PENINGKATAN PRETASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI DASAN BARU JABON
Lalu Tauhid
Abstract
Abstrak:Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar yang dilaksanakan pada kelas VI Sekolah Dasar Negeri Dasan Baru Jabon Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam 2 siklus, dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi tes, dan dokumentasi. Diperoleh ketunyasan siklus I85% dan pada siklus II menjadi 96%. disimpulkan bahwa penerapan tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Dasan Baru Jabon Tahun Pelajaran 2015/2016.
Abstract: Classroom Action Research with the purpose of describing the improvement of learning achievement conducted in class VI State Elementary School Dasan Baru Jabon Lesson Year 2015/2016 in 2 cycles, in each cycle consists of four stages, namely planning, implementation of action, observation, evaluation and reflection. Methods of data collection using interviews, test observation, and documentation. Obtained caterpillar I85% cycles and in cycle II to 96%. it was concluded that the implementation of Numbered Heads Together (NHT) type can improve the learning achievement of Social Sciences in grade 6 students of Dasan Baru Elementary School Jabon in Lesson 2015/2016.
Keywords
Numbered Heads Together (NHT), Ilmu Pengetahuan sosial.