Pengembangan LKPD Berbasis Engineering Design Process untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi pada Siswa SMP
Abstract
Abstract: This study aims to determine the validity, practicality, and effectiveness of LKPD based on Engineering Design Process (EDP) to improve students' collaboration skills in junior high school science learning on temperature, heat, and expansion. The type of research used is Research and Development (R&D). This study use the ADDIE development model consisting of 5 stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects of the trial in this study were 32 students of class VII F MTs Negeri 2 Jember in the 2024/2025 Academic Year in the odd semester. Data collection instruments were carried out using validation sheets, activity implementation sheets, collaboration skills observation sheets, student response questionnaire sheets, interviews, and documentation. Product validation was carried out by 3 validators, product practicality testing was carried out using learning implementation observations, and effectiveness testing was carried out using collaboration skills observation sheets and student response questionnaires. The results of the validation test obtained a score of 87.4% with a very valid category. The results of the practicality test obtained a score of 89.6% with a very practical category. The results of the effectiveness test obtained an N-Gain score of the first collaboration skill of 0.29 with a low category and an N-Gain score of the second collaboration skill of 0.47 with a medium category with an N-Gain difference of 0.18, and an overall student response score of 88.3% with a very effective category.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD berbasis Engineering Design Process (EDP) untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran IPA SMP materi suhu, kalor, dan pemuaian. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R & D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini yakni peserta didik sebanyak 32 siswa kelas VII F MTs Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2024/2025 semester ganjil. Instrument pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, lembar keterlaksanaan kegiatan, lembar observasi keterampilan kolaborasi, lembar angket respon siswa, wawancara, dan dokumentasi. Validasi produk dilakukan oleh 3 validator, uji kepraktisan produk dilakukan menggunakan observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta uji keefektifan dilakukan menggunakan lembar observasi keterampilan kolaborasi dan angket respon siswa. Hasil uji validasi mendapatkan skor sebesar 87,4% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan memperoleh skor sebesar 89,6% dengan kateori sangat praktis. Hasil uji keefektifan memperoleh skor N-Gain keterampilan kolaborasi pertama sebesar 0,29 dengan kategori rendah dan skor N-Gain keterampilan kolaborasi kedua sebesar 0,47 dengan kategori sedang dengan selisih N-Gain sebesar 0,18, serta skor keseluruhan respon siswa sebesar 88,3% dengan kategori sangat efektif.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Ahmad, N., Supeno, & Utomo, A. P. (2020). Analisis kesulitan belajar mahasiswa calon guru IPA pada mata kuliah cahaya dan penglihatan. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(2), 174–180. http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/JLPF
Burgawanti, Kartono, Ghasya, D. A. V., Kresnadi, H., & Suparjan. (2023). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Liveworksheet Pada Pembelajaran Tema 3 Subtema 2 Kelas IV SD Negeri 01 Jagoi Babang. Jurnal on Education, 5(4), 11558–11565.
Dila, A. R., Putra, P. D. A., & Ahmad, N. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Engineering Design Process (EDP) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 93–98. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1863
Fitriana, D. E. N., Ratnasari, D., & Hendriyani, M. E. (2023). Analisis Profil Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran Enginering Design Process (Edp). Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 379–383. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1501
Indrawan, F. Y., Edi Irawan, T. S., & Muna, I. A. (2021). Efektivitas Metode Pembelajaran Jigsaw Daring Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP [The Effectiveness of the Online Jigsaw Learning Method in Improving Collaboration Skills of Middle School Students]. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 68–72.
Junita, A., Supriatno, B., & Purwianingsih, W. (2021). Profil keterampilan kolaborasi siswa SMA pada praktikum maya sistem ekskresi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(2), 50–57. https://doi.org/10.17509/aijbe.v4i2.41480
Mansur, N. R., Ratnasari, J., & Ramdhan, B. (2022). Model STEAM terhadap kemampuan kolaborasi dan kreativitas peserta didik. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(4), 185. https://online-journal.unja.ac.id/biodik
Mauludyah, Y. R., Putra, P. D. A., & Ahmad, N. (2023). Penerapan LKPD berbasis Engineering Design Process (EDP) pada pembelajaran IPA terhadap computational thinking skill dan hasil belajar siswa. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 11(1), 43. https://doi.org/10.23971/eds.v11i1.4019
Mu’arifah, H., Citraning, R., & Mukaromah, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa dengan Metode TTS (Tutor Teman Sebaya) pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(1), 69–72. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i1.171
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3), 903–913.
Ramadhani, W. N., Aristya Putra, P. D., & Novenda, I. L. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Engineering Design Process (Edp) Pada Topik Pemanasan Global Dalam Pembelajaran Ipa Di Smp. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1062
Ruhmawati, S. I., Pramasdyahsari, A. S., Siswanto, J., & Handayaningsi, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa pada Materi Pendidikan Pancasila melalui Model PJBL Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 16256–16264.
Rusdianto, R., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2023). Pendampingan Desain Peraga Dan Perangkat Pembelejaran Inovatif Bagi Guru Di Gugus Sekolah Dasar Srono, Banyuwangi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 651–657. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2561
Sari, E., & Hafandi, L. (2022). Pengaruh problem based learning terhadap keterampilan kolaborasi siswa. Jurnal Bioedutech: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1), 68–77. http://jurnal.anfa.co.id
Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4025–4035. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2844
Ulandari, A., & Mitarlis. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berwawasan green chemistry untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada materi asam basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2764–2777.
Ulum, M. B., Putra, P. D. A., & Nuraini, L. (2021). Identifikasi penggunaan EDP (Engineering Design Process) dalam berpikir engineer siswa SMA melalui Lembar Kerja Siswa (LKS). Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 8(2), 53. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v8i2.20753
Umar Almahdali, S. D., Riawarda, A., & Mirnawati, M. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Praktikum IPA Berbasis Bring Your Own Device (BYOD) di Sekolah Dasar. Socratika: Journal of Progressive Education and Social Inquiry, 1(2), 83–92. https://doi.org/10.58230/socratika.v1i2.97
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v8i1.29984
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dyah Astiari Rizky, Nur Ahmad, Rusdianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: