INTEGRASI NILAI-NILAI KONSERVASI HABITUASI KAMPUS MELALUI KEGIATAN NONAKADEMIK
Abstract
Abstrak: Kepribadian mahasiswa erat kaitannya dengan karakter, sikap, dan kebiasaannya yang dimilikinya, sehingga dapat dilihat dan dianalisis dari tindakan yang dilakukannya dalam keseharian dilinkungan kampus, baik dari kegiatan akademik maupun nonakademik. Brand UNNES sebagai Universitas Konservasi menarik untuk diteliti, pada penelitian ini peneliti mengkaji dari integrasi nilai-nilai konservasi habituasi kampus melalui kegiatan nonakademik. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis integrasi nilai-nilai konservasi habituasi kampus Universitas Negeri Semarang melalui kegiatan nonakademik. Penelitian ini menggunakan studi kasus kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai konservasi habituasi kampus Universitas Negeri Semarang melalui kegiatan nonakademik dilakukan melalui kegiatan-kegiatan organisasi kemahasiswaan berupa kegiatan-kegiatan pembiasaan nilai-nilai konservasi. Beberapa kegiatan yang terlihat seperti penanaman nilai-nilai konservasi melalui kegiatan UPT Pengembangan Konservasi, Unit Kegiatan Mahasiswa, dan Pusat Kegiatan Mahasiswa. Kepribadian mahasiswa sudah konservatif terlihat dari perilaku konservatif mahasiswa dilingkungan kampus, pembiasaan menjadi strategi untuk menanamkan nilai-nilai konservasi. Perilaku mahasiswa erat kaitannya dengan karakter konservasi yang dimilikinya, sehingga mampu mencerminkan tindakan yang sudah dilakukan pihak yang berperan dalam menanamkan nilai-nilai konservasi UNNES.
Abstract: The student's personality is closely related to his character, attitude, and habits, so that he can be seen and analyzed from the actions he or she takes in the daily life of the campus, both from academic and nonacademic activities. BrandING UNNES as a University of Conservation is interesting to research, in this study researchers reviewed from the integration of conservation values habituation of campus through nonacademic activities. The purpose of this research is to identify and analyze the integration of conservation values of the campus habituation of Semarang State University through nonacademic activities. This study uses qualitative case studies. Data collection techniques use observation, documentation, and interviews. Data validity techniques use triangulation i.e. source triangulation, triangulation techniques, and triangulation theory. The data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, data verification, or conclusion. The results showed that the integration of conservation values habituation of Semarang State University campus through nonacademic activities was carried out through student organization activities in the form of habituation activities of conservation values. Some activities that look like planting conservation values through UPT Conservation Development activities, Student Activity Units, and Student Activity Centers. Student personality is already conservative seen from the conservative behavior of students in the campus environment, habituation becomes a strategy to instill conservation values. The student's behavior is closely related to the conservation character he has, so as to reflect the actions that have been taken by the party that played a role in instilling the conservation values of UNNES.Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Allport, G. W. (1960). The open system in personality theory. The Journal of Abnormal and Social Psychology, 61(3), 301.
Dwidjoseputro, D. (2011). Ekologi Manusia dan Lingkungannya. Jakarta: Erlangga.
Hall, C. S., Lindzey, G., & Campbell, J. B. (1957). Theories of personality. Wiley New York.
Handoyo, E. (2010). Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi: Pengalaman Universitas Negeri Semarang.
Indonesia, P. R. (2012). Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta (ID): Sekretariat Negara.
Indonesia, R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Islamiyah, M. (2019). Self Assesment Mahasiswa terhadap pemahaman nilai konservasi budaya dalam Marugoto A2/B1. UNNES.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Qualitative Data Analysis. Jakarta: UI Press.
Parsons, T. (1949). The structure of social action (Vol. 491). Free press New York.
Rachman, M. (2011). Moral educational research methods in quantitative, qualitative, mixed, action, and development approaches. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2004). Teori sosiologi modern. Jakarta: Prenada Media, 121.
Saddam, S., Setyowati, D. L., & Juhadi, J. (2016). Integrasi Nilai-nilai Konservasi dalam Habituasi Kampus untuk Pembentukan Kepribadian Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Journal of Educational Social Studies, 5(2), 128–135.
Saddam, S., Zurohman, A., & Bahrudin, B. (2018). The Integration Strategy of Conservation Values in Habituation of Semarang State University Campus. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 1(2), 1–13.
Setyowati, D. L. (2015). The Realization of Conservation in Semarang State University Campus. Proceeding International Iccbl.
Setyowati, D. L., & Eko Handoyo, F. I. S. (2019). Application of Conservation Value for Character Developing of Universitas Negeri Semarang Students. ISET.
Spradley, J. P. (2012). Metode Etnografi, Terjemahan, edisi II cetakan ke-1. Yogyakarta: Tiara Wacana, xiv.
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v2i2.2898
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: