024). Analisis Perbandingan Moodle dan Google Classroom Menggunakan Technology Acceptance Model. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 8(1), 13–19.
Savitri, N. A., & Patonah, S. (2024). Pengembangan Modul Ajar Ipas Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Pada Siswa Fase C. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4897–4915.
Septiani, A., & Setyadi, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Bilangan Bulat (EMBIBU) Berbasis Android. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7, 4551–4557. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4367
Sidiq, E. K., & Wantoro, J. (2024). E-Learning berbasis Moodle Mata Pelajaran Informatika dengan Pendekatan Project Based Learning. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 8(1), 143–152.
Sugiono, S., Noerdjanah, N., & Wahyu, A. (2020). Uji validitas dan reliabilitas alat ukur SG posture evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61.
Wahid, A., Takda, A., & Anas, M. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model INoSIT untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Sains Siswa Pada Materi Optika Geometri Kelas XI SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(1), 1–9.
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i1.28665
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Alfain Wahid Yanuarizal, Supeno, Rusdianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: