PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN DALAM PENGAJARAN PKn

M. Fadiluddin Thohir

Abstract


Abstrak: Penelitian ini  memiliki tujuan untuk menganalisis penerapan metode bermain peran sebagai metode pembelajaran dan untuk mengetahui hambatan penerapan metode bermain peran di SDN Pangongseyan 3 Sampang. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah 6 orang guru PKn dari kelas 1 sampai kelas 6 SDN Pangongseyan 3 Sampang. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Pada saat yang sama, data dianalisis melalui reduksi data, representasi data, verifikasi data dan tiga triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru berusaha menggunakan metode bermain peran sebagai salah satu variasi metode pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan jenuh. Karena keterbatasan waktu, tingkat intensitasnya masih kurang. Solusi untuk masalah ini adalah menugaskan guru untuk berpartisipasi dalam seminar, pelatihan, dan karyawisata

Abstract: This study aims to analyze the application of the role playing method as a learning method and to determine the barriers to implementing the role playing method in SDN Pangongseyan 3 Sampang. In this study, the research subjects were 6 Civics teachers from grade 1 to grade 6 SDN Pangongseyan 3 Sampang. Methods of data collection using observation and interview methods. At the same time, data is analyzed through data reduction, data representation, data verification and triple triangulation. The results showed that all teachers tried to use the role-playing method as a variation of the learning method so that students did not feel bored and bored. Due to time constraints, the intensity level is still lacking. The solution to this problem is to assign teachers to participate in seminars, trainings, and field trips. 

Keywords


Metode Bermain Peran; Hambatan Pembelajaran.

Full Text:

Download [PDF]

References


Badriyah, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pias-Pias Kata Pada Siswa Kelas I Sd Negeri Keden I Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53). Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Hariani, N. M. M. (2019). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 63–74. Https://Doi.Org/10.36417/Widyagenitri.V10i2.270

Imran. (2018). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Di Sma Negeri 1 Maligano Kabupaten Muna Tahun 2014. Jurnal Gema Pendidikan, 25, 1–10.

Ismiatun, E. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pai Siswa Kelas Vii D Smp N 2 Pandak Bantul.

Khoirun Ni’mah. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Iis 3man Kediri 2 Kota Kediri.

Kodariah, W., Herawan, E., Sutrasih, C., & Indonesia, U. P. (2016). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi Guru Dan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol.Xxiii(2), 123–133.

Kurnia, H. (2014). Academy Of Education. In Academy Of Education Journal. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Vol. 5).

Kustiyah. (2017). Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dengan Pendekatan Individual Di Sd Candi 01 Kecamatan Candisari Kota. Malih Peddas, 7, 11–20.

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 90–101. Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.V0i1.8615

Purwanto, S. (2011). Pengembangan Lagu Model Sebagai Media Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Din.

Ramadhan, E. (2019). Pembinaan Kinerja Guru Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di Sd An-Nisaa ’ Tangerang Selatan 2019 M / 1440 H Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rosilawat, H. Z. Dan A. (2019). Pengembangan Model Pendidikan Penguatan Kebangsaan Bagi Anak-Anak Wilayah Perbatasan ( Studi Di Desa Aruk Kecamatan Sajingan Kabupaten Sambas ) Helva Zurayah Dan Ana Rosilawati Iain Pontianak Email : [email protected]. 21–32.

Sari, D. N. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional Di Sdm 21 Surakarta.

Sasmita, Y. (2010). Penerapan Strategi Team Teaching Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Kelas Viii B Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Di Mts Al- Ma’arif 01 Singosari.

Sawiningsih, S. (2010). Penggunaan Metode Penemuan Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada Konsep Penjumlahan Kelas Ii Semester I Sdn Bedoro 2 Sambungmacan Sragen Tahun Pelajaran 2009/2010. In Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta (Vol. 60). Https://Doi.Org/10.1093/Occmed/Kqq062

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. Https://Doi.Org/10.21043/Edukasia.V8i2.757

Sueta, D. I. (2010). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kelengkapan Mengajar Melalui In-House Training Pada Smk Bhakti Mulya Sampit.

Suryani, E. N. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Uang Melalui Metode Role-Playing Pada Siswa Kelas Iii Semester Ii Mi Ma’arif Arrosyidin Pucang Kecamatan Secang Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. In (Vol. 23).

Syariah, M. (2018). Tanah Air Dan Semangat Kebangsaan Ii Sd Nurul Islam Purwoyoso Ngaliyan Semarang Tahun. In Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Dan Semangat Kebangsaan Melalui Pembiasaan Menyanyikan Lagu Nasional Peserta Didik Kelas Ii Sd Nurul Islam Purwoyoso Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018 Skripsi.

Wilujeng, K. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iiib Sdn Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Pancaran, 4(4), 113–124.

Yusuf, M. (2013). Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Berbasis Nilai. Al-Ulum, 13(1), 1–24.

Yusuf, Y., & Ulumul, J. (1992). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Iv Sd Swasta Xaverius Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2015/2016.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v2i2.2922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: