PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBBLEMATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD
Windarti Windarti, Henny Dewi Koeswati, Sri Giarti
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Hapmatch (Probblematch) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Reasearch & Development). Model pengembangan yang digunakan adalah ASSURE. Penelitian ini menghasilkan media dan desain pembelajaran. Hasil uji pakar desain pembelajaran dengan persentase 76% berkategori “Sangat Tinggi”, sedangkan uji validasi pakar media dengan persentase 98% termasuk kategori “Sangat Tinggi”. Kemudian hasil rata-rata Pretest dan Posttest mengalami kenaikkan dari 69 menjadi 81. Berdasarkan hasil respon guru dan siswa dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Probblematch yang dikembangkan pada penelitian ini layak untuk dikembangkan.
Abstrak: This research is purposed to develop learning model of Problem Based Learning and Hapmatch in order to improve the learning result of mathematics from 3th grade students in elementary school. This research used Research and Development model. The model is ASSURE. The result of this research are media and learning design. Expert’s result of the design intructional 76% for “very high” category, where expert validation media get 98% for “very high” category. Then, the avarage result of pretest and posttest increase from 69 to 81. Based on the result of teacher and student’s respons, if can be concluded that Probblematch learning model, that is developed in this research is suitable to be developed.