Implementasi Pendidikan Karakter di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Falah Kasihan Bantul Yogyakarta

Arip Rachman Ritonga, Raja Doli Jaya Ritonga, Murni Sari Ritonga, Nur Hidayat

Abstract


Abstract: Character education plays an important role in shaping young generations who are not only intellectually intelligent but also possess noble character. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), as a non-formal educational institution, combines Qur'anic learning with the cultivation of Islamic character values. This study aims to explore the implementation of character education at TPA Al-Falah, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, focusing on implementation strategies, challenges faced, and its impact on students' development. This research uses a descriptive qualitative approach. Data collection was conducted through several techniques, including in-depth interviews with teachers, parents, and students to gain diverse perspectives on the implementation of character education. Participatory observation was carried out during teaching and learning activities to directly observe the interactions between teachers and students, as well as the application of character values in daily activities. In addition, document analysis—such as activity schedules, TPA curricula, and student progress records—was used to support data obtained from interviews and observations. Data triangulation was applied to ensure the validity and accuracy of the findings. The results show that character education at TPA Al-Falah is integrated through various activities, such as the habituation of Islamic manners in daily routines, student involvement in social activities, and the use of interactive methods like educational songs. This approach has a positive impact on students' cognitive, affective, and social development. Students demonstrated improved understanding of Islamic values, greater empathy, and enhanced socialization skills. The study concludes that despite facing various challenges, character education at TPA Al-Falah has had a significant positive impact on students' holistic development. These findings can serve as a reference for other institutions in implementing character education based on religious values.

Abstrak: Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga berakhlak mulia. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) sebagai lembaga pendidikan nonformal memadukan pembelajaran Al-Qur’an dengan penanaman nilai-nilai karakter Islami. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi implementasi pendidikan karakter di TPA Al-Falah, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, dengan fokus pada strategi pelaksanaan, tantangan yang dihadapi, dan dampaknya terhadap perkembangan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik, yaitu wawancara mendalam dengan pengajar, orang tua, dan siswa untuk mendapatkan perspektif yang beragam terkait pelaksanaan pendidikan karakter. Observasi partisipatif dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung guna mengamati secara langsung interaksi antara pengajar dan siswa serta penerapan nilai-nilai karakter dalam aktivitas harian. Selain itu, analisis dokumen seperti jadwal kegiatan, kurikulum TPA, dan catatan perkembangan siswa digunakan untuk mendukung data yang diperoleh dari wawancara dan observasi. Triangulasi data diterapkan untuk memastikan validitas dan keakuratan temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di TPA Al-Falah diintegrasikan melalui berbagai kegiatan, seperti pembiasaan adab Islami dalam keseharian, pelibatan siswa dalam kegiatan sosial, dan penggunaan metode interaktif seperti lagu edukatif. Pendekatan ini memberikan dampak positif terhadap perkembangan siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan sosial. Siswa mengalami peningkatan pemahaman nilai-nilai Islami, menunjukkan sikap empati yang lebih tinggi, serta memiliki kemampuan bersosialisasi yang lebih baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun terdapat berbagai tantangan, pendidikan karakter di TPA Al-Falah mampu memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan siswa secara holistik. Temuan ini dapat menjadi referensi bagi lembaga lain dalam mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai agama.


Keywords


Character Education; Qur'anic Learning Center; Learning Implementation.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abidin, A. M. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Membentuk Karakter Disiplin dalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak. AN-NISA, 11(1), Article 1. DOI/URL?

Arohma, A. C., Purwianingtyas, Y., Purwianingtyas, S. D., Anggraeni, D. L., & Maruti, E. S. (2024). Peran Orang Tua dan TPA Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Anak. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5(0), Article 0. DOI/URL?

Aswadi, D., & Lismayanti, H. (2019). Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Pendidikan Karakter Anak di Era Milenial. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 89–98. https://doi.org/10.33654/sti.v4i1.970

Aulia, E. R. N., & Dewi, D. A. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak SD sebagai Bentuk Implementasi Pkn. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v2i1.90

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(02), 67–78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150

Dirsa, A., & Kusumawati, I. (2019). Implementasi Pemikiran Imam Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter. Academy of Education Journal, 10(02), 159–169. https://doi.org/10.47200/aoej.v10i02.281

Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775

Hasriadi, H. (2022). Metode pembelajaran Inovatif. Jurnal Sinestesia, 12(1). halaman? DOI/URL?

Helaluddin & Hengki Wijaya. (2019). Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. DOI/URL?

Ibrahim, I., Annur, S., Badaruddin, K., Zainuri, A., Prihatin, S., Krista, K., & Hidayat, H. (2023). Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Masjid Nurul Iman Terhadap Pembentukan Akhlak Anak di Desa Suka Mulya Kecamatan Lempuing. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 6(2), Article 2. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i2.16660

Khoirroni, I. A., Patinasarani, R., Hermayanti, N. I., & Santoso, G. (2023). Pendidikan Karakter: Tingkat Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i2.372

Pratama, D. A., Ginanjar, D., & Solehah, L. S. (2023). Penerapan Nilai—Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari—Hari Sebagai Pendidikan Karakter Di Mts. Darul Ahkam Sukabumi. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), Article 02. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.114

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Sari, A. M., Hidayah, O. N., Khotimah, S., Prayitno, H. J., Kholisatul ‘Ulya, N., & Nugroho, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.19179

Sidiq, D. U., Ag, M., & Choiri, D. M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya, 3. DOI/URL?




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i1.28774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Arip Rachman Ritonga, Raja Doli Jaya Ritonga, Murni Sari Ritonga, Nur Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: