PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI SALATIGA 10 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Arline Antanaz Sary, Suroso Suroso, Yustinus Yustinus

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dengan menerapkan pembelajaran make a match berbantuan media pop up book. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan Rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Salatiga 10 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari rata-rata pra siklus 70,2, siklus I 76,5 dan siklus II 84. Dalam penelitian ini disarankan guru dapat menjadikan pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media pop up book sebagai salah satu solusi yang dapat digunakan dalam pembelaran sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif.

Abstract: This study aims to improve student learning outcomes of class IV by applying learning make a match assisted pop up book media. This research is a classroom action research (PTK) consisting of two cycles with stages of action plan, action implementation, observation, and reflection. The subjects of the study were the fourth grade students of SD Negeri Salatiga 10, which were 35 students. Data collection techniques are tests, observations, and documentation. The results showed an increase from the average pre cycle 70.2, I 76.5 and cycle II 84. In this study suggested teachers can make cooperative learning type make a match media-assisted pop up book as one solution that can be used in the spreading so as to create innovative learning

Keywords


Make A Match Media Pop Up Book Hasil Belajar Muatan pelajaran IPS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENDEKAR | FKIP UMMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: